Skip to main content

Memilih untuk memulai investasi terbaik adalah sebuah keputusan yang tepat. Terlebih tren investasi beberapa tahun belakangan makin diminati terutama oleh generasi milenial.

Dengan mengalokasikan sebagian harta kekayaan lewat investasi, hal itu akan membantu memenuhi kebutuhan kita di masa mendatang.

Terdapat beberapa jenis investasi yang banyak diminati, mulai dari saham, reksadana, hingga deposito. Namun, sudahkah Sobat KH mengetahui apa saja jenis investasi terbaik yang minim risiko, serta tips berinvestasi dengan aman bagi pemula?

Tenang saja, artikel kali ini akan membahas dua poin tersebut untukmu. Jadi, simak pembahasannya sampai selesai ya!

Apa Itu Investasi?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis investasi terbaik dan menguntungkan bagi pemula, Sobat KH perlu terlebih dahulu memahami apa itu investasi.

Investasi adalah salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Dilansir dari detikfinance, investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi merupakan penanaman modal yang biasa dilakukan untuk jangka panjang dengan membeli seluruh aset atau saham dan hak milik dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Siapa saja bisa memulai investasi. Pihak atau orang yang melakukan investasi disebut dengan investor. Investasi digolongkan menjadi dua, yaitu investor individual dan investor institusional yang biasanya terdiri dari badan, perusahaan, mapun lembaga.

Pentingnya berinvestasi pun tidak serta merta untuk mendapatkan keuntungan finansial saja. Dengan berinvestasi, kita dapat meningkatkan manajemen diri dalam mengelola keuangan dengan baik.

Jenis Investasi Terbaik dan Menguntungkan Bagi Pemula

Terdapat beragam pilihan jenis investasi yang bisa dicoba pemula, mulai dari yang beresiko rendah seperti investasi emas hingga risiko tinggi seperti investasi saham. Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, bagi Sobat KH yang ingin memulai investasi namun masih bingung menentukan pilihan investasi terbaik, berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu coba.

Deposito

Jika ingin belajar investasi yang aman dan menguntungkan, deposito menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Deposito adalah simpanan uang pada bank yang pencairannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu saja. Jenis investasi ini merupakan salah satu investasi yang paling minim risiko sebab keuntungannya bisa langsung dikalkulasikan.

Cara kerja deposito adalah nasabah bank akan menyimpan uang dalam bentuk tabungan deposito yang bisa disesuaikan jangka waktu yang ditawarkan, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Umumnya, bunga yang dikenakan bank untuk jenis investasi deposito berkisar dari dua persen hingga yang paling tinggi 5 persen. Suku bunga ini pun dapat berubah-ubah karena mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia.

Reksadana

Siapa yang tak mengetahui reksa dana? Ya, reksadana adalah jenis investasi dengan mengumpulkan dana dari investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi.

Jenis investasi ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pemula, sebab memiliki risiko lebih rendah dibandingkan dengan saham. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, mulai Rp10 ribu saja Sobat KH dapat memulai investasi.

Sudah banyak perusahaan yang menawarkan investasi berupa reksadana. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mencoba jenis investasi ini, yakni:

  • Menentukan tujuan investasi
  • Mengenali risiko profil
  • Mencari manajer investasi terpercaya
  • Memeriksa berbagai biaya reksadana yang dibutuhkan
  • Melakukan pemeriksaan pencairan dana investasi

Selain itu, aktivitas reksadana juga terbilang lebih terjamin karena sudah diawasi oleh OJK.

Peer to Peer (P2P Lending)

Peer to peer lending adalah jenis investasi berbasis crowdfunding, yakni investor (lender) akan memberikan pinjaman dalam mata uang rupiah pada debitur (borrower) dengan return yang lebih tinggi.

P2P lending adalah jenis investasi berjangka pendek yang juga banyak dijadikan opsi oleh masyarakat. Lalu, bagaimana cara kerja P2P lending? Investasi jenis ini biasanya dilakukan secara online melalui platform website perusahaan.

P2P lending memungkinkan kita untuk memberi atau mengajukan pinjaman satu sama lain tanpa menggunakan jasa dari bank. Berdasarkan jenis peminjamnya, investasi ini dibagi menjadi dua yaitu P2P konsumtif dan P2P lending produktif.

