Skip to main content

Setelah berkolaborasi dengan BTS, McDonald’s kembali menggaet bintang K-Pop. Masih berasal dari agensi yang sama dengan BTS, kali ini restoran cepat saji terkemuka tersebut menggandeng New Jeans untuk menjadi brand ambassador.

Terpilihnya New Jeans menjadi brand ambassador tentu bukan tanpa sebab. Bagaimana tidak, bintang K-Pop muda satu ini tengah naik daun dan langsung mencuri perhatian dengan lagu-lagunya yang menarik.

Melalui akun Instagram resminya, McDonald’s meluncurkan rangkaian produk baru yang menampilkan karya seni dengan gaya New Jeans, termasuk paper bag, gelas, dan bungkus makanan, yang semuanya dihiasi dengan ilustrasi kelinci 16-bit dan logo McDonald’s yang ikonik.

Kolaborasi bertajuk ‘New Jeans Chicken Dance Campaign” yang telah dirilis di Korea Selatan, Filipina, dan Thailand ini telah menimbulkan banyak antusiasme di antara para penggemarnya di Indonesia.

Meskipun kolaborasi di Indonesia saat ini masih terbatas pada desain kemasan, ada rumor bahwa item menu baru seperti McCrispy Cream Onion with Bacon, yang telah dirilis di Korea Selatan, juga akan diperkenalkan.

Lantas, apa saja keunikan dari kolaborasi McDonald’s X New Jeans yang hadir di Indonesia? Bagaimana kolaborasi ini jika dilihat dari sisi bisnis dan legalnya? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Sekilas Tentang Kolaborasi McDonald’s X New Jeans di Indonesia

Kolaborasi McDonald’s dengan New Jeans di Indonesia sendiri telah rilis sejak tanggal 12 Juli 2023 dan akan berlangsung hingga 27 Agustus 2023. Beberapa program dilakukan, yakni kemasan dan merchandise spesial, “McDonaldsxNewJeans Special Gift” dan “Chicken Dance Competition”.

New Jeans Chicken Dance Campaign membawa pesan “a whole new crispiness that makes us dance, a whole new chicken world” untuk kolaborasi tersebut. Dalam program ini, selain menjadi bintang iklan, ada pula kemasan khusus untuk pembelian menu tertentu, termasuk kategori menu yang disebut K-Meals.

Kemasan tersebut menampilkan karakter kelinci khas NewJeans yang membuatnya menjadi lebih unik. Adapun menu yang termasuk ke dalam kategori K-Meals adalah paket McSpicy berukuran besar, paket McNuggets berukuran besar, PaNas Spesial berukuran besar, dan PaNas Wings berukuran besar.

Selain itu, kolaborasi tersebut juga menyediakan post card atau stiker kepada setiap konsumen yang membeli K-Meals. Stiker dan post card tersebut memiliki desain dan bentuk yang berbeda-beda setiap minggunya selama periode kolaborasi tersebut berlangsung.

Sementara itu, selama program NewJeans Chicken Dance Campaign terdapat penawaran khusus “McDonaldsxNewJeans” yaitu hadiah khusus yang didatangkan langsung dari Korea Selatan. Hadiah tersebut akan diberikan secara gratis setiap pembelian paket bundling K-Meals dengan minimal pembelian Rp399.500.

Selain itu, kolaborasi tersebut juga menghadirkan dekorasi khusus di beberapa gerai McDonald’s Indonesia dengan hiasan pernak-pernik khas NewJeans, seperti hiasan langit-langit (hanging mobile), stiker, standee kelima anggota NewJeans: Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein.

Program lainnya dari kolaborasi tersebut adalah “Chicken Dance Competition” yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, dimana peserta perlu membuat video menirukan (cover) gerakan yang diperagakan oleh NewJeans.

Peluang Keuntungan dan Ketentuan Kerja Sama McDonald’s X NewJeans

Selain BTS, popularitas New Jeans di kancah dunia rupanya membuat McDonald’s kepincut dan memutuskan kolaborasi bisnis. Kebayang kan, hebohnya pecinta McDonald’s dan Bunnies– sebutan fandom NewJeans– atas kerja sama ini?

Berdasarkan catatan Forbes, McDonald’s merupakan salah satu raksasa gerai makanan cepat saji, sementara NewJeans merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal yang memiliki basis penggemar yang cukup besar.

