Skip to main content

Di tengah hiruk pikuknya tren belanja online, ada sektor bisnis lain yang ikut kecipratan mendulang keuntungan, salah satunya jasa ekspedisi. 

Ya, ekspedisi menjadi elemen penting dalam transaksi online sehingga tak ayal saat ini banyak sekali brand jasa antar dan kirim barang yang menjamur di Indonesia.

Nah, melihat peluang dari tren belanja online, tak ada salahnya untuk merambah bisnis di dunia logistik yaitu franchise jasa ekspedisi. Sebab, semakin banyak orang berbelanja online sehingga semakin cuan juga yang didapat oleh pebisnis jasa ekspedisi.

Tertarik untuk mencoba? Berikut kami rangkumkan peluang dan beberapa rekomendasi franchise jasa ekspedisi yang bisa kamu coba.

Melihat Peluang Franchise Jasa Ekspedisi di Indonesia

Tak bisa dipungkiri, bergesernya kebiasaan belanja masyarakat Indonesia dari offline menjadi online banyak dipicu oleh pandemi COVID-19. Kabar baiknya, meskipun pandemi dinyatakan berakhir dan aktivitas berbelanja offline menggeliat kembali, animo belanja online masih tetap tinggi.

Hasil riset dari Kredivo dan Katadata Insights Center pada 2023 menunjukkan bahwa 79,1 persen memilih metode kombinasi antara berbelanja online dan offline. Dari persentase tersebut, 58,1 persen lebih cenderung melakukan pembelian secara online, sementara 21 persen lainnya melakukan pembelian secara offline.

Artinya, prospek bisnis ekspedisi akan tetap cerah di tahun 2024 bahkan di tahun-tahun mendatang seiring dengan transaksi e-commerce dan jual beli online yang meningkat.

Memang, persaingan ketat antara sesama perusahaan ekspedisi tidak bisa dihindari, tetapi outlet ekspedisi dipastikan tidak pernah sepi karena tingginya kebutuhan konsumen akan pengiriman barang.

Terlebih lagi, belanja online telah mampu menciptakan ekosistem bisnis bagi platform e-commerce, pengusaha online, dan jasa ekspedisi sekaligus, sehingga mereka saling menguntungkan lewat kolaborasi atau kerja sama sejenis.

Rekomendasi Franchise Jasa Ekspedisi Terlaris

Adanya sistem waralaba atau franchise pada jasa ekspedisi membuka kesempatan luas bagi siapapun untuk terjun ke dalam bisnis logistik ini, termasuk pebisnis pemula dan UMKM.

Nah, berikut ini adalah franchise jasa ekspedisi terlaris di Indonesia yang menawarkan harga waralaba yang bersahabat, pastinya rekomendatif sekali untuk para pebisnis pemula dan pelaku UMKM.

Wahana Express

Sobat KH pasti sudah familiar dengan jasa ekspedisi yang satu ini karena biasa mematok biaya kirim yang murah namun pelayanan tetap memuaskan. Harga franchisenya yang juga terbilang terjangkau, yaitu Rp3,8 juta, menjadikan bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh UMKM, pedagang, ibu rumah tangga, pegawai, hingga pensiunan.

Dengan harga tersebut tersebut, franchisee akan mendapatkan fasilitas berupa papan acrylic logo, poster, spanduk, seragam agen, serta pelatihan sistem keagenan yang diselenggarakan di kantor pusat Wahana.

Jangkauan pengiriman Wahana sangat luas, meliputi wilayah Indonesia hingga Singapura. Di samping itu, Wahana juga telah terdaftar di marketplace terkemuka, seperti Bukalapak dan Tokopedia, sehingga dipercaya menjadi jasa pengiriman yang andal dan terpercaya.

Lion Parcel

Lion Parcel berdiri sejak tahun 2013 dan terus eksis di dunia jasa kurir ekspedisi sampai sekarang. Untuk bergabung menjadi franchisee Lion Parcel, Sobat KH perlu mempersiapkan anggaran setidaknya Rp5 juta, di mana Rp2 juta akan dialokasikan sebagai saldo awal dan sisanya untuk biaya administrasi yang sudah mencakup fasilitas seperti spanduk, banner, standing banner, dan tas kurir.

Mengutip dari situs resmi Lion Parcel, meskipun harga franchisenya terjangkau,  Lion Parcel menjanjikan keuntungan komisi hingga 35% dari pendapatan tiap bulannya.

Mereka juga membuka kerjasama dengan mudah, tidak ribet, tidak perlu modal besar, dan tanpa biaya royalti. Bahkan franchisee dapat mengikuti pelatihan bisnis dan bergabung ke komunitas Agen Lion Parcel (Mitra POS) secara gratis.

SiCepat

SiCepat dirintis pada tahun 2014 dan kini telah menjadi jasa kurir ekspedisi yang dilirik bahkan direkomendasikan oleh online shop kepada pelanggannya. Tak heran, karena seperti namanya, SiCepat selalu bekerja dengan mengutamakan FAST yaitu Fokus, Aktif dan Kreatif, Service Excellence, dan Teamwork.

Berbeda dengan waralaba kurir ekspedisi lainnya, SiCepat menawarkan opsi biaya menjadi agen ke dalam tiga paket, yaitu Paket Biasa senilai Rp5 juta, Paket Menengah Rp7,5 juta, dan Paket Lengkap Rp15 juta.

