Skip to main content

Industri hiburan Indonesia semakin gemerlap. Jika dahulu artis dan influencer banyak mengisi sisi bisnis brand lain, kini mereka memanfaatkan momen untuk membangun bisnisnya sendiri.

Ya, mendapat massa dan penggemar banyak membuat para artis dan influencer tertarik terjun ke dunia bisnis. Mereka menganggap bisnis sebagai investasi yang dimiliki, sekaligus pekerjaan sampingan dan penghasilan cadangan pribadi.

Nah, penasaran kan, siapa saja influencer Indonesia yang sukses dengan bisnisnya? Dan kira-kira, apa saja rahasia dan tips yang mereka lakukan terlepas dari ketenaran dan besarnya jumlah pengikut yang telah mereka miliki? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Influencer?

Sebelum membahas lebih lanjut, Sobat KH harus terlebih dahulu memahami apa itu influencer dan mengapa seseorang bisa disebut sebagai influencer.

Secara sederhana, influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh terhadap masyarakat atau yang memberikan pengaruh baik terhadap banyak orang. Kategori influencer sendiri bisa merupakan blogger, youtuber, selebriti, atau sosok public figure yang bisa ditiru oleh banyak orang.

Pada umumnya, seseorang bisa disebut sebagai influencer jika sudah memiliki banyak pengikut di media sosial dan memiliki pengaruh yang besar terhadap audiens. Bisa dibilang, mereka juga memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap sebuah bisnis dalam hal promosi brand atau produk.

Beberapa influencer juga memiliki strategi pemasaran yang sesuai dengan target masing-masing bisnis atau produk.

Siapa Saja Influencer yang Memiliki Bisnis Sukses di Indonesia?

Bagi Sobat KH yang tertarik dengan dunia bisnis, berikut ini adalah tujuh influencer Indonesia yang bisa kamu jadikan panutan untuk bisa sukses seperti mereka:

Arief Muhammad

Bagi Sobat KH pengguna media sosial Twitter pasti nggak asing dengan akun yang bernama @poconggg. Yap, Arief Muhammad yang memulai karirnya sebagai @poconggg di Twitter kini telah meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Berbagai macam bisnis sudah pernah dicoba. Mulai dari bisnis makanan, pakaian, hingga marketplace yang terdiri dari berbagai segmentasi target pasar. Bisnis pertama yang Arief jalankan adalah Oppai Yakitori dan berhasil membuka ratusan franchise di seluruh Indonesia.

Kemudian, Arief juga memiliki sejumlah bisnis lain yang masih bertahan hingga saat ini, seperti clothing line Billionaire’s Project, kue Cakekinian, restoran rumah makan Padang Payukumbuah, Ternak Kosan, Baso Aci Akang, dan lain sebagainya.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Kesuksesan karir dan bisnis pasangan selebriti yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Mereka diketahui mempunyai sederet bisnis dalam berbagai bidang, mulai dari entertainment, kuliner, fashion, olahraga, sampai properti.

Pada awal Februari lalu, Raffi dan Nagita mengumumkan kolaborasi bersama empat lini group dan brand restoran yang ada di Indonesia, mulai dari Haraguchi Kei, Ikkudo Ichi, Warung Leko, dan The Hive Kitchen.

Selain F&B beberapa bisnis juga mereka jalankan seperti RANS Entertainment, fashion dengan label milik Nagita Slavina dan Rafathar hingga bisnis olahraga dengan mengakuisisi RANS Cilegon FC dan klub basket RANS PIK Basketball.

Lizzie Parra

Bagi Sobat KH pencinta produk kecantikan, pasti sudah tak asing lagi dengan nama Lizzie Parra. Ia merupakan pemilik brand makeup lokal bernama BLP sekaligus beauty vlogger Indonesia. Jadi, Lizzie sudah lama berkecimpung di dunia kecantikan hingga akhirnya memutuskan untuk membuat brand produknya sendiri.

