Skip to main content

Setelah beberapa waktu lalu sempat ditutup, kini TikTok Shop kembali beroperasi.

Platform asal China tersebut menggandeng Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Ya, sejak dibukanya kembali pada 12 Desember 2023 lalu, kini pelaku UMKM sudah bisa mulai berjualan melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi LIVE di aplikasi TikTok.

Tak heran, kini TikTok menjadi ladang cuan potensial sekaligus media marketing andalan pelaku UMKM.

Nah, supaya bisa lebih dilirik oleh para pengguna TikTok, konten promosi yang dibuat harus masuk ke deretan FYP alias For Your Page.

Mungkin bagi banyak pelaku UMKM, istilah ini bisa jadi masih terdengar asing. Nah, apa sebenarnya FYP itu? Dan mengapa penting bagi kegiatan promosi bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu FYP di TikTok?

Istilah FYP alias For Your Page, merupakan suatu fitur headline di dalam aplikasi TikTok. Segmen FYP ditempatkan sebagai halaman pertama yang muncul saat pengguna TikTok membuka aplikasi mereka. Artinya, saat kita membuka aplikasi TikTok, yang akan pertama kita lihat adalah video-video yang ada  di halaman FYP.

Biasanya, konten-konten yang masuk ke segmen FYP berstatus viral dan memiliki viewers yang sangat banyak.Akan jadi kebanggan sendiri bagi pengguna atau content creator TikTok saat konten mereka bisa tembus ke halaman FYP.

Meski begitu, ternyata isi halaman FYP bisa berbeda antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Konten FYP yang muncul akan disesuaikan dengan minat dan kebiasaan setiap pengguna.

Misalnya, saat bermain TikTok, kita sering menyukai atau berkomentar pada konten berisi kucing-kucing lucu atau hewan menggemaskan lainnya, maka konten yang muncul di FYP kita kebanyakan adalah seputar hal tersebut. Sebaliknya, jika kita kerap menyukai konten mukbang, tentu post tentang makanan pula yang akan muncul di halaman FYP kita.

Apa Manfaat FYP Tiktok Bagi Bisnis UMKM?

Sebagai pelaku UMKM di era digital, tentu penting bagi kita untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi agar tak melulu ketinggalan zaman.

Salah satunya adalah dalam berpromosi dan menjangkau pelanggan.

Jika bisa menembus halaman FYP, maka besar kemungkinan konten kita akan berhasil meraih perhatian banyak pengguna. Hal ini akan memberikan beberapa dampak signifikan, seperti:

Melejitnya Pertumbuhan Akun

Menembus halaman FYP akan meningkatkan eksposur akun. Artinya, akan lebih banyak views (tayangan), likes, comments, hingga followers baru yang akan didapatkan. Hasilnya, akun bisa semakin menarik perhatian pengguna lain.

Bertambahnya followers juga akan berarti meningkatnya pertumbuhan akun. Hal ini akan membuat akun bisnis semakin populer. Otomatis, produk atau jasa yang ditawarkan juga akan lebih banyak dilihat orang lain.

Genjot Brand Awareness

Masuk ke halaman FYP berarti satu hal, akan lebih banyak pengguna TikTok yang melihat kontenmu. Jika brand yang dikelola bertujuan meraih brand awareness, maka tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi jika konten bisa konsisten tembus FYP.

Semakin sering konten muncul di halaman utama ini, akan semakin sadar orang-orang akan keberadaan produk, jasa, maupun brandmu.Kepopuleran ini, jika dibarengi dengan kualitas yang apik, bisa meningkatkan potensi kerjasama dengan berbagai brand lain.

Nggak cuma itu, dengan modal followers yang lebih banyak dan brand yang tengah naik daun, akan semakin mudah bagi pelaku UMKM untuk meyakinkan influencer ternama buat promosikan produknya

Boosting Promosi Jualan

Semakin populer akun bisnis, maka akan semakin banyak pula penonton yang dijangkau. Apalagi jika bisa memancing review positif bagi konten ataupun produk dan jasa yang dijual.

BACA JUGA: 6 Tips Jitu Jualan di TikTok, Dijamin Banjir Orderan!

Hasilnya, jualan juga akan lebih banyak dilihat pengguna TikTok. Bukan tidak mungkin, mereka juga mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. Jadi, siap-siap saja kebanjiran pesanan!

Lalu, Bagaimana Tips Membuat Konten Bisnis FYP di TikTok?

Tak dipungkiri keberadaan aplikasi berbasis video, TikTok sangat berpotensi sebagai alat promosi bisnis.

Pada pertengahan tahun 2022, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai angka 99,1 juta. Angka yang fantastis ini bisa dimanfaatkan jadi peluang untuk memasarkan bisnis UMKM.

