Membahas Perlindungan Hukum yang Diperlukan untuk Pebisnis Online

Banyak pebisnis online yang tidak sadar betapa pentingnya perlindungan hukum bagi usaha mereka sendiri. Pasalnya banyak terjadi kasus pebisnis online dituntut karena foto produk dipakai pihak lain, merek atau brand mirip dengan toko lain serta desain yang mirip. Sehingga penting bagi para pebisnis online untuk memiliki perlindungan hukum seperti pengecekan merek, izin usaha, badan usaha CV, hak cipta, dan pembuatan merek.

Mengetahui bahwa banyak pebisnis online yang tidak sadar hukum, Blibli mengadakan Webinar Blibli Seller mengenai Perlindungan Hukum Untuk Berjualan Online. Acara tersebut diadakan pada hari Selasa tanggal 7 Juli 2020 jam 14.00 WIB mengundang Co-Founder dan CEO Kontrakhukum.com yaitu Rieke Caroline SH., M.Kn.,. Tak hanya pengetahuan dasar hukum mengenai jual beli online yang didapatkan, acara tersebut juga membahas mengenai badan usaha, merek, ijin usaha, hingga kontrak SDM (Sumber Daya Manusia).

Melalui acara live streaming yang diadakan di demio, Rieke Caroline menjelaskan bahwa perlindungan merek itu sangat perlu untuk usaha perseorangan atau kelompok. Pasalnya, banyak pebisnis online yang berpikir bahwa perlindungan merek harus diurus setelah mengurus badan usaha. Namun siapa sangka, menurut Rieke Caroline itu adalah strategi yang salah. Melakukan pengecekan merek lalu mengurus kepemilikan merek adalah yang terpenting sebelum membuat badan usaha karena merek mudah sekali untuk ditiru dan diklaim. Sistem hukum usaha di Indonesia juga menganut asas “first to file not first to use”. Sehingga penting mengesahkan merek yang kita miliki terlebih dahulu sebelum diklaim pihak lain. Tak hanya sekedar membahas pentingnya mengesahkan merek/brand yang kita miliki untuk usaha online, acara itu juga membahas badan usaha dan PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) secara detail. Apakah anda yakin, merek bisnis online anda tidak ada yang menyerupai? Apakah anda yakin merek bisnis online anda tidak akan diklaim pihak lain? Jangan tunggu sampai merek atau brand milik anda baru diklaim, lalu mengurusnya. Sekarang ada kontrakhukum.com yang akan membantu para pemilik bisnis online mengesahkan merek yang dimiliki sehingga diakui negara. Prosesnya juga mudah, tidak ribet, dan tidak perlu face to face.