Lizzie tidak hanya terkenal melalui video konten Youtube, tetapi juga ia pernah bekerja sebagai marketer di high end beauty brand sebelum akhirnya resign dan menjadi Make Up Artist (MUA). Dari pengalamannya itulah, ia memberanikan diri untuk membuat bisnis produk makeup sendiri.

Meski pada perilisan pertama sistem penjualan online BLP mengalami kendala, tetapi influencer satu ini tidak menyerah begitu saja dan mencoba untuk ambil alih dalam menangani konsumen. Kini, laman resmi blpbeauty.com sudah bisa beroperasi dengan baik dan lancar.

Rachel Vennya

Influencer Indonesia yang sukses berbisnis selanjutnya adalah Rachel Vennya. Selebgram satu ini, memang terkenal memiliki banyak bisnis yang sudah ia mulai sejak usia dan juga memiliki sumber penghasilan dari endorsement.

Pada beberapa kesempatan, Rachel juga kerap membagikan pengalaman berbisnis di akun Instagram pribadinya. Dimana bisnis pertama yang ia bangun setelah menjadi influencer adalah clothing line Ravenisodd yang menjual pakaian wanita dengan desain unik.

Selain itu, Rachel juga merambah ke bidang bisnis kuliner bernama Sate Taichan Goreng dan Lokasaji, Rumah Sedep, Ngikan!, hingga obat pelangsing Slim Beauty Product.

Tasya Farasya

Memulai karir sebagai MUA dan dan beauty vlogger, kini ia pun sudah bisa disebut sukses dengan popularitas dan bisnisnya. Setelah sukses menjadi beauty vlogger, Tasya menciptakan brand kecantikan miliknya sendiri bernama Mother of Pearl by Tasya Farasya atau MOP Beauty.

Walau terbilang baru, brand kecantikan MOP Beauty sudah memiliki banyak peminat mengingat ia sudah memiliki basis penggemar dan selalu mengedepankan kualitas dari produk-produk yang diciptakan.

Tidak hanya kecantikan, Tasya juga merambah ke bidang bisnis F&B dengan menciptakan brand minuman Golden Black Coffee. Ia menawarkan kopi namun dalam tampilan yang mewah dan kekinian, namun dengan harga yang masih ramah di kantong sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Jerome Polin

Jerome merupakan seorang Youtuber yang tengah naik daun. Dulu, ia sering membagikan kehidupan pribadinya saat menempuh pendidikan di Jepang dan membuat konten dengan tema edukasi yang asik dan seru.

Selain dikenal sebagai seorang konten kreator, pria berusia 25 tahun tersebut juga dikenal penuh prestasi dan kreatif. Tak heran, selain bertalenta di dunia digital kreatif, Jerome juga piawai dalam berbisnis.

Bersama dengan sang kakak, Jehian Sijabat, ia mendirikan bisnis minuman kekinian bernama Menantea pada 2021. Siapa sangka, bisnis tersebut telah memiliki cabang dimana-dimana hingga 141 toko di 16 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Tidak hanya minuman, Jerome juga diketahui tengah berekspansi ke bisnis makanan yakni Kumaw Ramen dan mendirikan perusahaan talent management bernama Mantappu Corp yang mengelola dan mewadahi sekumpulan talent Indonesia dan luar negeri.

Titan Tyra

Titan mengawali karir sebagai beauty and lifestyle vlogger di YouTube pada tahun 2008. Ia kerap menuangkan ide kreatifnya ke dalam berbagai macam video, mulai dari makeup, skincare, tips liburan, makanan, vlog keseharian, dan keuangan.

Dari salah satu hobinya tersebut yakni makeup, Titan melebarkan sayap ke dunia bisnis kecantikan dengan meluncurkan brand Secondate pada 2020. Selain kecantikan, ia pun merambah ke bidang bisnis kuliner bernama Tori-Yo dan fashion yang menjual lingerie bernama Bodii.

Itulah deretan influencer yang tidak hanya berhasil mendulang popularitas di dunia entertainment, namun juga memiliki sejumlah bisnis sukses di Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi dan panutan bagi Sobat KH yang juga ingin mulai berbisnis, ya!

