Skip to main content

Mendirikan PT Perorangan saat ini semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha. Selain karena kemudahannya, PT Perorangan juga menyediakan beberapa pilihan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang dapat dikembangkan melalui badan usaha ini. 

Mengapa harus KBLI? Ya, KBLI merupakan syarat sah dalam mendirikan sebuah perusahaan, termasuk PT Perorangan. Selain itu, KBLI juga berfungsi untuk mendirikan izin usaha, tentunya pada sektor perdagangan.

Adanya kode KBLI dapat menetapkan sebuah proses bisnis untuk pengajuan izin usaha. Dengan demikian, pelaku usaha harus menggunakan kode KBLI yang cocok dengan bisnis PT Perorangan.

Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui KBLI yang banyak dipilih pelaku usaha PT Perorangan!

Apa Itu KBLI?

Aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh badan usaha/perusahaan di Indonesia dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis. Pembagian klasifikasi tersebut dikenal dengan istilah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia atau yang biasa dikenal KBLI.

KBLI adalah kode yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang terdiri dari 4-5 angka ini menjadi penentu bidang usaha suatu perusahaan dan akan dicatat dalam sistem Online Single Submission (OSS), kemudian dapat digunakan oleh perusahaan tersebut ketika ingin mendaftarkan izin usahanya di NIB atau akta.

BACA JUGA: Perubahan KBLI terbaru yang Perlu Kamu Ketahui!

KBLI dapat digunakan untuk berbagai kegiatan ekonomi mulai dari pengkalsifikasian bidang usaha, mempermudah izin usaha, hingga pemantauan dan evaluasi dari pencapaian perekonomian seperti PDB.

Kode KBLI untuk PT Perorangan

Pelaku usaha harus menggunakan kode KBLI yang sesuai dengan model bisnis PT Perorangan agar tidak menghambat proses pendirian dan pengurusan izin usahanya.

Tanpa penggunaan KBLI yang tepat, maka berbagai izin usaha seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan lain-lain tidak akan bisa didapatkan.

Sebenarnya, untuk mengetahui kode KBLI untuk izin usaha perdagangan, pelaku usaha dapat melihatnya pada Lampiran I Permendag No 64 tahun 2020.

Namun, berikut adalah beberapa contoh kode KBLI yang biasa digunakan untuk bisnis PT Perorangan:

KBLI 56102: Rumah/Warung Makan

KBLI ini dapat digunakan bagi kelompok usaha yang mencakup jenis usaha penyediaan makanan dan minuman untuk dikonsumsi di tempat usahanya yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan tetap (tidak berpindah-pindah), yang menyajikan makanan dan minuman di tempat usahanya.

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya Warteg, Rumah Makan Padang, Kedai Nasi Goreng dan rumah/warung makan lainnya.

KBLI 47192: Perdagangan Eceran

KBLI ini dapat digunakan bagi usaha perdagangan eceran berbagai jenis barang yang utamanya bukan makanan, minuman atau tembakau bukan toserba/department store.

Pada umumnya barang-barang yang diperdagangkan antara lain pakaian, perabot rumah tangga, perhiasan, mainan anak-anak dan kosmetik, yang terintegrasi di bawah satu pengelolaan.

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya toko kelontong, toko madura, atau warung dagang.

KBLI 47711: Perdagangan Eceran Pakaian

KBLI ini dapat digunakan bagi usaha perdagangan eceran khusus pakaian, baik terbuat dari tekstil, kulit, maupun kulit buatan, seperti kemeja, celana, jas, mantel, jaket, piyama, kebaya, blus, rok, daster, singlet, kutang/BH, gaun, rok dalam, baju bayi, pakaian tari, pakaian adat, mukena dan jubah.

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya toko baju gamis, toko batik, toko kemeja, atau toko pakaian lainnya.

Itulah beberapa contoh kode KBLI yang harus diketahui sebelum mengurus perizinan usaha PT Perorangan, khususnya di bidang perdagangan. Pastikan untuk mengurus KBLI dengan tepat dan cermat untuk menghindari kesalahan.

Jangan sampai kode KBLI yang Sobat KH cantumkan adalah hasil perkiraan dan ternyata dugaan atau perkiraan tersebut tidak sesuai dengan kegiatan usaha yang sebenarnya.

Hal ini tentu akan berakibat pada peringatan, denda administratif, penghentian sementara kegiatan usaha, hingga pencabutan perizinan berusaha.

Kontak KH

KBLI menjadi hal penting karena digunakan sebagai dasar penentuan kualifikasi surat izin usaha perdagangan yang juga berlaku untuk keperluan analisis ekonomi. Sederhananya, KBLI akan sangat berpengaruh dalam pendirian badan usaha dan penerbitan izin usaha.

Nah, untuk memudahkan penentuan kode KBLI yang sesuai dengan klasifikasi dan pengurusan izin usaha, Sobat KH bisa hubungi Kontrak Hukum. Kontrak Hukum adalah platform digital pertama yang menyediakan layanan legal termudah dan tercepat, tanpa tatap muka.

BACA JUGA: Yuk Pahami Syarat dan Prosedur Pendirian PT Perorangan Di Sini!

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk mengurus izin usaha dan pendirian badan usaha karena kami menyediakan jasa pembuatan PT Perorangan dengan cepat dan harga terjangkau, sudah mencakup perizinan usaha yang diperlukan seperti akta, NPWP, NIB, NPWP, dan dokumen OSS lainnya.

Untuk informasi pemesanan, kunjungi laman Layanan KH – PT Perorangan. Jika masih memiliki pertanyaan, silakan konsultasi gratis di Tanya KH ataupun melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.