Sebagai pihak yang sama-sama kuat, tentu saja diantara mereka menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Dilihat dari kolaborasi sebelumnya bersama BTS, McDonald’s disebut mengalami peningkatan penjualan sebesar 25,9 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. Ini mendongkrak omzet McDonald’s yang sempat turun akibat pandemi Covid-19. BTS pun kebagian untung dengan mengantongi bayaran Rp127,8 miliar.

Jadi kebayang dong, bagaimana keuntungan dari kolaborasi McDonald’s x NewJeans kali ini juga dapat diproyeksikan? Ya namanya kerja sama bisnis memang saling menguntungkan, sih. Kalau tidak, untuk apa kerja sama, bukan?

Nah, kehadiran kolaborasi ini juga berangkat dari adanya pemanfaatan lisensi merek NewJeans oleh McDonald’s. Sehingga McDonald’s dapat mencantumkan nama, logo, atau foto NewJeans pada kemasan produk, stiker, dan dekorasi gerai.

Perpaduan gaya artistik NewJeans dengan branding ikonik McDonald’s menciptakan pengalaman visual yang unik bagi para pelanggan. Ilustrasi 16-bit pada kemasan juga menampilkan kreativitas dan semangat dari kedua merek, sehingga terhubung dengan konsumen dan penggemar keduanya dengan cara yang segar dan menarik.

Dilihat dari sudut pandang hukum di Indonesia, lisensi sendiri merupakan izin yang diberikan oleh pemilik merek terdaftar kepada pihak lain berdasarkan perjanjian tertulis sesuai peraturan perundang-undangan untuk menggunakan merek terdaftar.

Selain itu, pemberi lisensi juga nantinya berhak mendapatkan keuntungan berupa royalti dari penerima lisensi. Kemudian, perjanjian lisensi yang dibuat juga harus dicatatkan ke DJKI Kemenkumham agar diakui secara hukum.

Selain adanya ketentuan mengenai lisensi, kolaborasi yang dilakukan antara McDonald’s dan NewJeans juga tentunya dituangkan ke dalam perjanjian kerja sama.

BACA JUGA: Belajar Dari Film The Founders, Ini Cara Yang Ray Kroc Lakukan Untuk Mengembangkan McDonald’s!

Karena berdasarkan sama-sama percaya saja belum cukup, terlebih bagi kedua merek yang sudah sama-sama terkenal tersebut, diperlukan perjanjian tertulis hitam di atas putih yang bisa dipertanggungjawabkan dan bisa dijadikan acuan ketika terjadi sengketa antar pihak yang bekerja sama di kemudian hari.

Adapun perjanjian kerja sama untuk bentuk kolaborasi seperti ini biasanya memuat dan mengatur tentang hak dan kewajiban para pihak, biaya kerja sama, jangka waktu, kerahasiaan, hingga ketentuan pembayaran, dan metode pembayaran.

Kontak KH

Demikian penjelasan mengenai kolaborasi bisnis yang dilakukan McDonald’s dan grup asal Korea Selatan, NewJeans.

Nah, bagi Sobat KH yang saat ini juga berencana untuk mengadakan kerja sama bisnis dengan merek atau pihak lain, jangan sampai mengabaikan pentingnya perjanjian lisensi. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh hak eksklusif pemilik merek untuk menggunakan merek artis tersebut.

Namun, sebelum mengadakan perjanjian lisensi, pastikan juga bahwa merek tersebut telah didaftarkan di DJKI Kemenkumham serta memuat segala ketentuan kerja sama yang dilakukan dalam sebuah perjanjian tertulis agar jelas hubungan hukum serta hak dan kewajibannya.

Kesemuanya tentu untuk mengamankan Sobat KH dan bisnismu dalam menghindari masalah dan risiko dalam kerja sama.

Nah, untuk mempermudah segala pengurusannya, kamu dapat berkonsultasi dengan Kontrak Hukum. Bersama ahli profesional yang ada, kami dapat membantu Sobat KH untuk membuat perjanjian lisensi dan perjanjian kerja sama hanya dengan harga mulai dari Rp 900 ribuan!

Tak perlu khawatir, karena semua data dan informasi bisnismu terjamin aman dan terlindungi dan tentunya cepat hanya membutuhkan waktu 48 jam selesai. Untuk informasi pemesanan, silakan kunjungi laman Layanan KH – Perjanjian Lisensi dan Kerja Sama.

Atau jika ada pertanyaan seputar kontrak atau kebutuhan bisnis lainnya, jangan ragu untuk hubungi kami di Tanya KH ataupun melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis