Tanya Jawab

Apabila data pribadi anda digunakan oleh orang lain untuk mengajukan KTA, atau melakukan hal-hal lain atas nama Anda tanpa persetujuan dan sepengetahuan Anda, maka Anda dapat mengajukan gugatan perdata melalui pengadilan negeri atas dasar pelanggaran Pasal 26 UU ITE

Hubungan hukum yang ada adalah antara orangtua Anda dengan bank. Oleh karena itu, bank tidak dapat menuntut Anda untuk membayar hutang-hutang orangtua Anda.
Namun apabila anda setuju untuk menjadi penanggung hutang orang tua anda, maka anda dapat meminta Bank untuk Rescheduling Kredit, dan meminta keringanan pembayaran cicilan per bulannya. Namun pada praktiknya, setiap Bank memiliki ketentuan internal berupa standar kebijakan dan standar prosedur sendiri, jadi selain mengacu pada peraturan perundang-undangan, keputusan Bank juga akan mengacu pada ketentuan internal tersebut.

Mengenai jatuh tempo, besaran bunga pinjaman serta denda atas keterlambatan, hal tersebut biasanya telah diatur dalam perjanjian (dalam hal ini perjanjian pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman). Maka, ketika anda telah melakukan pinjaman online anda dianggap telah setuju dengan denda/bunga yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman. Sehingga sebelum melakukan pinjaman sebaiknya anda baca dengan teliti terlebih dahulu di dalam perjanjiannya.

Untuk permasalah hutang piutang, bisa meminta advise kepada praktisi hukum yaitu lawyer.

Lakukan musyawarah terlebih dahulu dengan pihak yang berhutang, apabila masih tidak ada itikad baik maka dapat di selesaikan melalui jalur pengadilan

Belum ada Pertanyaan Terkait

Lihat semua Pertanyaan