Tanya Jawab

Proses pendaftaran pada umumnya berlangsung selama 1,5 – 2 tahun sampai terbit Sertifikat Merek

Proses pendaftaran Merek termasuk lama karena membutuhkan pemeriksaan yang komprehensif dan bertahap, ditambah dengan internal di Dirjen HKI belum otomatis.

Ketika sudah dapat e-filing artinya kamu sudah bisa pakai Merek-mu untuk branding dan kamu punya bukti sudah proses peendaftarannya, tetapi belum cukup kuat sampai kamu dapat Sertifikat Merek-nya.

Bisa saja karena setidaknya kamu sudah pegang Bukti Pendaftaran sebagai tanda dan itikad baik bahwa proses pendaftaran merekmu sedang berjalan.

Tergantung beda nya sampai sejauh mana, apakah hanya beda dari segi warna saja atau sampai semuanya berbeda? Jika hanya beda warna, tidak perlu didaftarkan lagi. tetapi jika berbeda warna, bentuk dan gambar, maka perlu didaftarkan lagi karena dianggap sudah logo yang berbeda.

Merek itu bisa meliputi tulisan dan logo sehingga penggabungan keduanya bisa dalam 1 kelas

Biasanya dalam 1 kelas merek terdapat 10 jenis produk. Jika kamu mau daftarkan lebih, maka ada biaya resmi tambahannya

Tidak

Kekuatan hukumnya sama saja. Permasalahan siapa pemohon lebih kepada penggunaan merek itu oleh pereorangan atau perusahaan. Jika merek didaftar atas nama pemilik, tetapi yang menggunakan adalah perusahaan, maka namanya kesalahan penggunaan (menjjadi tidak kuat hukumnya).

Sebenarnya ketentuan spesimen ini tidak wajib dan sifatnya lebih kepada menjaga kredibilitas pemohon saja

Belum ada Pertanyaan Terkait

Lihat semua Pertanyaan
Showing 1 to 10 of 61 entries