Untuk mendapatkan keuntungan risiko yang lebih minim, pastikan untuk memilih P2P yang telah memiliki lisensi dan diawasi oleh OJK.

Saham

Saham juga menjadi salah satu jenis investasi terbaik yang paling populer di kalangan masyarakat. Jika Sobat KH membeli suatu saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka kamu bertindak sebagai pemegang saham.

Setidaknya Sobat KH akan mendapat dua keuntungan, yaitu dari selisih harga dan dari dividen yang biasanya dibagikan oleh perusahaan.

Namun dengan keuntungan yang besar ini, investasi saham juga diimbangi dengan risiko yang besar pula. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi saham, mantapkan dulu tujuanmu.

Saat ini juga sudah banyak kelas dan materi video yang menjelaskan dasar-dasar saham sehingga mudah dipelajari. Terlebih, sudah banyak platform saham di Indonesia yang menyediakan syarat mudah khusus untuk investor pemula.

Emas

Jenis investasi terbaik selanjutnya adalah emas. Emas termasuk jenis investasi jangka panjang dan termasuk mudah dilakukan oleh investor pemula. Nilainya cenderung stabil dan naik dari tahun ke tahun, sehingga dapat memberikan keuntungan menjanjikan di masa mendatang.

Oleh sebab itulah, emas menjadi salah satu jenis investasi favorit sejak dulu. Emas juga tidak akan terpengaruh oleh adanya inflasi. Kemudahannya dalam membeli dan mencairkan kapanpun dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor.

Terlebih, saat ini telah tersedia banyak platform yang menyediakan cicil emas sehingga tidak perlu modal jutaan rupiah untuk memulai investasi.

Obligasi

Obligasi adalah investasi surat utang yang merupakan bukti transaksi pinjaman yang sudah dilakukan oleh pihak yang menerbitkan obligasi dan pemilik dana. Obligasi sendiri diterbitkan oleh korporasi atau pemerintah.

Investasi ini cocok bagi pemula sebab risiko nya rendah. Meskipun demikian, Sobat KH tetap disarankan untuk mempelajarinya lebih lanjut, guna mendapatkan keuntungan dan terhindar dari risiko yang mungkin terjadi.

Obligasi sendiri dikeluarkan oleh perusahaan maupun instansi pemerintah yang digunakan sebagai bentuk peminjaman uang yang akan dibayarkan kembali dalam bentuk uang pokok dan bunga yang disebut dengan kupon.

Selain keuntungan dari kupon, obligasi juga cenderung memiliki nilai yang stabil.

Franchise

Franchise atau waralaba adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional yang didelegasikan kepada pihak kedua yang mendapatkan izin untuk menjalankan sebuah usaha tersebut.

Jenis investasi yang satu ini cocok bagi Sobat KH yang memiliki jiwa berwirausaha. Franchise memberikan pengalaman bisnis sekaligus keuntungan dimana SOP usaha, bahan baku, dan sistem pengelolaan karyawan telah disediakan.

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Franchise Non Makanan Paling Menjanjikan, Berani Coba?

Umumnya investasi franchise bergerak di bidang sektor kuliner yang memiliki pasar cukup luas. Franchise memang menjadi salah satu bentuk investasi untuk menunjang karir seseorang sebagai pengusaha dalam waktu yang relatif cepat.

Properti

Investasi properti atau real estate merupakan pembelian dengan tujuan memperoleh laba dari investasi (ROI), melalui hasil sewa, dan penjualan kembali. Jenis investasi yang satu ini akan sangat menguntungkan di masa mendatang, sebab kebutuhan manusia akan properti tetap selalu ada.

Nilainya yang cenderung meningkat tiap tahun, membuat investasi properti juga sangat diincar bagi mereka yang memiliki modal lebih. Terlebih, perlu dipertimbangkan jika investasi properti juga dikenal sebagai investasi minim resiko dan terdapat jaminan keuntungan yang tinggi.

Mengingat properti merupakan kebutuhan primer yang dicari banyak orang, sehingga rasanya tidak mungkin jika ada properti yang tidak terjual. Bagaimana, tertarik untuk memulai investasi jenis ini?

