Skip to main content

Momentum lima tahunan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024 tak boleh dilewatkan begitu saja untuk mendulang cuan. Hal ini mengingat adanya peningkatan aktivitas politik, baik dari sisi peserta Pemilu maupun dari sisi masyarakat.

Biasanya ini akan meningkatkan permintaan terhadap berbagai produk dan jasa, seperti atribut kampanye, jasa transportasi, dan jasa konsumsi.

Selain itu, pemerintah akan mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk Pemilu 2024, sehingga menciptakan peluang bagi pelaku usaha untuk mendapatkan kontrak pengadaan barang dan jasa dari pemerintah.

Tak ada salahnya bukan, untuk memanfaatkan momen ini karena bisa saja mendatangkan profit yang menguntungkan dan menjanjikan untukmu? Lantas, apa saja ide bisnis jelang Pemilu 2024 yang bisa dijalankan? Intip jawabannya pada artikel berikut ini.

Bagaimana Peluang Bisnis Jelang Pemilu 2024?

Tahun 2024 bisa dibilang sebagai tahun yang cukup dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, di tahun ini, akan digelar Pemilu yang menjadi pesta demokrasi untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selain itu, akan diselenggarakan pula Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

Tak heran, bukan hanya disambut antusias oleh para politisi, tahun Pemilu juga menjadi momen menjanjikan bagi para pelaku usaha karena banyaknya peluang bisnis yang bisa dicoba.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Sunarso selaku Direktur Utama BRI. Menurutnya, para pelaku usaha memiliki kesempatan besar meraih cuan di tahun politik ini.

“Memang, Pemilu cenderung memberikan dampak yang baik terhadap omzet bisnis UMKM. Dari riset internal BRI, pendapatan UMKM meningkat sekitar setahun jelang Pemilu. Mungkin ya karena banyak yang cetak spanduk atau kaos,” tuturnya seperti dikutip dari Republika.

Apa yang diungkap Sunarso ini jelas bukan tanpa sebab, karena dalam gelaran Pemilu 2014 silam, penguasan konveksi di Sentra Kaos Surapati-Cicaheum (SUCI), Bandung, mencatat omzet fantastis hingga Rp80 miliar.

Ketua SUCI Bandung, Marnawie Munamah menuturkan, omzet yang dicatat oleh para pelaku usaha konveksi bahkan mengalami peningkatan hingga Rp20 miliar pada Pemilu 2014, jika dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Tentu saja fakta ini merupakan kabar baik bagi kamu yang memang mulai mencari-cari ide bisnis menjanjikan jelang Pemilu 2024 ini.

Lantas, Apa Saja Ide Bisnis Menjanjikan Jelang Pemilu 2024?

Momentum Pemilu 2024 menciptakan peluang yang berpotensi cuan bagi para pelaku usaha untuk menyediakan berbagai produk dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti transportasi, konsumsi dan akomodasi.

Berikut adalah beberapa ide bisnis menjanjikan yang dapat dipertimbangkan jelang pemilu 2024:

Bisnis Percetakan

Bisa dibilang percetakan adalah salah satu bisnis yang sudah pasti akan meraup cuan besar saat Pemilu. Karena dalam setiap Pemilu, dibutuhkan yang namanya alat peraga kampanye dan mayoritas masih menggunakan media cetak seperti brosur, banner, spanduk hingga poster yang diproduksi oleh percetakan.

Tak hanya para politisi, bisnis percetakan juga sangat dibutuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mencetak surat suara yang akan didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia.

Ikhsan Ingratubun selaku Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia menjelaskan, tahun Pemilu jelas memberikan berkah pada pebisnis percetakan. Bahkan diprediksikan omzet akan mengalami pertumbuhan hingga sepuluh persen, padahal di tahun 2022 silam hanya tumbuh satu digit saja.

Bisnis Konveksi

Seperti yang sudah dijelaskan, konveksi merupakan salah satu sektor bisnis yang paling meraup untung besar dalam setiap gelaran Pemilu. Mengingat konveksi tak bisa dilepaskan dalam pesta demokrasi karena peserta pemilu membutuhkan kaos-kaos hingga berbagai produk turunan tekstil untuk berkampanye.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB), Nandi Herdiaman menjelaskan, hingga awal Mei 2023 sudah banyak permintaan atribut Pemilu seperti baju, seragam, bendera, kaos, hingga umbul-umbul parpol.

