Skip to main content

Butuh pemasukan tambahan untuk modal mudik atau merayakan idul fitri di kampung halaman bersama keluarga? Mungkin Sobat KH bisa coba berbagai ide usaha sampingan di bulan Ramadhan 2024 ini.  

Ya, usaha sampingan ini bisa dijalankan oleh siapapun, baik yang berprofesi sebagai karyawan, berkuliah, atau menjalankan kegiatan lainnya. Kamu bisa coba beragam peluang usaha jualan hingga jasa yang banyak dibutuhkan umat Muslim saat Ramadhan 2024.

Nah, apa saja ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan saat Ramadhan 2024 untuk menambah pundi-pundi tabungan dan modal mudik? Berikut rekomendasinya.

Ide Usaha Sampingan Saat Ramadhan 2024

Memasuki bulan Ramadhan 2024, ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Hal ini mengingat, pada saat bulan Ramadhan akan ada banyak kesempatan berbisnis, mulai dari makanan, fashion, dan lainnya yang bisa kamu pilih. Tak hanya itu, sebagian besar ide bisnis kreatif juga tak membutuhkan banyak modal.

Disini, Sobat KH akan menemukan beragam ide usaha menarik yang bisa kamu coba. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Jualan Takjil Buka Puasa

Kalau yang satu ini pastinya tak akan terlewatkan, siapa yang tidak tergoda dengan aneka takjil lezat saat Ramadhan?

Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan berjualan takjil. Pilihannya beragam, mulai dari gorengan, kolak pisang, es campur, hingga jajanan tradisional. Modalnya bisa disesuaikan dengan yang kamu miliki, lalu mulailah dengan jualan dalam skala kecil atau berdasar pesanan.

Usaha Katering

Banyak orang terutama karyawan dan mahasiswa rantauan yang tidak sempat memasak saat Ramadan, baik untuk sahur maupun berbuka.

Ini adalah peluang emas bagimu untuk membuka usaha katering. Kamu bisa menawarkan menu spesial Ramadhan dengan harga yang kompetitif. Buat pilihan paket katering menarik dengan harga terjangkau sesuai target market.

BACA JUGA: Catat! Ini Syarat dan Prosedur Mengurus Izin Usaha Katering

Jualan Kurma

Hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa 53 persen responden mengatakan bahwa kurma menjadi salah satu kudapan yang paling banyak diminati untuk berbuka puasa.

Oleh karena itu, apabila kamu menjual kurma saat bulan Ramadhan, maka ada peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Namun, jangan lupa untuk memastikan kualitas kurma yang dijual, ya. Selain memperhatikan dari sisi supplier, lihat juga tanggal kadaluarsa kurma, karena buah ini hanya bisa bertahan selama 3-6 bulan jika disimpan dalam suhu ruang.

Jualan Perlengkapan Ibadah

Disamping berpuasa, tentu umat Muslim juga menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Tidak hanya salat wajib, tapi juga solat tarawih bersama di masjid hingga salat Ied nanti saat Lebaran.

Dalam hal ini biasanya orang-orang akan membutuhkan perlengkapan ibadah seperti tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain-lainnya. Kamu bisa jadi dropshiper yang mempromosikan produk tanpa perlu membelinya lebih dulu dari produsen.

Usaha Hijab dan Aksesorisnya

Masih berkaitan dengan fashion, hijab beserta aksesorisnya juga menjadi salah satu ide usaha sampingan yang bisa kamu coba di bulan Ramadhan 2024.

Kamu bisa menjual beragam jenis hijab, mulai dari model segi empat, pashmina, hingga hijab bergo. Adapun beberapa item aksesoris yang paling laris untuk dijual antara lain ciput, scrunchies, serta item perhiasan seperti kalung, gelang, dan bros.

Jualan Bahan Pokok Online

Selain beberapa ide usaha di atas, tidak ketinggalan kamu juga bisa coba usaha berjualan bahan-bahan pokok. Meskipun hal ini lebih identik dengan toko kelontong, tapi seiring berkembangnya teknologi kamu bisa memanfaatkan berjualan secara online.

Menjadi lebih potensial untuk mengembangkan bisnis sembako toko online bila sudah bekerja sama dengan grosir atau distributor berkualitas. Jangan lupa juga untuk memperhatikan pengemasan dan jenis produk untuk menyesuaikan proses pengirimannya. Tujuannya agar produk yang dijual bisa memiliki kualitas terbaik ketika sampai di pembeli.

Jasa Membuat Konten Ramadhan

Bagi Sobat KH yang memiliki kemampuan mendesain atau membuat konten menarik selama bulan Ramadhan, mungkin perlu mencoba ide usaha sampingan satu ini.

Peluang usaha satu ini semakin terbuka lebar karena akan ada banyak orang hingga perusahaan yang membutuhkan konten untuk bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran. Gunakanlah kesempatan ini untuk mempromosikan kelebihanmu dan meraih cuan.

Tips Menjalankan Ide Usaha Sampingan Ramadhan 2024

Setelah menentukan ide usaha apa yang akan dicoba, kini saatnya Sobat KH menyiapkan sejumlah strategi agar usaha yang dijalankan bisa efektif dan menguntungkan.

Ya, meskipun usaha masih kecil-kecilan, namun segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang. Jangan sampai niatnya mencari untung, malah jadi ‘buntung’ karena kurang mempersiapkan strateginya dengan baik.

Adapun strategi bisnis yang diperlukan mencakup modal, target pasar, hingga inovasi produk. Tidak hanya itu, Sobat KH juga bisa memaksimalkan strategi bisnis promosi online, seperti melalui media sosial, website, hingga e-commerce.

Oh ya, jangan lupa juga untuk penuhi legalitas usahamu, seperti pendaftaran merek dagang dan logo bisnis ke DJKI Kemenkumham. Ya, tanpa didaftarkan secara resmi, bisa saja merek dagang dan logo bisnis akan diplagiasi atau disalahgunakan oleh kompetitor.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Tidak hanya itu, jika usaha sudah mulai berkembang, tak ada salahnya juga untuk mendirikan badan usaha PT. Karena jika tidak, bisa saja bisnis dianggap ilegal karena tidak memiliki badan usaha yang resmi dan terlindungi secara hukum.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang saat ini tengah berencana untuk memulai usaha di bulan Ramadhan 2024, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses atau langkah yang harus dilakukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai legalitas dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman layanan KH-memulai usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.