Surat Utang Negara (SUN)

Banyak orang yang mungkin belum mengenal jenis investasi yang satu ini. Surat Utang Negara adalah surat pengakuan utang yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara sesuai dengan masa berlakunya.

Dalam hal ini, Sobat KH bertindak sebagai investor yang memberikan pinjaman kepada pemerintah. Untuk investasi SUN bentuknya ada dua jenis, yaitu:

  • Surat Perbendaharaan Negara (SPN), yang memiliki jangka waktu investasi maksimal 12 bulan,
  • Obligasi negara, cocok untuk investasi jangka panjang karena jangka waktunya diatas 12 bulan.

Cryptocurrency

Setelah konsep bitcoin diperkenalkan pertama kali pada 2008, cryptocurrency menjadi jenis investasi yang banyak diincar. Mata uang kripto sendiri adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain.

Perbedaan signifikan investasi yang satu ini adalah menghilangkan peran bank sebagai pihak ketiga. Jika tertarik, ada beberapa jenis mata uang kripto yang bisa dipilih seperti Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Eos, dan Dodge.

Apa Manfaat Investasi?

Tujuan utama berinvestasi tentu untuk mencari keuntungan agar memiliki finansial yang stabil di masa depan. Namun, tidak terbatas pada hal tersebut, nyatanya terdapat beberapa manfaat lainnya dari investasi. Berikut penjelasannya:

Menanamkan Sikap Disiplin dan Hemat

Agar mencapai hasil yang maksimal, investasi mendorong penggunanya untuk konsisten menanamkan modal. Dengan menyisihkan uang secara teratur, akan terbentuk sikap disiplin dan lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Sumber Penghasilan Tambahan

Tiap investasi tentu akan menghasilkan keuntungan atau bunga setiap periodenya. Jika memilih jenis investasi dengan bunga tinggi, hasilnya bisa digunakan sebagai passive income yang membantu keuanganmu atau menjadi dana darurat yang bermanfaat di masa depan.

Meningkatkan Nilai Uang

Berbeda dengan menabung di bank, investasi cenderung meningkat nilai uangmu. Mengingat bunga tabungan bank yang relatif cukup kecil saat ini membuat keuntungan dari menabung hanya cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan. Lain halnya jika kamu berinvestasi, nilainya akan naik dan menambah aset.

Menghindari Inflasi

Inflasi adalah salah satu masalah ekonomi yang tak terhindarkan dan membuat nilai mata uang turun. Bayangkan, jika sekarang Sobat KH memiliki tabungan Rp50 juta di bank, bisa jadi 15 tahun kemudian angka tersebut akan bernilai makin kecil akibat inflasi.

Namun, jika uang tersebut dialihkan untuk investasi, pertumbuhan keuntungannya pun bisa mengalahkan laju inflasi.

Hari Tua Lebih Terjamin

Akan datang masanya seseorang harus pensiun dan tidak memiliki penghasilan rutin lagi. Oleh karena itu, dengan berinvestasi mulai dari sekarang, tabungan hari tua dapat dipersiapkan dengan baik dan Sobat KH tidak perlu khawatir akan kesulitan finansial.

Tips Supaya Investasi Menguntungkan

Kini, Sobat KH telah mengetahui berbagai jenis investasi terbaik serta manfaat dari investasi itu sendiri. Bagaimana, apakah kamu telah menentukan jenis investasi apa yang akan dipilih? Atau masih bingung terkait kiat-kiat memulainya?

Biar tak lagi bingung, berikut telah kami rangkumkan untukmu sederet tips supaya investasi lebih aman dan menguntungkan:

Sesuaikan dengan Tujuan

Tips investasi yang pertama adalah menentukan tujuan dan jangka waktu yang diinginkan. Misalnya, Sobat KH ingin melanjutkan pendidikan dalam tiga tahun lagi. Setelah menghitung biaya yang dibutuhkan, pilih jenis investasi yang akan menghasilkan keuntungan sesuai goal.

Dengan begitu, kamu sebagai investor jadi lebih fokus dan terarah pada impian yang ingin diraih.

