Skip to main content

Di lingkungan bisnis modern, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) telah menjadi komponen krusial, khususnya untuk bisnis skala kecil atau UMKM. Ini menawarkan metode pembayaran yang praktis, cepat, dan terjamin keamanannya.

QRIS memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan ponsel pintar, tanpa harus membawa uang tunai. Dengan begitu, transaksi antara penjual dan konsumen dapat dilakukan dengan cepat, mudah, aman, dan andal.

QRIS juga merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia (BI) terhadap program 30 juta UMKM Go Digital 2024 dan salah satu bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap revolusi sistem pembayaran Indonesia dan memajukan UMKM di era digital.

Lantas, seberapa bermanfaat QRIS bagi bisnis UMKM? Bagaimana cara mendaftarnya? Simak penjelasan selengkapnya disini.

Apa Itu QRIS?

QRIS adalah sistem pembayaran berbasis pemindaian kode QR. Sesuai dengan kepanjangannya, QRIS adalah bentuk standar yang dipakai oleh banyak Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP).

QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia beserta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Metode ini dikembangkan agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi dari berbagai jenis mobile banking serta dompet digital hanya dengan memindainya. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga meningkatkan aksesibilitas produk UMKM bagi konsumen.

Bank Indonesia menyatakan bahwa QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI dapat membantu UMKM untuk naik kelas. QRIS sejatinya memang disiapkan untuk UMKM. Menurut data BI pada Mei 2023, sebanyak 98,14 persen gerai QRIS merupakan UMKM.

Sederet Manfaat QRIS Bagi Bisnis UMKM

QRIS memiliki sejumlah manfaat signifikan dalam meningkatkan efisiensi, keamanan, dan jangkauan pasar bisnis UMKM. Berikut penjelasannya:

Proses Transaksi Lebih Cepat & Mudah

Salah satu manfaat utama QRIS  yaitu proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. QRIS memungkinkan UMKM untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi e-wallet dan perbankan mobile hanya dengan satu kode QR.

Hal ini sangat memudahkan baik bagi UMKM dalam menerima pembayaran maupun bagi pelanggan dalam melakukan transaksi, meningkatkan efisiensi dan kepuasan konsumen.

Keamanan Transaksi

Dengan sistem QRIS, keamanan setiap transaksi ditingkatkan, mengurangi risiko penipuan dan pencurian data. Ini memberikan rasa aman tambahan bagi UMKM dan pelanggan mereka, memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan dengan aman.

Efisiensi Biaya dan Waktu

Dari segi efisiensi biaya dan waktu, QRIS menawarkan manfaat yang tidak ternilai. Dengan mengeliminasi kebutuhan akan sistem pembayaran yang kompleks dan mahal, QRIS membantu UMKM menghemat biaya operasional dan waktu yang sebelumnya dihabiskan untuk pengelolaan pembayaran manual.

Ini memungkinkan UMKM mengalokasikan sumber daya mereka ke area lain dari bisnis mereka yang memerlukan lebih banyak perhatian.

Memperluas Jangkauan Pasar

Selanjutnya, QRIS membuka kemungkinan bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan kemudahan dan keamanan yang ditawarkan QRIS, UMKM kini dapat menjangkau pelanggan tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga di tingkat internasional, membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

Mempermudah Pencatatan Transaksi

Terakhir, QRIS memberikan keuntungan dalam hal analisis data. Ini memfasilitasi pelacakan dan analisis data transaksi yang lebih efisien, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan bisnis.

Melalui data ini, UMKM dapat memahami lebih baik tentang perilaku pembelian pelanggan, tren pasar, dan dapat membuat keputusan strategis yang tepat sasaran.

BACA JUGA: Kriteria UMKM Menurut Peraturan Baru

Secara keseluruhan, QRIS menjadi alat penting bagi UMKM untuk mengoptimalkan operasi bisnis mereka, meningkatkan keamanan, dan memperluas jangkauan pasar mereka dalam ekosistem bisnis yang semakin digital.

Bagaimana Cara Daftar QRIS Bagi UMKM?

Untuk Mendaftarkan QRIS, pelaku UMKM hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah memiliki izin resmi dari BI.

Selanjutnya, pelaku UMKM sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Berikut cara daftar QRIS untuk UMKM, melansir dari laman resmi QRIS:

  1. Buka laman resmi qris.id
  2. Pilih Daftar QRIS
  3. Isi data pendukung yang dibutuhkan sebagai syarat utama untuk membuat QRIS
  4. Pada tahap ini, pelaku UMKM harus melakukan pembayaran sebagai biaya administrasi sebesar Rp28.000
  5. Pilih salah satu metode pembayaran, QRIS, virtual account, atau e-wallet. Setelah berhasil melakukan pembayaran, cek email, atau Whatsapp
  6. Kemudian Login ke QRIS.id menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email/WA
  7. Lengkapi data dan dokumen yang diperlukan (KTP asli)
  8. Setelah data berhasil dilengkapi, tunggu proses verifikasi oleh tim QRIS dalam waktu tiga hari kerja
  9. Apabila proses verifikasi telah selesai, pelaku UMKM bisa cek tanggap perkiraan terbit QRIS pada Dashboard
  10. Saat QRIS sudah terbit atau aktif, login kembali ke QRIS.id lalu pilih Download QRIS
  11. Pilih download QRIS MPM Lengkap, kemudian cetak dan print file tersebut

Kontak KH

Secara keseluruhan, QRIS menawarkan kesempatan yang signifikan bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Mengadopsi QRIS juga bukan hanya tentang meningkatkan efisiensi transaksi, tetapi juga tentang memanfaatkan teknologi untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, memungkinkan UMKM tetap kompetitif dan relevan dalam pasar yang cepat berubah.

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan QRIS untuk memudahkan transaksi bisnismu! Jika masih ada kesulitan, Kontrak Hukum siap membantu.

BACA JUGA: Macam-Macam Bentuk Kemitraan UMKM, Apa Saja?

Ya, dalam rangka menghadirkan kemudahan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya, kami menyediakan layanan berlangganan Digital Business Assistant (DiBA) untuk semua kebutuhan backoffice-mu.

Serasa punya tim lengkap karena bersama DiBA, kamu bisa menikmati layanan unlimited konsultasi, pencatatan dan laporan keuangan, pajak, hingga kebutuhan legalitas usaha lainnya.

Yuk, jalankan bisnis secara mudah dengan kunjungi laman Layanan KH -DiBA. Jika ada pertanyaan lainnya, kamu juga bisa hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis