Ini 8 Ide Bisnis Makanan Sehat yang Datangkan Cuan!

Bisnis makanan sehat di masa pandemi dipercaya bisa datangkan cuan, karena orang-orang mengutamakan kesehatan mereka. Walaupun bisnis kuliner sehat sudah ada jauh sebelum adanya pandemi COVID-19, namun memang masyarakat Indonesia belum begitu familiar.

Dengan Sobat KH berbisnis makanan sehat, selain untuk mencari keuntungan, bisnis ini juga bisa membantu mengedukasi masyarakat Indonesia jika makanan atau minuman sehat punya banyak manfaat untuk tubuh.

Bisnis healthy food & beverage (F&B) hingga kini masih berpeluang besar, karena belum begitu banyak pesaing bisnis serupa. Meskipun segmen pasar untuk bisnis kuliner sehat tidak sebanyak makanan cepat saji, namun saat ini permintaan akan makanan sehat kian meningkat.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus memilih makanan atau minuman sehat apa yang akan dijual, lalu tentukan siapa yang akan menjadi target bisnis Anda. Demi memudahkan Anda dalam menentukan, berikut adalah ide bisnis kuliner sehat yang bisa kalian coba:

  1. Makanan Organik
    Ide ini akan menjadi solusi bagi konsumen yang sangat menjaga kebersihan dan tidak terbiasa pesan makanan dari luar. Makanan organik sebelumnya sudah terkenal menjadi salah satu makanan sehat di Indonesia sebelumnya adanya pandemi.

    Kalangan ibu-ibu rumah tangga yang sering memasak di rumah juga bisa jadi target pasar Anda dalam bisnis ini. Supaya lebih efektif, Sobat KH bisa menyediakan layanan antar barang hingga rumah, bisa bermitra dengan ojek online atau bahkan punya tim kurir sendiri akan lebih baik.

  2. Katering Diet Sehat
    Sobat KH bisa membuat makanan diet sehat yang rendah kalori, gula dan garam, sehingga makanan sehat ini bisa jadi solusi bagi masyarakat yang ingin hidup sehat dan juga menjaga serta menurunkan berat badan, agar meningkatkan metabolisme tubuh.

    Meskipun demikian, Anda wajib cermati target pasar yang terjangkau untuk bisnis yang satu ini. Wanita pekerja kantoran, ibu rumah tangga, penggiat hidup sehat bisa jadi target pasar Anda.

  3. Salad Buah
    Selain pembuatannya mudah dan praktis, menjual salad buah juga bagus untuk dilakukan karena buah mengandung banyak vitamin untuk meningkatkan kesehatan dan juga serat bagi kesehatan pencernaan.

    Hal yang harus anda perhatikan dalam menjual salad buah adalah menemukan supplier buah yang konsisten, baik dalam segi kualitas maupun harga. Untuk target pasar, salad buah sendiri bisa dikatakan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, jadi bisnis anda lebih mudah untuk masuk ke selera masyarakat.

  4. Makanan Vegetarian
    Makanan yang satu ini merupakan alternatif bagi sebagian orang yang berpotensi sakit karena mengkonsumsi daging. Jadi selain karena pandemi, bisnis ini juga bisa jadi solusi berkelanjutan bagi sebagian orang tersebut.

    Masyarakat yang mengkonsumsi makanan vegetarian bisa mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tidak perlu khawatir juga terkait rasa karena tidak menggunakan ayam atau jenis daging lainnya, karena, makanan vegetarian itu tetap gurih dan renyah serta kaya akan nutrisi. Sehingga, rasa dan kesehatan juga pasti terjamin.

  5. Frozen Food
    Bagi Sobat KH yang tidak ingin repot dan ribet, ide bisnis kuliner sehat yang satu ini juga bisa dipertimbangkan. Itu karena hanya membutuhkan tenaga yang tak banyak, dan Anda hanya perlu menaruh produk di freezer untuk daya tahan makanan yang lebih lama.

    Frozen food pun dinilai lebih higienis karena para konsumen bisa mengolahnya di rumah, dengan standar kebersihan masing-masing.

  6. Meal Prep
    Umumnya meal prep berupa bekal makanan sehat untuk orang kantoran atau anak sekolahan. Menu yang disajikan haruslah lengkap, ada karbohidrat, sayur, sumber protein, dan buah yang dijadikan menu pembuka.

    Menu meal prep pun tergolong sederhana seperti olahan masakan rumahan yaitu: nasi, capcay, ayam kecap, sayur bayam, kangkung, tempe dan tahu, serta masih banyak lagi. Jadi ide ini cocok bagi Sobat KH yang ingin membuka UMKM di bidang kuliner sehat.

  7. Makanan Tradisional Sehat
    Anda bisa menjual menu-menu tradisional khas Indonesia seperti, pecel sayur, urap, soto, gado-gado, karedok, dan lainya. Selain harganya terjangkau, rasanya yang familiar di masyarakat Indonesia membuat ide bisnis kuliner sehat ini laris manis.

  8. Fitness Food Prep
    Untuk melancarkan bisnis yang satu ini, Anda bisa bermitra dengan instruktur fitnes dan ahli gizi dalam mempersiapkan menu makanan sehat sesuai dengan penggiat olahraga yang kebutuhannya berbeda-beda. Seperti membangun massa otot hingga untuk para atlet.

Itulah 8 ide bisnis makanan sehat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai bisnis kuliner. Bisnis kuliner sehat punya banyak manfaat dari berbagai aspek, selain mendatangkan keuntungan, Anda juga bisa ikut menerapkan pola makan sehat, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam kondisi apapun lewat makanan.

Agar bisnis semakin lancar jangan lupa urus segera legalitas bisnismu, khususnya Nomor Induk Berusaha (NIB). Setelah dapat NIB, Anda juga bisa dapat berbagai kemudahan dalam berbisnis seperti tanda pengenal usaha, mudah mengajukan izin usaha, dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial dan ketenagakerjaan.

Untuk mendaftarkan NIB, Anda bisa melakukannya di laman Online Single Submission (OSS) www.oss.go.id. Untuk informasi lengkap tentang NIB, Sobat KH bisa menuju laman artikel berikut di https://kontrakhukum.com/article/manfaat-nib.

Sedangkan informasi lengkap tentang layanan NIB dari Kontrak Hukum, Sobat KH bisa temukan di laman berikut di https://kontrakhukum.com/services/oss.
Untuk memantapkan bisnis kuliner sehat Anda, selain layanan NIB Sobat KH juga dapat menikmati layanan lainnya dari Kontrak Hukum seperti pendaftaran merek & HKI, pendirian badan usaha PT & CV, serta perpajakan dan akuntansi.

Sobat KH bisa langsung menghubungi kami di 0821-1212-5767 atau kunjungi laman layanan dari Kontrak Hukum di https://kontrakhukum.com/services. Untuk informasi terkini soal dunia bisnis bisa kamu jumpai di sosial media kami @kontrakhukum, jangan lupa untuk follow ya Sobat KH!.