Jumlah pengguna yang banyak ini tentu menjadi kompetisi antar pengguna agar masuk ke FYP, linimasa utama di TikTok yang diatur oleh algoritmanya.

Untuk bisa berhasil masuk ke FYP dan menarik perhatian penonton, simak dan catat tips-tips berikut agar video promosi bisnismu bisa berkembang di TikTok.

Gunakan Audio yang Sedang Viral

TikTok yang berbasis audio visual ini memiliki berbagai audio viral. Kamu bisa memilih audio mana saja yang sedang digemari dengan rajin memantau FYP.

Gunakan audio tersebut pada video promosi bisnis yang dibuat. Langkah ini berpeluang agar videomu bisa direkomendasikan algoritma TikTok untuk mencapai FYP audiens.

Buat Durasi Video yang Singkat

Tak seperti platform berbasis video seperti YouTube, TikTok cenderung membidik video dengan durasi yang singkat agar penonton tidak cepat merasa bosan.

Kemas video promosimu dengan singkat, 15-30 detik pun cukup untuk menggaet penonton. Jangan lupa, gunakan kombinasi audio yang viral, hashtag yang relevan, dan jenis konten yang menarik.

Ikuti Jenis Konten yang Sedang Tren

Ada berbagai format konten yang bisa Kamu ikuti untuk promosi sebagai pemilik bisnis. Contohnya, Kamu bisa membuat tipe konten tutorial, Do It Yourself (DIY), konten vlog A Day In My Life, atau keadaan di balik layar saat proses produksi dan pengemasan produk yang Kamu jual.

Menerapkan tipe konten tersebut bisa menggali emosional para penonton agar lebih terpikat untuk menyaksikan video TikTok-mu.

Gunakan Hashtag dengan Tepat

Hashtag memainkan peran kunci dalam meningkatkan visibilitas kontenmu. Dengan menggunakan hashtag yang relevan dan sedang trending, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluang konten untuk masuk ke FYP.

Selain itu, hashtag membantu pengguna TikTok lainnya menemukan kontenmu saat mereka mencari topik tertentu.

Kolaborasi dengan Kreator Lain

Kolaborasi dengan kreator lain di TikTok dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan berkolaborasi atau berduet dengan kreator yang memiliki banyak pengikut, kamu dapat memperkenalkan diri kepada penggemar mereka dan sebaliknya.

Jika akun bisnis berhasil masuk FYP, maka segeralah manfaatkan kesempatan ini dengan terus konsisten mengunggah video pendek berkualitas.

Pastikan nama brand dan produk/jasa yang dijual terlihat serta terdengar jelas dalam konten kita. Manfaatkan momen tenar ini untuk meraih lebih banyak pelanggan dengan konsisten berpromosi dan membuat konten yang menarik.

Mau Jualan di TikTok Jangan Lupa Lengkapi Legalitas Usaha, Ya!

Nah, kini kamu telah memahami bagaimana cara agar konten bisnis bisa masuk ke FYP TikTok dan manfaatnya bagi bisnis itu sendiri.

Guna memperoleh manfaat dan keuntungan di atas sebagai seller di TikTok Shop, diperlukan langkah-langkah untuk memastikan tokomu dapat dipercaya oleh pelanggan. Salah satunya adalah melengkapi legalitas usaha.

Adapun dokumen legalitas yang dibutuhkan pelaku UMKM untuk menembus platform e-commerce, termasuk TikTok Shop dan Tokopedia di antaranya meliputi:

  • KTP
  • NPWP perorangan
  • SIUP/Surat Izin Operasional
  • HAKI atas merek atau produk yang dijual
  • BPOM/SNI/ Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut
  • NIB/TDP/SKDP

Jika ingin mendaftar sebagai perusahaan, maka perlu melengkapi dokumen tambahan seperti akta pendirian perusahaan, NPWP perusahaan, dan surat kuasa jika diwakilkan.

Kontak KH

Nah, apabila Sobat KH tertarik mengembangkan bisnis di platform online, tak ada salahnya lho untuk mencoba membuat konten-konten promosi ataupun berjualan di TikTok Shop.

Tapi jangan lupa untuk penuhi persyaratan dokumen dan ketentuannya, ya!

Untuk memudahkannya, kamu bisa berkonsultasi dengan Kontrak Hukum. Sebagai platform legal digital, kami telah dipercaya oleh ribuan perusahaan dan UMKM di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya.

BACA JUGA: Ini 5 Syarat dari Pemerintah Jika TikTok Shop Ingin Buka Lagi

Kami dapat membantumu untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, termasuk konsultasi dan pengurusan legalitas seperti akta pendirian perusahaan, NIB, NPWP, hingga izin usaha lainnya secara mudah dan aman.

Yuk, penuhi legalitas dan nikmati keuntungan bisnis dengan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan seputar kebutuhan bisnis lainnya, silakan hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @Kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.