Tanya Jawab

Apabila hanya suami istri saja maka tidak boleh. Karena suami istri dianggap memiliki 1 (satu) harta – harta suami adalah harta istri juga, begitu juga sebaliknya. Atas hal tersebut perlu ditambah 1 (satu) orang pemegang saham lainnya.

Pengurus PT minimal terdiri 2 (dua) orang, yaitu yang menjabat 1 (satu) Direktur dan 1 (Komisaris).

Boleh. Pemegang saham boleh menjadi Direktur atau boleh menjadi Komisaris. Yang tidak boleh adalah Direktur merangkap sebagai Komisaris.

Lembaga Pendidikan/Sekolah pada dasarnya di dirikan oleh Yayasan, karena diperuntukan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial/ keagamaan/ kemanusiaan. Yayasan dapat membuat anak perusahaan dalam bentuk PT. Namun PT yang sahamnya dimiliki oleh yayasan wajib berorientasi kepada tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan dan sesuai dengan tujuan dalam akta pendirian yayasan.

Bisa. Para anggota yayasan dapat mengadakan rapat dalam rangka perubahan susunan pengurus, yang nanti nya Keputusan Rapat tersebut dapat dimuat ke dalam Anggaran Dasar.

Ya bisa. Susunan organisasi yayasan terdiri atas pembina, pengurus, dan pengawas.

Ya bisa. Perubahan anggaran dasar yayasan, baik perubahan nama atau kegiatan yayasan dibuat dalam akta notaris dan harus mendapat persetujuan Menteri Hukum dan HAM.

Dalam rangka membuat badan usaha

1. Data Pemegang Saham:
a. Jika Perorangan:
KTP
NPWP
b. Jika Badan Usaha:
Data Perusahaan: Akta Pendirian dan Perubahannya
NPWP
Surat Keterangan Domisili Usaha

2. Data Direksi dan Dewan Komisaris
3. Melengkapi form Pendirian Badan Usaha, seperti: skema permodalan, penentuan bidang usaha, susunan kepemilikan saham, dan lain-lain

Modal dasar PT Kecil biasanya berkisar 50 juta rupiah s/d 500 juta rupiah. Namun khusus UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah bisa bermodal dasar dibawah 50 juta rupiah. Karena berdasarkan peraturan baru mengenai PT, tidak ada minimal modal dasar lagi, melainkan disesuaikan kesepakatan para pendiri PT. (Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas.)

PTE.LTD adalah singkatan dari Private Limited. Perusahaan yang memiliki label Pte. Ltd adalah jenis perusahaan yang membatasi pemegang saham, diantara nya:

  1. Para pemegang saham tidak dapat menjual atau mengalihkan saham mereka tanpa menawarkan terlebih dahulu kepada pemegang saham lainnya,
  2. Para pemegang saham tidak dapat menawarkan sahamnya atau surat utang kepada masyarakat umum melalui bursa-saham.
  3. Jumlah pemegang saham tidak bisa melebihi angka tetap (biasanya 50).

Belum ada Pertanyaan Terkait

Lihat semua Pertanyaan
Showing 51 to 60 of 320 entries
14567832