Skip to main content

Berjualan di TikTok saat ini sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan, cara jualan ini perlahan menciptakan peluang baru seperti halnya munculnya affiliate dan sebagainya.

Ya, dilihat dari popularitas dan perkembangannya, platform ini mulai dilirik para pemilik bisnis sebagai media promosi. Apalagi, belakangan ini muncul kehadiran TikTok Shop dan TikTok Live yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli barang lewat platform ini.

Bagi pemilik bisnis, platform ini memberikan keuntungan yang menjanjikan dengan segala fitur yang disediakan karena cukup membantu untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Namun demikian, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan bagi Sobat KH yang ingin berjualan di TikTok. Mau tahu apa saja? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Tips Jitu Jualan di TikTok

Meskipun pada awalnya platform ini dikenal sebagai media sosial berbasis video singkat, namun bukan berarti TikTok tidak dapat dimaksimalkan untuk kegiatan bisnis.

Dalam upaya meningkatkan keuntungan bisnismu, Sobat KH perlu mengetahui dan memahami tips-tips jualan di platform sosial e-commerce satu ini.

Berikut beberapa tips jitu yang bisa Sobat KH lakukan agar jualan di TikTok laku keras dan banjir orderan:

Buat Akun Bisnis

Tips pertama yang bisa Sobat KH lakukan agar kegiatan jualan berjalan lancar adalah dengan membuat akun bisnis di TikTok. Setelah mengunduh aplikasinya dan memasukkan data serta informasi yang diperlukan, Sobat KH bisa alihkan akun-mu ke akun bisnis.

Pilihan ini ada di menu ‘Kelola Akun Saya’. Pasang foto menarik, tulis bio singkat tentang bisnismu, lalu sertakan link ke website toko online dan/atau platform lain.

Optimalkan Katalog Produk

Agar menarik minat konsumen, Sobat KH juga harus mengoptimalkan produk-produk yang ditampilkan sebagai katalog di etalase. Pastikan gambar yang dimasukkan ke dalam katalog memiliki kualitas bagus dan menarik untuk dilihat.

Batasi judul produk sesuai Batasan yang telah ditetapkan, yakni 34 karakter dan jangan lupa untuk turut menyertakan informasi produk secara rinci.

Buat Konten Promosi Sesuai Tren

Ketika berjualan, promosi merupakan hal terpenting agar produk cepat laku terjual, tak terkecuali saat berjualan di TikTok. Sobat KH bisa membuat konten promosi yang menarik dan sesuai dengan perkembangan tren, sehingga pengguna TikTok tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

Tren di TikTok sendiri biasanya dapat berupa konsep konten, hashtag, hingga music yang digunakan. Dari tren tersebut, Sobat KH dapat membuat video promosi seputar produk yang ditawarkan, tutorial, ulasan, hingga cerita inspiratif bisnismu.

Lakukan Siaran Langsung atau Live Events

Selain melalui katalog TikTok Shop dan konten, Sobat KH juga dapat melakukan promosi secara langsung dengan memanfaatkan fitur TikTok Live. Berikan beberapa penawaran menarik seperti diskon yang hanya ada saat live berlangsung.

Tidak hanya itu, momen tersebut juga bisa Sobat KH manfaatkan untuk melakukan sesi tanya jawab bersama penonton dengan menekankan kelebihan dari produk yang ditawarkan secara persuasif. Dengan begitu, Sobat KH tidak perlu mengeluarkan biaya promosi serta iklan.

Gunakan Fitur Iklan TikTok Ads

Tips selanjutnya yang bisa Sobat KH lakukan saat berjualan di TikTok adalah dengan memanfaatkan fitur iklan TikTok Ads. Fitur ini dapat membantumu menjangkau audiens lebih luas dan sesuai dengan target pasar yang dituju.

Adapun TikTok Ads menyediakan beberapa jenis iklan yang bisa Sobat KH gunakan seperti InFeed Ads, Promotes Hashtag Challenge, Branded Filter, dan Brand Takeover. Berikut penjelasannya:

  • InFeed Ads: Jenis iklan yang akan muncul di feed pengguna. Jenis iklan satu ini paling banyak digunakan oleh pebisnis.
  • Promotes Hashtag Challenge: Jenis iklan yang akan mengajak penggunanya memakai sebuah tagar tertentu.
  • Branded Filter: Jenis iklan berupa efek atau filter khusus yang berisi informasi produk.
  • Brand Takeover: Iklan eksklusif berupa gambar, gif, dan video yang akan muncul satu kali sehari Ketika membuka aplikasi. Biasanya jenis iklan ini digunakan oleh brand-brand besar.

Kerja Sama dengan Influencer di TikTok

Tips jitu terakhir agar bisnis laku keras dan banjir orderan yaitu bekerja sama dengan influencer di TikTok. Melalui kerja sama, Sobat KH bisa meminta mereka untuk mempromosikan produk atau bisnismu ke para pengikutnya.

Cara ini dapat membuka peluang untuk menarik banyak konsumen, sebab influencer biasanya memiliki kemampuan untuk mengajak atau “mempengaruhi” para pengikutnya untuk membeli produk yang direkomendasikannya.