Karena perbedaan harga ini, tentunya fasilitas yang diberikan akan berbeda pula. Namun, secara umum franchisee akan mendapatkan fasilitas, seperti neon box, spanduk, seragam, dan lainnya.

Anteraja

Jasa kurir ekspedisi Anteraja tengah naik daun karena mulai diperhitungkan oleh para pemilik online shop dalam hal keandalannya mengirimkan barang. Lebih dari itu, beberapa marketplace terkenal, seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli, sudah menjadi partner Anteraja.

Dana yang harus dipersiapkan untuk menjadi franchisee Anteraja yaitu minimal Rp5 juta. Dengan modal ini, Sobat KH akan menerima fasilitas berupa neon box atau banner, seragam sales, timbangan digital, sistem Anteraja, dan lain-lain.

JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan kurir ekspedisi dan logistik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Menariknya, harga franchise JNE ditaksir antara Rp7 juta–Rp10 juta saja, dengan fasilitas neon box, fascia sign, backdrop logo, poster, dan seragam.

Namun, perlu menjadi catatan bahwa harga tersebut belum termasuk biaya sewa ruko, pengadaan komputer, dan lainnya. Harga franchise JNE pun bisa berbeda-beda di tiap daerah, sehingga Sobat KH perlu menanyakan secara langsung ke cabang JNE terdekat.

JET Express

Jasa ekspedisi cepat dan mudah yang bisa menjadi rekomendasi franchise selanjutnya adalah JET Express. Hingga kini diketahui ada dua jenis outlet partnership package untuk franchise yang mereka tawarkan, yakni market entry package seharga Rp5 juta dan complete package yang dibanderol Rp15 juta.

Sementara itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan sebesar 20% dari total weekly sales.

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Franchise Non Makanan Paling Menjanjikan, Berani Coba?

Itulah keenam rekomendasi franchise jasa ekspedisi terlaris dengan harga bersahabat. Semoga bisa berguna bagi Sobat KH yang ingin membuka bisnis franchise selain bidang logistik, ya!

Biar Lebih Aman, Jangan Lupa Buat Perjanjian Franchise!

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis franchise jasa ekspedisi seperti rekomendasi di atas, pastikan dulu bahwa Sobat KH sudah mempelajari segala hal mengenai sistem franchise, salah satunya dengan membuat kontrak perjanjian.

Secara umum, kontrak franchise merupakan perjanjian tertulis antara franchisor dan franchisee dimana perjanjian ini menjadi bukti kuat dan menjadi dasar dalam melakukan hal-hal yang telah disepakati.

Perjanjian franchise umumnya berisi pemberian izin penggunaan lisensi dan nama dagang, disertai kompensasi royalti dan prosedur penggunaan lisensi tersebut. Perjanjian ini tentunya harus dibuat dengan benar sesuai persyaratan hukum dengan beragam hak milik yang dimiliki franchisor.

Perjanjian franchise dibuat untuk melindungi usaha dari risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Selain itu, perjanjian franchise juga memiliki beberapa tujuan dan manfaat lainnya, seperti:

  1. Menjamin berfungsinya keamanan dan mekanisme usaha yang efisien dan lancar bagi para pihak
  2. Sebagai alat untuk memantau dan mengontrol apakah para pihak sudah melakukan apa yang dijanjikan atau belum, ataukah malah melanggar hal-hal yang telah disepakati
  3. Mencegah timbulnya masalah di kemudian hari karena para pihak dapat mengetahui hak dan kewajibannya, serta mendukung kelancaran pelaksanaan usaha
  4. Sebagai alat bukti jika terjadi perselisihan

Kontak KH

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi franchise jasa ekspedisi yang bisa dijadikan pertimbangan. Semoga penjelasan di atas dapat membantumu memilih franchise terbaik serta melancarkan proses perjanjian dengan pihak brand yang dipilih, ya!

Apabila sudah menemukan mitra yang cocok untuk menjalankan usaha franchise, kamu tinggal lanjut ke langkah selanjutnya yaitu membuat kontrak perjanjian franchise.

Perjanjian ini harus melindungi kepentingan kedua pihak dan melanggengkan kerja sama secara baik, sehingga menghindari pihak franchisor maupun franchisee dari konflik.

Untuk membuatnya, memang sebaiknya dibantu atau dibuatkan oleh pihak yang berwenang atau yang mengerti tentang hukum, salah satunya adalah konsultan hukum seperti Kontrak Hukum.

Bersama ahli profesional, kami dapat membantumu untuk konsultasi gratis mengenai langkah apa dan bagaimana proses yang perlu dilakukan dalam memulai usaha franchise.

BACA JUGA: Ketahui Legalitas Yang Perlu Dimiliki Untuk Mendirikan Usaha Ekspedisi!

Tidak hanya itu, kamu juga dapat sekaligus mengurus legalitas usaha franchise seperti kontrak perjanjian serta Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Adapun STPW ini berlaku sebagai izin usaha franchisee untuk menjalankan usahanya.

Yuk, jalani usaha franchise secara aman dan lancar dengan kunjungi laman Layanan KH – Kontrak Franchise. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @Kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis