Skip to main content

Memasuki bulan Ramadhan bukan hanya menjadi momentum yang tepat untuk mengumpulkan amal ibadah, tapi juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendulang cuan dengan berbagai ide bisnis kuliner yang beragam.

Ya, sepanjang bulan puasa, akan ada banyak orang yang tidak sempat memasak sendiri di rumah sehingga akan berbondong-bondong berburu makanan dan minuman untuk berbuka puasa maupun sahur.

Memanfaatkan momentum tersebut, berjualan makanan dan minuman akan sangat cocok, terlebih ini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dengan modal minim.

Lantas, apa saja ya, ide jualan makanan dan minuman yang sekiranya paling laris dan menguntungkan di bulan Ramadhan ini?

Ide Bisnis Kuliner Paling Laris Saat Ramadhan

Momen bulan puasa bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan, seperti berjualan takjil buka puasa, kurma, es buah, gorengan, dan lain-lain.

Namun, tingginya persaingan di pasar kuliner saat bulan Ramadhan kerap membuat pebisnis kesulitan berinovasi dan hanya mengikuti hal-hal yang ‘trending’ saja.

Maka dari itu, berikut kami rekomendasikan deretan ide bisnis kuliner paling laris saat bulan Ramadhan dikutip dari berbagai sumber:

Aneka Jenis Kolak

Hidangan manis ini selalu menjadi menu andalan untuk berbuka puasa dari masa ke masa. Santan gurih yang dipadukan dengan pisang/ubi yang manis selalu memberikan kesegaran setelah seharian berpuasa.

Jika ingin bisnis kolakmu lebih inovatif, cobalah untuk mengganti bahannya dengan sesuatu yang lebih menarik seperti mengganti santan dengan susu almond atau fiber creme.

Aneka Es Buah Segar

Selain menahan rasa lapar, godaan terberat ketika berpuasa lainnya adalah menahan rasa dahaga yang mungkin amat terasa saat menjelang berbuka. Terlebih lagi, cuaca yang panas disertai aktivitas yang padat membuat orang akan mencari sesuatu yang menyegarkan untuk berbuka puasa.

Ini bisa menjadi salah satu ide jualan di bulan puasa, yakni menjual es buah. Rasa sirup dan susu yang manis dipadukan dengan asam buah yang segar akan benar-benar melegakan rasa dahaga bagi yang berpuasa. Dijamin jualan-mu akan laris manis.

Kurma

Dikenal sebagai makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW, membuat kurma menjadi menu yang paling dicari saat berbuka puasa. Tentunya hal ini menjadikan kurma sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan saat bulan Ramadhan.

Untuk membuat bisnis kurma lebih variatif, kamu bisa menambah beberapa produk olahan kurma seperti susu kurma dan coklat kurma.

Jajanan Kue Pasar

Jajanan kue pasar beraneka ragam dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Rasanya yang manis akan membuat kudapan ini cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Kue pasar dapat berupa kue cucur, dadar gulung, kue bolu, kue lapis, dan masih banyak yang lainnya. Kamu dapat melanjutkan bisnis kue pasar setelah bulan Ramadhan selesai, karena kue pasar merupakan kue yang dapat dijual kapan saja.

Aneka Gorengan

Jajanan murah meriah yang paling laris lainnya adalah gorengan. Hidangan ini menjadi cemilan favorit bukan hanya di bulan puasa, tapi juga di hari-hari biasa. Tempe goreng, tahu isi, pisang goreng, ubi goreng dan bakwan yang biasa tersedia sangat cocok dijadikan menu buka puasa dan pengganjal perut sebelum dilanjutkan dengan makanan berat lainnya.

Bahan-bahan gorengan juga murah dan mudah ditemukan, serta cara pembuatannya cukup simpel sehingga tidak ada salahnya jika kamu mencoba menjual ide jualan satu ini.

Makanan Khas Timur Tengah

Bulan Ramadhan menjadi momen terbaik untuk menjual makanan khas Timur Tengah. Karena di momen ini, peribadatan umat muslim menjadi lebih intens dan membuat kebiasaan serta hal-hal yang berkaitan dengan Timur Tengah akan terasa lebih familiar.

Melansir YouTube Good Business, berjualan makanan khas Timur Tengah di bulan ramadhan merupakan peluang bisnis yang bagus jika ingin mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Frozen Food

Di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari, banyak orang yang mungkin tidak sempat memasak atau untuk sekedar membeli makanan di luar. Maka dari itu, frozen food masih menjadi primadona sebagai stok makanan di rumah.

BACA JUGA: Peluang Cuan! Ini 10 Produk yang Paling Laris di Bulan Ramadhan

Penyajiannya yang simpel membuat orang-orang dengan kesibukan tinggi justru menjadikan frozen food sebagai andalan menu sahur dan berbuka puasa. Makanan frozen food yang bisa dipasarkan seperti rendang, ayam goreng, rawon, semur, rica-rica, dan lain-lain.

Memulai Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan

Kamu kini telah mengetahui apa saja jenis makanan dan minuman paling laris di bulan Ramadhan. Jadi, mana jenis bisnis yang akan kamu coba?

Daya beli masyarakat yang begitu tinggi di bulan Ramadhan menjadi hal cukup yang menjanjikan, apalagi jika kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Oleh karena itu, jangan lewatkan peluang untuk mengembangkan bisnis bulan Ramadhan.

Pilih produk jualan sesuai dengan yang kamu minati, agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan maksimal. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan penggunaan media sosial untuk memasarkan jualan-mu.

Jika kamu ingin membangun bisnis untuk jangka panjang, maka jangan lupa untuk memenuhi dokumen legalitas dengan baik agar bisnis tetap berjalan. Adapun dokumen legalitas bisnis yang dimaksud seperti pendaftaran merek dagang ke DJKI. Dengan begitu, bisnismu pun akan memiliki identitasnya tersendiri dan semakin menarik konsumen untuk membelinya.

Terlebih, dengan memiliki NPWP, NIB, dan Izin usaha, tidak menutup kemungkinan bisnismu akan mendapat bantuan dana dari pemerintah. Selamat mencoba!

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang juga ingin membuka bisnis kuliner di bulan Ramadhan, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan, jangan ragu untuk konsultasikan bersama Kontrak Hukum.

BACA JUGA: Anti Mainstream! 7 Ide Bisnis Keripik Unik Ini Wajib Kamu Coba

Tak perlu khawatir, karena kamu dapat melakukan konsultasi gratis mengenai bisnis dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.