Skip to main content

Banyak orang beranggapan, bisnis modal kecil tidak bisa mendatangkan keuntungan besar, padahal hal ini tidak selamanya benar.

Kini, bisnis modal kecil pun dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini pula yang menjadikan bisnis modal kecil menjadi tren usaha yang cocok bagi pemula atau pebisnis rumahan.

Kesuksesan bisnis modal kecil yang menguntungkan ini telah dibuktikan sendiri oleh pengusaha terkenal bidang pangan dan peternakan, Bob Sadino. Sebagai mantan buruh bangunan, pengusaha sukses satu ini mengawali usahanya dari nol dengan modal minim hingga memiliki jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

Ada pula Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran, Jawa Barat bermodalkan uang Rp750 ribu.

Ya, berkaca dari kisah di atas, bagi Sobat KH yang baru ingin merintis bisnis atau memulai bisnis sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal terbatas. Dengan strategi yang tepat, terdapat banyak peluang bisnis di luar sana yang bisa Sobat KH jadikan ide bisnis dengan modal kecil.

7 Ide Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Penasaran, ide bisnis modal kecil apa yang cocok bagi pemula dan dapat menghasilkan keuntungan besar? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

  1. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Ide bisnis modal kecil yang pertama adalah bisnis camilan atau makanan ringan. Bisnis ini tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar hingga pekerja, banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Tak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang, dan ubi pun banyak diminati. Seperti misalnya, Sobat KH dapat menjual keripik singkong beraneka sebagai pilihan ide bisnis modal kecil yang menguntungkan.

Sebagai contoh, untuk membuat 200 bungkus keripik Sobat KH cukup membutuhkan 8-10 kg singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Jika Sobat KH adalah pelajar atau pekerja, kamu bisa mulai menjajakan dagangan ini kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

  1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship bukan lagi bisnis modal kecil, melainkan bisnis tanpa modal. Sebab, siapa pun bisa menjalaninya, bahkan tanpa modal sepeser pun. Selain itu, Sobat KH juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk.

Cukup sederhana, Sobat KH hanya perlu memasarkan produk dari penjual melalui media sosial atau marketplace. Jika ada pembeli, kamu dapat meneruskan pesanan serta pembayaran dari pembeli ke penjual.

Namun, meski tampak mudah, bisnis ini tak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper Sobat KH harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Sebab, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasimu juga.

  1. Bisnis Angkringan

Angkringan merupakan bisnis yang identik dengan gerobak sederhana lesehan beratapkan terpal. Biasanya, angkringan berada di pinggiran kota, sekitar kampus atau sekolah, bahkan di area alun-alun. Jam operasionalnya berlangsung mulai sore hingga dini hari.

Jenis makanan yang dijual di angkringan tergolong sederhana, seperti nasi bungkus ukuran kecil (nasi kucing), aneka gorengan, dan lainnya. Karena harga makanan dan minuman di angkringan tergolong murah, tempat ini relatif banyak peminatnya.

Jika Sobat KH tertarik membuka bisnis angkringan, cukup menyiapkan modal sekitar Rp4-5 juta. Dengan modal tersebut, break even point (BEP) dapat dicapai dalam waktu 30 hari saja.

  1. Bisnis Minuman Boba

Sobat KH mungkin sudah sering melihat bahwa saat ini bisnis minuman bubble atau boba semakin menjamur di masyarakat, dari mulai yang dibuat oleh brand terkenal sampai ke rumahan.

Bagi Sobat KH yang hanya memiliki modal kecil dan ingin berbisnis minuman kekinian ini, mungkin kamu bisa coba untuk bekerja sama dengan pihak lain yang sudah memiliki franchise dan namanya sudah lumayan terkenal di masyarakat.

Biasanya, kemitraan atau franchise seperti ini tidak memerlukan modal besar, cukup Rp10 juta rupiah saja Sobat KH sudah bisa memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan untuk bisnis minuman boba.

Anggaplah Sobat KH menjual minuman ini seharga Rp8 ribu dan tiap harinya terjual 20 gelas. Artinya, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp5 jutaan. Dengan begitu, hanya dalam waktu dua bulan modal kamu sudah kembali, sisanya tinggal menikmati keuntungannya.

  1. Bisnis Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong seringkali dianggap membutuhkan modal besar. Padahal, Sobat KH dapat memulai bisnis ini dengan modal kurang dari Rp10 juta. Modal ini bisa digunakan untuk menyewa tempat (jika belum memiliki), membeli peralatan, serta menyetok barang dagangan.

Ragam barang dagangan yang dijual biasanya meliputi alat rumah tangga, perkakas dapur, perlengkapan mandi, dan bahan makanan pokok. Sobat KH juga bisa menjual produk digital untuk menambah penghasilan toko kelontong, misalnya pulsa dan paket internet.

Prediksinya, keuntungan keseluruhan yang diperoleh dari toko kelontong yakni dua kali lipat dari modal awal. Jadi semisal kamu mengeluarkan modal awal Rp7 juta, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp14-15 juta.

  1. Bisnis Laundry Rumahan

Apakah Sobat KH tinggal di kota besar atau dekat dengan kampus? Biasanya masyarakat di kota besar, pekerja, dan mahasiswa yang merantau tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Mereka sering kali menggunakan jasa laundry di sekitar tempat tinggalnya.

Karena itulah, membuka bisnis laundry memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan besar. Modal awal untuk membuka bisnis ini juga hanya Rp10 jutaan dengan proyeksi keuntungan sekitar Rp3 jutaan per bulan. Namun, keuntungan ini bisa diperoleh jika mempromosikan produk secara optimal.

Bentuk promosinya dapat berupa potongan harga 50% untuk pelanggan yang memasukkan pakaian saat grand opening. Sobat KH juga bisa memberikan diskon kepada 10 pelanggan pertama setelah grand opening.

  1. Bisnis Cuci Sepatu

Selain laundry rumahan, jasa cuci sepatu juga bisa menjadi pilihan ide bisnis modal kecil yang cocok bagi pemula dan menguntungkan. Mengingat tren yang ada saat ini, sepatu atau sneakers memang banyak diminati oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ini berarti ada peluang bagi Sobat KH untuk membuka bisnis cuci sepatu, karena walaupun terlihat remeh, sebenarnya jasa cuci sepatu ini lumayan penting bagi mereka para pecinta sepatu.

Terlebih, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini juga tidak besar. Sobat KH hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli beberapa peralatan pencucian yang harganya relatif murah.

Misalnya, Sobat KH mengeluarkan modal sebesar Rp1 juta. Kemudian kamu menawarkan tarif cuci per pasang sepatunya sebesar Rp50 ribu, berarti kamu hanya perlu 20 pasang sepatu untuk mengembalikan modalmu.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa tidak semua bisnis memerlukan modal besar. Ada juga bisnis modal kecil yang bisa dicoba oleh para pemula dan keuntungan yang dihasilkan juga menjanjikan. Jadi, apakah Sobat KH sudah menentukan ide bisnis modal kecil mana yang akan dicoba?

Jika tertarik untuk mencoba salah satu ide bisnis modal kecil di atas, kuncinya Sobat KH perlu tekad yang kuat dengan perencanaan bisnis yang matang. Selain itu, mengingat semua bisnis memiliki pesaing dan pasarnya masing-masing, maka Sobat KH juga harus tetap berinovasi agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang di masa depan.

Legalitas Penting yang Dibutuhkan untuk Bisnis

Untuk membantu kelancaran dan perkembangan bisnismu, Sobat KH perlu mengurus legalitas dalam berbisnis seperti pendaftaran merek dagang dan pendirian badan usaha. Maksudnya gimana?

Ya, seperti yang kita ketahui, setiap bisnis pasti membutuhkan merek dagang. Merek dapat menjadi identitas bagi produk ataupun bisnis yang kamu miliki, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencarinya.

Selain itu, keberadaan merek juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek. Namun, merek bukan hanya sekadar dimiliki namun juga perlu didaftarkan secara resmi ke DJKI Kemenkumham.

Pendaftaran merek ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan serta pencurian dan plagiarisme dari kompetitor. Untuk mengurus pendaftaran merek dagang, kamu bisa serahkan pada Kontrak Hukum dengan mengunjungi laman https://kontrakhukum.com/services/pendaftaran-merek.

Nah, kalau bisnismu sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendirian badan usaha PT. Dengan begitu, maka bisnismu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Jika tidak, bisa saja akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Tenang saja, Sobat KH juga dapat serahkan urusan pendirian badan usaha kepada Kontrak Hukum.

Kami menyediakan layanan pendirian PT tercepat dengan harga terjangkau, mencakup dokumen legalitas yang dibutuhkan untuk bisnis seperti NPWP dan NIB. Untuk informasi selengkapnya, segera kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar ide bisnis modal kecil dan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa konsultasikan dengan kami via whatsapp atau telp di 0821-1212-5767 ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.