Tips Sukses Bisnis Influencer

Nah, kini Sobat KH sudah melihat beberapa contoh influencer Indonesia yang berhasil terjun ke dunia bisnis dalam berbagai bidang. Penasaran nggak sih, kira-kira apa rahasia dan tips yang mereka terapkan agar bisa sukses berbisnis tersebut? Berikut penjelasannya:

Memiliki Rencana Bisnis yang Jelas

Seperti pada umumnya, siapapun dan bisnis apapun yang akan dijalankan, menyusun rencana bisnis adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Hal ini membuat bisnis lebih terarah.

Ya, meskipun bagi sebagian influencer bisnis yang dijalankan tersebut hanyalah sampingan, namun mereka tetap menyusun rencana dengan matang, termasuk menentukan jenis produk yang akan dijual, dan promosi yang tepat.

Cermat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis

Dari beberapa contoh influencer di atas, dapat disimpulkan bahwa mereka adalah orang yang cerdas dalam melihat kesempatan dan memanfaatkannya. Para influencer tersebut melihat ada bisnis yang sangat potensial dari hobi yang mereka sukai dan didukung oleh basis pengikut yang telah mumpuni.

Selain itu, di tengah persaingan yang ketat di antara influencer yang juga mendirikan bisnis, mereka bisa cermat dengan memulai bisnis yang sudah jelas memiliki potensi seperti F&B, clothing line, hingga industri digital entertainment.

Merek Brand dan Logo Menarik dan Mudah Diingat

Tips selanjutnya yang dapat diterapkan dari suksesnya bisnis influencer adalah mereka membuat nama brand atau merek dan desain logo yang menarik sekaligus mewakili bisnis serta produk.

Hal ini tentu saja sangat menentukan, karena merek dan logo yang mereka miliki mewakili citra bisnis dan lebih mudah diingat oleh konsumen. Namun, hal yang tak kalah pentingnya adalah para influencer tersebut mendaftarkan merek brand secara resmi ke DJKI Kemenkumham sehingga menghindari plagiasi dari kompetitor.

Gencar Promosi Via Media Sosial

Selain memanfaatkan peluang dan membuat rencana bisnis yang matang, kesuksesan bisnis para influencer di atas juga didukung oleh gencarnya promosi produk melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube.

Dengan jumlah pengikut yang sudah banyak, mereka memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan brand miliknya sendiri dengan membuat konten yang menarik dan bermanfaat.

Selain itu, para influencer juga kerap kali berinteraksi dengan para pengikutnya terkait pertanyaan seputar produk yang sekaligus membangun hubungan dengan konsumen.

Memenuhi Legalitas Bisnis

Tips sukses bisnis influencer yang terakhir adalah mereka patuh terhadap legalitas bisnis. Adapun legalitas bisnis tersebut selain pendaftaran merek adalah pendirian badan usaha PT hingga pemenuhan sertifikasi standar produk lainnya seperti izin edar BPOM dan sertifikasi halal.

Pendirian PT membuat bisnis influencer menjadi lebih terjamin legalitas, akan lebih terlindungi, sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnis.

Sementara itu, sertifikasi bertujuan untuk jaminan mutu dan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya saing dan cakupan target pasar.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang saat ini juga tertarik untuk mengikuti jejak para influencer Indonesia di atas dengan terjun ke dunia bisnis, dan membutuhkan konsultasi terkait langkah dan proses apa yang harus dilakukan, termasuk pengurusan legalitas bisnis, bisa hubungi Kontrak Hukum.

BACA JUGA: Lagi Tren, Ini Dia Manfaat Influencer Marketing Bagi Bisnis!

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing mengurus dokumen legalitas bisnis seperti pendaftaran merek dagang, pengurusan izin edar BPOM dan sertifikasi halal, serta pendirian PT karena kami menyediakan semua layanan tersebut yang bisa diakses melalui laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk konsultasikan dengan kami secara gratis di Tanya KH atau melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Dengan KH, #semuajadiberes!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis