Skip to main content

Prediksi akan terjadinya resesi ekonomi di tahun 2023 sudah disampaikan oleh banyak ahli. Bukan hanya di negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Eropa, Indonesia juga bisa terdampak resesi ekonomi.

Resesi ekonomi sendiri merupakan kondisi dimana suatu negara mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, yang ditandai dengan gelombang PHK, meningkatnya angka pengangguran, dan sulitnya mencari lapangan kerja. Tak hanya itu, resesi ekonomi juga dapat menurunkan daya beli masyarakat.

Resesi ekonomi jelas menjadi mimpi buruk bagi semua negara, termasuk Indonesia. Ya, meskipun saat ini kondisi ekonomi Indonesia perlahan mulai membaik pasca pandemi Covid-19, namun kita masih harus bersiap untuk segala krisis atau resesi ekonomi yang akan terjadi kedepannya.

Berbicara mengenai resesi, tentu saja hal ini juga akan sangat berdampak bagi masyarakat yang memiliki bisnis, terutama UMKM. Namun, sobat KH tak perlu khawatir! Tahun resesi bukan berarti menyurutkan semangat untuk memulai bisnis. Hanya saja perlu penyesuaian tentang ide bisnis apa yang ingin dijalankan.

Sebab, masih ada lho beberapa ide bisnis yang bisa bertahan di masa resesi ekonomi dan cuan yang dihasilkan pun tak kalah menjanjikan! Penasaran kan apa saja ide bisnis yang tahan banting kena resesi dan tetap hasilkan cuan? Yuk simak informasinya di bawah ini ya:

Bisnis Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan utama yang bakal tetap eksis tak peduli kondisi ekonomi. Bisnis ini dianggap sebagai salah satu sektor usaha yang bisa bertahan ketika terjadi krisis, karena masyarakat pasti akan tetap membutuhkan bahan pokok seperti makanan dan minuman untuk bertahan hidup.

Modalnya juga relatif kecil, Sobat KH juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk bisnis ini. Margin laba yang bisa didapatkan juga memiliki potensi yang besar, dengan perputaran arus kas yang cepat.

Sobat KH bisa menjual bahan-bahan pokok sembako seperti beras, telur, gula, minyak goreng, atau bahkan perlengkapan kebersihan seperti sabun dan lainnya sebagai contoh bahan pokok yang bisa kamu jual.

Meskipun dikenal sebagai usaha yang tradisional, Sobat KH juga tetap harus beradaptasi dan berinovasi, misalnya seperti memanfaatkan platform pesan antar online seperti Grab Mart dan Go Mart, atau menyediakan layanan pesan antar sendiri.

Bisnis Jasa atau Produk Kesehatan

Setelah adanya pandemi Covid-19, permintaan pasar terhadap produk kesehatan sangatlah tinggi. Apalagi saat ini, budaya new normal mengharuskan masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan membawa produk kesehatan lainnya tiap kali bepergian keluar rumah.

Terkadang banyak konsumen yang masih kesulitan untuk mendapatkan produk kesehatan, sehingga bisnis di bidang kesehatan, seperti penjualan masker, disinfectant, face shield, hand sanitizer, vitamin, dan obat-obatan lainnya akan sangat dibutuhkan masyarakat dan memiliki peluang bisnis yang besar.

Selain itu, terdapat pula institusi klinis dan karir medis sebagai salah satu sektor yang tetap tidak terpengaruh selama resesi ekonomi. Karena seseorang yang jatuh sakit tentu tetap membutuhkan pertolongan medis meski di tengah resesi. Inilah sebabnya mengapa industri produk dan jasa kesehatan dapat dikatakan bisnis yang tahan terhadap resesi.

Menjadi Dropship atau Reseller

Berbelanja online tetap akan menjadi kegiatan favorit di tahun 2023. Tren ini sekaligus membuka peluang bisnis baru. Jika Sobat KH ingin berbisnis namun memiliki keterbatasan modal, mungkin menjadi dropship atau reseller bisa menjadi ide bisnis yang tepat.

Cara kerja dropship atau reseller juga terbilang mudah, hanya dengan memanfaatkan ponsel yang kamu miliki, Sobat KH bisa memasarkan barang atau produk yang dipasok oleh supplier.

Jika ada pembeli, barang tersebut akan dikirim oleh supplier sehingga model bisnis ini nyaris tanpa modal. Bisnis ini cocok dijalani oleh ibu rumah tangga ataupun mahasiswa/pelajar dengan kantong pas-pasan karena tak perlu menyetok barang yang akan dijual dan bisa dikerjakan dari rumah saja.

Bisnis Affiliate

Sobat KH tentu sudah tidak asing lagi bukan, dengan Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, atau Tiktok Affiliate? Yap, Sobat KH bisa memperoleh cuan dengan ide bisnis yang satu ini.

Bisnis affiliate adalah sistem penjualan produk secara online dimana seorang afiliator mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi.

Bermodalkan ponsel dan kreativitas mengedit konten, Sobat KH bisa mengajak orang lain untuk berbelanja lewat link yang kamu bagikan. Dengan begitu, kamu bisa mendapat cuan yang besar!

Bisnis Jasa di Bidang Creative Digital

Ya, meskipun ada PHK yang terjadi saat resesi ekonomi, namun permintaan akan tenaga kerja akan tetap ada. Dibandingkan pekerja penuh waktu, perusahaan lebih sering mempekerjakan pekerja lepas atau freelancer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Nah, jika Sobat KH memiliki minat di bidang kreatif,  ide bisnis yang satu ini mungkin bisa kamu coba. Bidang satu ini bisa dibilang tak akan terdampak oleh krisis, karena bisnis apapun pasti akan tetap membutuhkan jasa di bidang creative digital.

Sobat KH bisa menawarkan jasa seperti ilustrasi, desain grafis, UI/UX designer, konten media sosial, foto atau video editor, hingga penulis artikel. Selama memiliki laptop dan keahlian yang mumpuni, Sobat KH bisa menawarkan jasa tersebut dari mana saja dan kapan saja.

Itulah 5 ide bisnis yang bisa jadi ladang cuan apabila resesi ekonomi terjadi pada 2023 nanti. Semoga bisa menginspirasi Sobat KH yang ingin memulai bisnis, ya! Tentunya, untuk bisa mengatasi krisis apapun, Sobat KH tetap harus memiliki kemampuan untuk cepat beradaptasi dan berinovasi, apapun jenis bisnis yang kamu miliki.

Setelah menentukan ide bisnis yang akan dijalani, Sobat KH juga jangan lupa untuk segera mendaftarkan merek dagang, ya! Setelah itu, sekalian juga buat Nomor Induk Berusaha (NIB) agar bisnismu bisa naik level. Karena dengan memiliki NIB, Sobat KH sebagai pebisnis berarti terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan sehingga lebih mudah mendapatkan pendanaan modal usaha dari pemerintah.

Kontak KH

Masih ada pertanyaan seputar bisnis? Atau bisnismu membutuhkan layanan legalitas seperti pendaftaran merek, NIB, pajak, atau masalah keuangan? Segera konsultasikan dengan Kontrak Hukum!

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis mulai dari pendaftaran merek, akunting, pajak, dan layanan legalitas lainnya, Sobat KH bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/digital-assistant/ atau hubungi kami via link berikut Tanya KH.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.