Ini 5 Ide Bisnis Franchise Minuman Kekinian, Dijamin Laris!

Sobat KH berencana memulai bisnis franchise? Nah, bisnis franchise minuman kekinian bisa jadi salah satu pilihanmu untuk meraup cuan, lho! Terlebih beberapa tahun belakangan ini, bisnis franchise minuman mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia.


Jenis minuman yang dijual di franchise ini pun beragam, mulai dari macam-macam thai tea, es kopi susu, sampai berbagai minuman dengan campuran boba dan berbagai pilihan topping. 


Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, di mana banyak orang yang menjalani Work From Home (WFH) dan pastinya membutuhkan minuman-minuman tersebut untuk menemani kerja. 


Hal ini pun disesuaikan dengan cuaca dan iklim tropis di Indonesia, sehingga minuman dingin, segar, dan cenderung manis menjadi pilihan yang tepat.


Ya jika dilihat dari segi bisnis, masyarakat Indonesia memang bisa dijadikan sebagai target yang tepat. Bisnis franchise minuman kekinian bertemu dengan konsumen yang gemar mencoba hal baru dan mengikuti tren, adalah combo profit bagi pebisnis yang menjanjikan keuntungan dalam jumlah besar.


Intinya, masyarakat Indonesia sangat menyambut dengan baik hadirnya berbagai franchise minuman kekinian. Tak ada salahnya bila akhirnya banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang ini sebagai cara untuk mendapatkan cuan.


Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan merangkum beberapa ide bisnis franchise minuman kekinian terlaris yang bisa menjadi pilihan Sobat KH untuk membuka bisnis.


  1. Chatime

Minuman boba yang satu ini, tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Chatime merupakan salah satu pelopor minuman boba di Indonesia. Gerainya pun selalu ramai dan penggemarnya datang dari berbagai kalangan usia.


Jenis minuman yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari signature drink mereka, hingga smoothies dan berbagai jus buah yang dilengkapi dengan berbagai topping pilihan seperti boba, grass jelly, red bean, dan sebagainya.


Namun untuk membeli lisensi franchise Chatime, tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit karena nama dan produknya sudah ramai di pasaran.


  1. Xiboba

Selain Chatime, brand minuman boba kekinian lainnya yang terlaris adalah Xiboba. Xiboba dapat menjadi ide bisnis franchise minuman yang dapat kamu coba. 


Pada dasarnya, Xiboba sudah ada sejak lama, namun kembali hits dalam beberapa tahun terakhir karena minuman boba dengan brown sugar yang merupakan inovasi baru bagi minuman boba.


Xiboba menawarkan minuman boba tersebut dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga dapat menjangkau masyarakat menengah kebawah. Lisensi franchisenya juga lebih terjangkau, yakni dibawah Rp10 juta. Menarik bukan?


  1. Haus


    Haus merupakan bisnis minuman thai tea yang buka sejak tahun 2018. Tahun dimana thai tea tidak lagi menjadi tren karena munculnya banyak produk kopi susu kekinian. Namun siapa sangka, minuman yang satu ini malah menjadi angin segar bagi para pecinta minuman non kafein.


Kekuatan bisnis ini terletak pada kombinasi promo, rasa yang enak, dan harganya yang murah. Untuk membeli franchisenya, setidaknya kamu perlu siapkan budget hingga Rp200 juta.


Harga tersebut sudah termasuk standar paket kemitraan, lisensi selama lima tahun, renovasi tempat, sistem penjualan, pelatihan karyawan, dan bahan baku awal. Kemudian untuk operasional sebagian diatur oleh manajemen. Mulai dari perekrutan karyawan, marketing, hingga penjualan. 


  1. Kopi Kenangan

Bisa dibilang, Kopi Kenangan adalah satu gerai kopi terbesar di Indonesia saat ini. Bahkan, Kopi Kenangan merupakan bisnis minuman unicorn pertama yang memiliki outlet hampir di seluruh wilayah Indonesia.


Sejak hadir pada tahun 2017 lalu, Kopi Kenangan bukan cuma buka di mall atau pusat perbelanjaan, namun banyak juga outlet mereka yang hadir di SPBU dan menjadikannya lebih mudah untuk dijangkau oleh konsumen.


Bila Sobat KH ingin menjadi salah seorang dari bagian manajemen Kopi Kenangan, kamu perlu memiliki saham disini. Artinya kamu perlu mempersiapkan modal dengan jumlah yang lebih besar daripada franchise pada umumnya.


  1. Kopi Janji Jiwa

Selain Kopi Kenangan, merek kopi satu ini juga mungkin bisa menjadi pilihan Sobat KH ketika ingin membuka franchise minuman kekinian. Untuk modal franchise yang dibutuhkan juga lebih kecil dibandingkan dengan Kopi Kenangan, yakni mulai dari Rp150 juta.


Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya lisensi dan peralatan. Selain itu, paket franchise tersebut juga sudah mendapat fasilitas sewa tempat, karyawan, peralatan, dan sebagainya.