Bahkan, beberapa parpol juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa konveksi lokal untuk kebutuhan kampanye. Ditambah, mereka akan membutuhkannya dalam jumlah yang banyak sehingga bisa menjadi ladang cuan bagi pengusaha konveksi.

Bisnis Digital Marketing

Saat ini, semua hal menjadi lebih mudah karena dilakukan serba digital, termasuk kampanye politik. Ya, masyarakat Indonesia semakin terbiasa dengan internet yang membuat kampanye di dunia maya bakal terasa lebih efektif daripada harus mengumpulkan massa dalam jumlah besar di stadion.

Nah, kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pelaku digital marketing.

Sesuai dengan namanya, digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran di internet. Dalam kaitannya dengan Pemilu 2024, pemasaran di internet mencakup pembuatan konten online di berbagai platform mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, hingga blog.

BACA JUGA: Patut Coba! Ini Manfaat Jika Bisnis Menggunakan Digital Agency

Meskipun terdengar remeh, faktanya kampanye online disebut bakal jauh meningkatkan kepedulian calon pemilih sehingga tidak golput di Pemilu mendatang.

Bisnis Event Organizer (EO)

Tak dapat dipungkiri bahwa jelang Pemilu 2024, para peserta akan melakukan banyak kampanye di berbagai daerah. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuat bisnis event organizer.

Banyak politisi dan parpol yang akan akan membutuhkan EO saat mengadakan event kampanye, tentunya dengan maksud agar acara yang diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar dan mudah.

Nantinya, EO akan bertugas merencanakan sebuah sistem, sehingga bisa menggelar sebuah metode kampanye yang tengah dibutuhkan oleh pasar terutama para pemberi suara potensial.

Keberadaan EO juga akan memberikan sejumlah konsep hingga jadwal kampanye. Melalui cara ini, parpol dan politisi yang terlibat di dalamnya tak perlu bersusah-susah lagi. Jika EO yang dipilih mampu bekerja secara profesional, kampanye akan digelar lancar, aman dan meningkatkan kepedulian masyarakat.

Bisnis Katering

Ide bisnis terakhir yang bisa kamu coba jelang Pemilu 2024 adalah bisnis katering. Ya, katering bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai bisnis kuliner dengan skala besar.

Hal ini mengingat semakin banyak massa yang nanti bakal dikumpulkan oleh setiap parpol dalam kampanye mereka, maka akan semakin banyak pula kebutuhan konsumsinya. Hal ini jelas jadi berkah tersendiri jika kamu menawarkan katering.

Pemesanan makanan dan minuman terhadap simpatisan parpol diprediksi bakal berjumlah cukup besar, sehingga diperlukan pengelolaan bisnis katering yang profesional.

BACA JUGA: Catat! Ini Syarat dan Prosedur Mengurus Izin Usaha Katering

Bagaimana Sobat KH, ternyata ada banyak bukan, ide bisnis menjanjikan yang bisa kamu coba jelang momen Pemilu 2024? Tentu saja jika kamu tertarik untuk memilih salah satu diantaranya, pastikan untuk melakukannya secara profesional agar menarik di mata calon konsumen.

Cobalah untuk bangun relasi di media sosial agar lebih dilirik oleh para politisi dan parpol. Lalu, riset pasar untuk kelayakan usaha dan kualitas produk/jasa lebih terjamin.

Kontak KH

Memiliki ide bisnis menjanjikan tentunya merupakan hal baik untuk dilakukan. Seperti halnya keadaan saat ini yang penuh dengan euforia jelang pemilu, maka bisa kamu jadikan peluang untuk menjalankan salah satu ide bisnis jelang Pemilu 2024 seperti penjelasan di atas.

Kalau Sobat KH sudah mantap untuk menjalankannya, jangan lupa untuk segera membuat merek dagangmu. Keberadaan merek akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek.

Selain dimiliki, merek juga harus didaftarkan secara resmi ke DJKI Kemenkumham. Pendaftaran merek ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan serta pencurian dan plagiarisme dari kompetitor. Untuk mengurusnya, kamu bisa serahkan pada Kontrak Hukum dengan mengunjungi laman ini.

Nah, kalau bisnismu sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendirian badan usaha PT. Dengan begitu, maka bisnismu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Jika tidak, bisa saja akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Tenang saja, Sobat KH juga bisa melakukan pendirian PT secara mudah dan terjangkau, mencakup dokumen legalitas yang dibutuhkan seperti NPWP dan NIB dengan kunjungi laman ini.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar ide bisnis dan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa konsultasikan dengan kami via link berikut Tanya KH ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.