Skip to main content

Bisnis sewa ruang kantor diproyeksikan akan meredup di 2023. Tren di tahun ini diperkirakan bakal bergeser ke Virtual Office dan Alamat Bisnis.

Lantas pertanyaannya, apa itu Virtual Office dan Alamat Bisnis? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan perbedaan antara Virtual Office dan Alamat Bisnis di bawah ini.

Virtual Office

Singkatnya, Virtual Office (VO) adalah kantor yang tidak memiliki ruangan fisik melainkan penyediaan ruang virtual. Namun ada beberapa jasa layanan virtual office ada yang menawarkan ruangan seperti ruangan meeting, ruangan atau space bersama, (co-working space), layanan resepsionis, dll. Dan para penyewa memiliki hak atas legalitas alamat dari penyedia jasa kantor tersebut.

Kebutuhan VO saat ini pun didorong oleh konsep hybrid dan work from anywhere yang banyak diterapkan perusahaan. Ruang kantor virtual menyediakan dukungan administratif hingga layanan konferensi berupa perangkat lunak yang disediakan penyedia jasa.

Virtual office juga menawarkan harga yang lebih murah dan sangat membantu untuk keberlanjutan usaha

Keuntungan menggunakan Virtual Office:

  1. Memiliki Lokasi Strategis dan Prestisius
    Biasanya, virtual office digunakan UMKM yang ingin menekan biaya sewa ruang kantor seminimal mungkin serta pengusaha yang baru saja memulai ide bisnisnya.
  2. Biaya Sewa yang Murah
    Harga sewa berbagai jenis properti termasuk kantor pun terus meningkat seiring waktu, terutama di lokasi yang tergolong strategis, pusat bisnis dan komersial di kawasan perkotaan terutama.Hadirnya Virtual Office adalah solusi terbaik bagi kamu para pelaku bisnis yang menginginkan biaya sewa yang lebih terjangkau namun tetap mendapatkan lokasi yang strategis dan fasilitas yang sesuai kebutuhan perusahaan kamu.
  3. Hemat Biaya Instalasi dan Operasional Rutin Perusahaan
    Silahkan bandingkan sendiri apabila kamu men-set up gedung kantor sendiri tentunya perlu membayar biaya instalasi tahap awal seperti renovasi gedung/ruangan, penyediaan perlengkapan kerja seperti meja, kursi, dan komputer.

Kekurangan Virtual Office

Selain memiliki kelebihan, Virtual Office juga pada kenyataanya memiliki kekurangan.
Kekurangan yang sering terjadi dirasakan oleh penyewa adalah karyawan perusahaan yang menggunakan jasa kantor virtual merasa kesepian karena rekan kantornya tidak berada di tempat yang sama.

Kekurangan lainnya yang sering dirasakan adalah seringnya terjadi miskomunikasi karena adanya jarak antara rekan kantor sampai terhambat masalah teknis.

Sebagai usaha untuk meminimalisir pengeluaran budget perusahaan, selain Virtual Office biasanya perusahaan juga memilih untuk melakukan Alamat Bisnis saja.

 

Alamat Bisnis

Tidak seperti Virtual Office, sebagai penyewa Alamat Bisnis kamu hanya berhak mendapatkan hak alamat kantor tersebut, tidak meliputi ruangan dan dukungan administratif lainnya.

Bila Anda hanya menyewa Alamat Bisnis maka Anda hanya akan menggunakan alamat tersebut untuk korespondensi atau surat menyurat untuk keperluan bisnis Anda (seperti dari instansi pajak, dll). Alamat Bisnis resmi diwilayah komersil juga dibutuhkan untuk syarat pendirian badan usaha seperti PT dan CV.

 

Kelebihan & Kekurangan Alamat Bisnis

Kelebihan untuk sewa Alamat Bisnis ini adalah tentu biaya yang lebih murah dibandingkan harus menyewa virtual office yang lengkap bersama ruangan fisiknya. Sehingga Anda yang ingin mendirikan PT tapi masih dengan budget belum mencukupi, bisa menggunakan sewa layanan Alamat Bisnis.

Kekurangannya adalah karena tidak ada ruangan fisik, maka akan ada hambatan atau kendala dalam komunikasi dan koordinasi atara sesama karyawan dan juga atasan.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.