Pilih Jenis investasi yang Dikuasai

Kesalahan fatal yang sering dilakukan investor pemula adalah tidak mempelajari faktor risiko jenis investasi yang dipilih. Tanpa pengetahuan yang matang, bukan tidak mungkin investasi justru gagal karena salah perhitungan dan strategi. Bagi pemula, sebaiknya pilih jenis investasi dengan risiko rendah seperti deposito, reksadana, atau emas.

Siapkan Pos Dana Khusus

Tiap jenis investasi tentu memiliki risiko tersendiri. Demi terhindar dari kerugian, sebaiknya siapkan dana khusus investasi (uang dingin) yang tidak mengganggu pos tabunganmu.

Aturan utama, jangan pernah gunakan seluruh uang yang dimiliki untuk investasi! Tetap siapkan dana darurat yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan jika investasi yang dijalankan tidak berhasil.

Konsisten Berinvestasi

Selain teliti, sikap konsisten juga membuat investasi jadi lebih menguntungkan. Agar membawa hasil yang diinginkan, Sobat KH bisa rutin berinvestasi tiap bulan sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Modal yang ditambahkan secara konsisten dapat menghasilkan timbal balik investasi yang lebih besar.

Pentingnya Surat Perjanjian Untuk Kegiatan Investasi

Selain untuk kebutuhan bisnis, surat perjanjian juga harus dibuat dalam kegiatan investasi, termasuk jika ada investor yang ingin menanamkan modal pada suatu bisnis.

Dimana surat perjanjian ini menjadi dokumen legal antara investor dan penerima investasi ketika memberikan modal dengan tujuan untuk mendapatkan return atau keuntungan.

Dalam perjanjian, harus mencantumkan berbagai detail terkait investasi yang diberikan. Mulai dari jumlah, skema, peran investor, hingga bagaimana bisnis memberikan timbal balik kepada investor tersebut.

Surat perjanjian sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni:

Surat Perjanjian Investasi dalam Bentuk Bagi Hasil

Investasi dalam bentuk bagi hasil umumnya digunakan oleh pengusaha yang ingin menjalankan bisnis bersama dengan rekan-rekannya. Misalnya saja Sobat KH ingin membuka restoran dengan melibatkan rekanmu sebagai investor melalui sistem bagi hasil.

Surat Perjanjian Investasi Usaha

Perjanjian investasi usaha biasanya dilakukan oleh sebuah entitas bisnis (sebagai penerima investasi) dengan entitas atau individu lain yang berperan sebagai investor. Perjanjian ini berisi tentang hak dan kewajiban, jangka waktu, pengaturan risiko kerugian, dan sebagainya.

Surat Perjanjian Investasi Syariah

Jenis surat perjanjian satu ini sebenarnya sama saja dengan perjanjian investasi usaha. Namun, dalam klausul digunakan istilah yang berhubungan dengan keuangan syariah dan tidak boleh melanggar hukum Islam.

Surat perjanjian investasi dibuat dengan berbagai alasan. Terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan membuat surat perjanjian ini, yaitu:

  1. Menjaga hak dan posisi investor sebagai pemegang saham/penanam modal
  2. Menghindarkan dari kecurangan salah satu pihak
  3. Menjaga hak pihak yang melakukan pengelolaan terhadap dana/aset investasi
  4. Memberikan legalitas dan nilai hukum pada perjanjian yang dilakukan

Kontak KH

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa jenis investasi terbaik yang bisa Sobat KH pilih dengan tepat agar tujuan finansial-mu tercapai dan terhindar dari penipuan.

Terutama bagi pemula, jangan mudah tergoda ajakan investasi tanpa mengetahui prosedurnya dengan jelas. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat surat perjanjian investasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Terlebih, pembuatan surat perjanjian investasi kini sudah semakin mudah berkat adanya Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan pendirian surat perjanjian investasi dengan biaya mulai dari Rp2 jutaan dan layanan 24 jam selesai 100 persen online tanpa tatap muka!

Yuk, permudah kegiatan investasi-mu dengan lebih aman dan menguntungkan bersama layanan pembuatan surat perjanjian di Kontrak Hukum! Untuk informasi pemesanan, silakan kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan terkait bisnis dan kebutuhan legalitas lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan dengan kami di Tanya KH ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.