Skip to main content

Kenapa UMKM Perlu Memiliki IUMK?

Disahkannya UU Cipta Kerja membawa angin segar terutama bagi pelaku usaha UMKM. Pasalnya melalui undang-undang ini, pemerintah memberikan banyak kemudahan bagi pelaku usaha UMKM, seperti fasilitas pembiayaan dan insentif fiskal, dana alokasi khusus, serta bantuan dan pendampingan hukum.

Namun, untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan tersebut pelaku usaha harus memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) terlebih dahulu.

Apa Itu IUMK?

Sederhananya, Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) adalah tanda legalitas berbentuk izin usaha yang diberikan kepada pelaku usaha berskala mikro dan kecil.

Nah untuk memperoleh IUMK maka pelaku usaha harus menyiapkan dokumen berikut :

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga.
  3. Surat pengantar dari RT atau RW tempat lokasi usaha berada.
  4. Formulir IUMK yang telah diisi lengkap.
  5. Pas Foto berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  6. Apabila persyaratan diatas sudah lengkap, pelaku usaha dapat mengajukan permohonan IUMK secara offline maupun online.

Bagi Sobat KH yang tidak ingin repot membuat IUMK dapat menggunakan jasa pembuatan ijin usaha di Kontrak Hukum. Kontrak Hukum menjamin Sobat KH akan mendapatkan legalitas usaha tanpa kendala. Data serta informasi Sobat KH juga terjamin aman dan terlindungi.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang saat ini sudah atau baru berencana menjadi pelaku usaha UMKM dan belum memiliki IUMK, segera urus IUMK kalian ya agar Sobat KH dapat menikmati kemudahan dan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk UMKM.

BACA JUGA: Gampang Banget! Begini Cara Daftar IUMK dan NIB Online Lewat OSS

Apabila sobat KH memiliki pertanyaan mengenai legalitas UMKM di Indonesia atau masalah hukum lain, jangan ragu untuk hubungi Kontrak Hukum ya!

Tunggu apalagi? Segera kunjungi laman Layanan KH – IUMK. Jika masih memiliki pertanyaan, kamu juga bisa konsultasikan gratis di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.