Sobat KH juga bisa mendapat bimbingan langsung dari tim support Kopi Janji Jiwa sebagai bekal mengelola gerai sesuai standar mereka.


Itulah 5 ide bisnis franchise minuman kekinian yang terlaris di Indonesia. Jadi, selain cemilan makanan, minuman juga banyak dijadikan pilihan dan digemari oleh masyarakat. 


Ada yang membelinya untuk menemani jalan-jalan, sebagai teman kerja di rumah, bahkan ada yang membeli dalam jumlah banyak untuk acara keluarga atau bersama teman. 


Nah, setelah melihat dan mengetahui informasi dari beberapa ide bisnis franchise minuman di atas, namun ada beberapa hal yang perlu Sobat KH perhatikan dan pikirkan ulang sebelum memulai bisnis ini.


Hal ini untuk menghindari kegagalan (ya, franchise juga bisa gagal) dan membantu Sobat KH lebih pandai mengelola franchise. Berikut adalah tips dalam memilih dan menjalankan bisnis franchise minuman kekinian:


  1. Memilih Merek Populer dan Dikenal Banyak Orang

Selain kekinian, memilih merek yang sudah terkenal juga akan membuka peluang pasar yang lebih tinggi ketimbang yang masih baru. Terdapat manfaat dari memilih merek bisnis franchise minuman kekinian sudah terbukti menarik minat masyarakat.


Selain penjualanmu akan semakin terjamin, Sobat KH juga akan diuntungkan karena tidak perlu susah payah dalam hal pemasaran produk franchise minuman. 


Bagaimanapun popularitas amat penting dalam dunia bisnis, jika sudah tertarik dengan merek usaha tersebut, maka dapat dipastikan Sobat KH tidak akan rugi untuk menjadikannya sebagai investasi bisnis.


  1. Sudah Memiliki Izin

Suatu ketika Sobat KH sedang jalan-jalan atau hangout bersama teman atau keluarga. Kemudian kamu akan menentukan tempat minuman mana yang hendak menjadi tujuan untuk melepas dahaga.


Sudah pasti Sobat KH dan teman atau keluarga akan memilih minuman yang sudah berizin dan memiliki sertifikasi halal, khususnya bagi umat Muslim. Minuman yang sudah mendapatkan label seperti BPOM, Depkes, dan MUI memberi manfaat agar tidak merugikan pihak konsumen.


Begitu pula bagi Sobat KH yang hendak memilih merek franchise minuman, diharapkan memilih produk yang sudah bersertifikasi. 


  1. Bahan Baku yang Aman

Meskipun saat ini sudah banyak merek minuman kekinian yang menjamur di masyarakat, namun dalam memilih franchise Sobat KH perlu memastikan bahwa bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan banyak.


Dimana Sobat KH perlu memastikan bagaimana proses pembuatan minuman tersebut. Kamu perlu mengetahui apa komposisi dan bahan baku dari minuman tersebut. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir risiko kerugian dan jauh mengetahui bisnis franchise lebih dalam.


Bagi Sobat KH yang tertarik untuk menjalankan bisnis franchise minuman kekinian, jangan lupa untuk melakukan persiapan matang sesuai dengan trik di atas ya! Tidak hanya itu, kamu juga perlu mempertimbangkan identitas perusahaan franchise yang dapat dipertanggungjawabkan. Maksudnya gimana?


Ya, kredibilitas atau kepercayaan perusahaan menjadi kriteria yang penting dalam menjalankan bisnis, tak terkecuali bisnis franchise. Sebab, dengan memastikan kredibilitas, keamanan dalam menjalankan bisnis franchise minuman juga akan terjaga.


Perusahaan yang baik tentunya akan memiliki badan usaha sebagai dasar penting dalam membangun suatu bisnis. Keberadaan badan usaha menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan tersebut legal secara hukum karena sudah disetujui, diakui, dan terdaftar pada daftar perusahaan Kemenkumham, terutama jika perusahaan tersebut berbadan usaha PT. 


Badan usaha PT memiliki landasan badan hukum yang jelas, sehingga bisnis franchise pun akan terjamin keamanannya karena perusahaan tersebut sudah memiliki struktur dan organ yang tertata dengan baik dan lebih profesional.


Tidak hanya itu, dengan badan hukum yang dianggap sebagai entitas sendiri, PT juga biasanya memiliki manajemen finansial yang lebih jelas sehingga aset dan harta yang kamu miliki sebagai pribadi lebih aman dan terlindungi.


Terlebih, kini pendirian badan usaha seperti PT, PT Perorangan sampai CV juga semakin mudah berkat adanya Kontrak Hukum. Kami menyediakan layanan pendirian ketiga badan usaha secara mudah dan cepat berikut perizinan umum yang diperlukan, seperti NPWP, NIB, Izin Lokasi dan Izin Usaha, serta penyewaan alamat bisnis.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendirian PT, Sobat KH bisa kunjungi laman https://kontrakhukum.com/services/pembuatan-pt-ijin-npwp-vo atau hubungi kami via whatsapp dan telp di 0821-1212-5767.