Skip to main content

Bisnis kuliner selalu diwarnai dengan inovasi dan kreasi dari para pelakunya. Contohnya pada bisnis makanan ringan, khususnya keripik unik untuk usaha kecil. Keunikan ini bisa dari bahan baku, pengemasan, bahkan cara pemasarannya. Yang jelas, keripik unik ini merupakan ceruk bisnis yang berpotensi besar.

Keripik unik juga kini menjadi salah satu bisnis UMKM yang populer di marketplace Indonesia. Menurut survei yang dilakukan marketplace telunjuk.com melalui compas.co.id dengan mengumpulkan data pegiat keripik di tiga e-commerce besar Indonesia (Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak) dengan periode Juni-Agustus 2020, 89,65% pegiat bisnis keripik online di marketplace berasal dari pelaku UMKM.

Selain itu, bisnis keripik di e-commerce memiliki pasar yang terbilang besar, mencapai angka rata-rata 33,37%. Hal ini bisa dikaitkan dengan kebiasan masyarakat Indonesia yang sering mengkonsumsi camilan dan perilaku konsumtif. Jadi tak heran jika penjualan makanan ringan termasuk keripik unik terus meningkat.

Nah, bagi Sobat KH yang juga ingin mencoba peruntungan dengan berbisnis makanan ringan, mungkin bisa mempertimbangkan salah satu ide bisnis keripik unik untuk usaha berikut ini:

Keripik Kaca atau Keripik Beling

Ide bisnis keripik unik yang pertama adalah keripik kaca atau keripik beling. Ya, siapa yang tak tahu cemilan fenomenal ini. Semenjak trending dan viral di media sosial, semakin banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berjualan keripik unik ini.

Dari namanya saja, sudah terlihat kalau keripik ini pasti unik. Keripik kaca memiliki bentuk yang tipis seperti kaca atau beling dengan bumbu yang gurih. Ternyata, bahan bakunya juga sangat sederhana, lho! Yaitu tepung maizena yang diberi campuran bumbu pedas serta air.

Dari bahan baku yang sederhana ini, siapa sangka keripik kaca dipasarkan dengan cara yang unik, bisa menimbulkan rasa penasaran dan banyak peminatnya. Nah, bagi pebisnis pemula, keripik ini sangat cocok untuk dicoba karena pembuatannya mudah, modalnya murah, serta harga jualnya yang ekonomis.

Keripik Bayam

Bayam dikenal tinggi iron dan baik untuk pembentukan Hb dalam darah. Selain sehat dan biasa diolah sebagai masakan rumahan, ternyata lembaran daun baya, juga bisa diolah menjadi keripik yang bentuknya mirip dengan rempeyek.

Cara pengolahannya yang mudah juga bisa membuat siapa saja pasti bisa membuatnya. Agar keripik bayam tampil lebih cantik, usahakan memilih bayam yang berdaun lebar. Selain lebih apik terlihat, bayam berdaun lebar juga lebih mudah dijadikan keripik karena tidak cepat hancur. Perhatikan juga masalah pengemasan. Usahakan untuk bisa mengakomodir agar keripik tidak melempem dan berikan desain yang menarik.

Jengkol Kriuk

Dikenal sebagai buah dengan aroma yang sangat tajam, jengkol ternyata justru digemari mayoritas masyarakat Indonesia. Umumnya diolah menjadi semur atau balado, jengkol ternyata bisa tampil unik sebagai keripik.

Untuk membuatnya lebih mantap lagi, beri tambahan bumbu pedas dengan rempah-rempah nusantara. Supaya keripik jengkol unik ini bisa disukai masyarakat, maka hendaknya melakukan promosi yang tepat, bisa menggunakan media sosial atau tampil sebagai UMKM daerah.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menggunakan rempah-rempah berkualitas agar aroma jengkol bisa dihilangkan. Jika Sobat KH menggeluti bisnis ini dengan serius, keripik jengkol bisa menjadi oleh-oleh wisata daerah mu, lho!

Keripik Buah Naga

Bahan unik lainnya yang bisa dipakai untuk membuat keripik adalah buah naga. Ya, siapa sangka kalau buah naga selain dimakan segar ternyata juga dapat diolah menjadi camilan keripik unik untuk bisnis yang lezat?