Keunggulan Jualan di TikTok

Bagi para pebisnis online dan juga pemula dalam bisnis, munculnya fitur-fitur di TikTok seperti TikTok Shop, TikTok Live, hingga TikTok Ads tentu merupakan kabar baik. Fitur-fitur ini memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi sejenis atau marketplace sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari jualan di TikTok:

Aplikasi Media Sosial yang Bisa Sambil Belanja

Biasanya Ketika membuka media sosial dan menemukan produk yang kita suka, kita akan keluar dari aplikasi media sosial tersebut dan diarahkan ke sebuah website ­e-commerce.

Namun setelah muncul platform ini, kita tak perlu lagi repot-repot scrolling marketplace karena TikTok menjadikannya satu platform. Selain bermain media sosial, Sobat KH sebagai pemilik bisnis juga bisa sambal jualan online kapan saja dan dimana saja.

Basis Pengguna Aktif yang Banyak

Tahukah Sobat KH, dilansir dari laman statista.com, pengguna aplikasi media sosial berbasis video singkat ini kini telah memiliki sekitar 110 juta pengguna aktif di Indonesia, lho! Rata-rata dari mereka adalah milenial dan Gen Z yang setidaknya membuka aplikasi TikTok sebanyak delapan kali sehari.

Tak heran jika platform satu ini berpeluang besar untuk Sobat KH sebagai pebisnis menemukan konsumen yang menjadi target pasar dari produk atau jasa yang kamu jual.

Memperluas Pasar Bisnis

Bagi Sobat KH yang sudah berpengalaman dalam hal jualan online, platform ini juga bisa menjadi cara baru untuk memperluas bisnismu.

Dengan banyaknya pengguna TikTok, Langkah untuk semakin memperluas pasar lebih terbuka lebar. Hal ini tentunya bisa meningkatkan omzet penjualan bisnismu.

Dokumen Legalitas untuk Jualan di TikTok

Setelah mengetahui keunggulan dan serangkaian tips jitu di atas, hal yang tak kalah pentingnya yang harus Sobat KH perhatikan dalam berjualan di TikTok adalah mengurus dokumen legalitas.

Yap, dokumen legalitas ini harus dimiliki bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali bagi mereka yang melakukan bisnisnya secara online.

Dimana sejak tahun 2019, pemerintah telah mengeluarkan PP No 80 Tahun 2019 yang mewajibkan pebisnis online memiliki izin usaha. Kira-kira apa saja ya, dokumen legalitas yang dibutuhkan sobat KH ketika ingin melakukan bisnis online termasuk di marketplace?

Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB merupakan identitas pelaku usaha yang dapat memudahkan sobat KH untuk mendapatkan perizinan usaha. Untuk mendapatkannya, sobat KH bisa melakukan pendaftaran secara online di Online Single Submission (OSS) dengan mengisi NIK dan data-data lainnya yang diperlukan.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

IUMK merupakan izin usaha bagi usaha mikro dan kecil. Dengan memiliki IUMK, sobat KH bisa mendapatkan akses ke pemberdayaan yang bisa membantumu mengembangkan usaha. Yang termasuk usaha mikro adalah usaha dengan omset tahunan maksimal Rp300 juta, dan usaha kecil omset tahunannya maksimal Rp2,5 miliar.

NPWP Badan Usaha

Dokumen legalitas lainnya yang perlu dimiliki ketika ingin berjualan di TikTok adalah NPWP Badan Usaha. NPWP diperlukan untuk mengurus wajib pajak mulai dari menghitung, membayar, dan lapor pajak. Selain untuk perpajakan, NPWP juga diperlukan untuk mengurus dokumen perizinan usaha lainnya.

Pendaftaran Merek ke DJKI

Merek dapat menjadi identitas bagi produk ataupun badan usaha yang sobat KH miliki, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencarinya di aplikasi TikTok. Selain itu, keberadaan merek juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek.

BACA JUGA: Mau Endorse? Yuk Kenali Dulu Perjanjian Kerja Sama Influencer!

Dengan memiliki keempat dokumen di atas, sobat KH dapat mendapatkan akses yang lebih luas ke berbagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kontak KH

Bagaimana, ternyata cukup mudah bukan, tips yang bisa sobat KH bisa lakukan untuk berjualan di TikTok? Apalagi kini sobat KH juga sudah memahami mengenai keunggulan dan dokumen legalitas apa saja yang diperlukan agar bisnis online tersebut semakin lancar.

Nah, bagi sobat KH yang saat ini tertarik untuk ekspansi bisnis dengan berjualan di TikTok dan membutuhkan keempat dokumen legalitas di atas, bisa serahkan segala pengurusannya kepada Kontrak Hukum.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing mengurus dokumen legalitas bisnis seperti NIB, IUMK, NPWP, hingga pendaftaran merek karena kami menyediakan semua layanan tersebut yang bisa kamu akses melalui laman ini. 

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di Tanya KH dan Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Dengan KH, #semuajadiberes!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.