Buah naga masih termasuk buah yang jarang dibuat menjadi keripik, sehingga potensi pasar keripik buah naga masih sangat besar. Selain pasar dan peminatnya yang banyak, modal usaha untuk bisnis ini juga relatif kecil. Cukup dengan modal awal kurang dari Rp5 juta pun sudah bisa memulai bisnis keripik buah naga. Dengan berbagai keunggulannya, bisnis keripik buah naga pun bisa menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Keripik Kelapa

Mungkin Sobat KH belum pernah mendengar yang namanya keripik kelapa, namun keripik ini mulai dikenal di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, daging kelapa tua memang biasanya diparut untuk dijadikan campuran masakan atau diambil air santannya.

Keripik unik dari kelapa ini ternyata sangat digemari di Eropa lho, terutama di Swiss! Nah, bagi Sobat KH yang menggeluti bidang bisnis ini mungkin bisa mengekspor keripik kelapa kalau mau mendapatkan omset hingga puluhan juta rupiah perbulannya.

Keripik dari Bonggol Pisang

Keripik dari daging buah pisang sudah biasa, namun pernahkah terpikirkan oleh Sobat KH untuk membuat keripik dari bonggol pisang? Bahan baku yang satu ini sangat unik dan memerlukan pengolahan yang tepat.

Untuk bisa menghasilkan keripik bonggol pisang yang lezat, ada tahapan pengolahan yang harus dilewati. Pertama, mengupas bonggol pisang lalu merendamnya semalaman menggunakan air kapur sirih. Tujuannya adalah agar getah bisa hilang sehingga rasanya tidak pahit.

Keesokannya, setelah melewati proses perendaman, iris tipis bonggol pisang lalu beri campuran bumbu-bumbu. Lumuri dengan tepung lalu goreng dan tiriskan hingga tak ada sisa minyak. Biasanya keripik ini jadi oleh-oleh khas di daerah Jawa Tengah seperti Solo dan Jogja.

Keripik Brownies

Keripik tak harus gurih, lho. Ide keripik manis nyatanya juga disukai apalagi jika dibuat dari sesuatu yang unik, salah satunya kue brownies. Untuk membuatnya, Sobat KH bisa mencetak brownies dengan sangat tipis kemudian mengemasnya dalam kemasan yang menarik.

Selain pengemasan, kreasi pada rasa atau resep juga sangat disarankan agar keripik brownies bisa tampil lebih unik. Tentu saja tidak ketinggalan bagaimana keripik brownies ini dipromosikan di media sosial.

Demikianlah 7 jenis keripik unik untuk usaha yang banyak peminatnya dan wajib kamu coba. Sebenarnya, keunikan dari keripik itu sendiri kembali lagi ke kreativitas kita sebagai pelaku usaha. Bisa saja kita membuat keripik yang sama dengan yang telah ada namun mengganti pengemasan dan namanya menjadi unik.

Contohnya mungkin Sobat KH bisa membuat keripik bitcoin, keripik android, atau mungkin keripik julid, ditambah dengan cita rasa yang bikin ketagihan serta kemasan yang menarik untuk dikoleksi.

Kontak KH

Kalau Sobat KH sudah mantap untuk berbisnis keripik unik, kini kamu harus memikirkan legalitas dan badan usaha yang akan kamu jalani. Bagaimanapun, hal tersebut adalah langkah strategis agar bisnismu mengalami kemajuan dan perkembangan yang signifikan.

Pendirian badan usaha juga perlu dilakukan agar bisnis keripik unik yang Sobat KH jalankan mendapatkan perlindungan hukum yang jelas sehingga meminimalisir kerugian yang mungkin saja didapatinya di kemudian hari.

Sebaliknya, pelaku usaha yang tidak memikirkan bisnisnya dalam bentuk badan usaha dapat mengalami berbagai macam kerugian, diantaranya adanya anggapan bahwa bisnis yang dijalankan bersifat ilegal. Ini dikarenakan tidak adanya izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan.

Untuk mendirikan badan usaha, Sobat KH tak perlu repot-repot karena kamu bisa mengurusnya bersama Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform hukum digital pintar pertama di Indonesia yang menyediakan layanan hukum terpercaya, terjangkau, dan cepat, salah satunya adalah pendirian badan usaha.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendirian badan usaha yang dapat mendukung kelancaran bisnis keripik unik-mu, Sobat KH bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/memulai-usaha/

Atau masih ada pertanyaan lainnya seputar bisnis? Segera konsultasikan bersama Kontrak Hukum dengan hubungi kami via link berikut Tanya KH, ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Dengan KH, semua jadi beres!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.