Skip to main content

Tahukah kamu, memiliki logo bisnis yang kuat dan efektif menjadi salah satu elemen kunci dalam membangun identitas yang sukses. Hal ini karena, logo bukan hanya tentang simbol visual belaka, tetapi juga menjadi wakil dari identitas, nilai-nilai, dan esensi dari suatu bisnis.

Terlebih untuk sebuah brand, logo yang dibuat harus eye catching. Hal ini di satu sisi sebagai upaya untuk menarik audiens agar tertarik kepada brand-mu.

Maka dari itu, logo tidak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus memenuhi beberapa prinsip pembuatan logo agar eye catching dan penggunaannya efektif. Jangan sampai kamu malah melakukan kesalahan dalam membuat logo brand atau bisnis dan kemudian menghambat upaya membangun citra brand yang positif dan menarik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan serangkaian kesalahan umum yang harus dihindari dalam proses pembuatan logo bisnis agar tetap eye catching dan penggunaannya juga efektif. Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Apa Itu Logo?

Logo adalah suatu instrumen yang menggambarkan identitas atau suatu entitas, yang nilainya dapat memberi gambaran bahwa pemilik logo tersebut memiliki citra yang baik dan dapat dipercaya.

Setiap bentuk logo mempunyai ciri khas yang membedakan satu dengan yang lainnya. Ciri khas itulah yang memberikan karakter tersendiri bagi entitas pemiliknya, seperti brand atau bisnis. Sehingga, entitas tersebut dapat dikenal dan diingat masyarakat.

Logo mempunyai jenis-jenisnya tersendiri, diantaranya yaitu lettermark, wordmark, pictorial mark, logo abstrak, logo maskot, logo kombinasi, dan logo lambang, tergantung dari preferensi pemiliknya.

Adapun fungsi dari logo antara lain yaitu sebagai media penyampaian informasi tentang suatu identitas, sebagai media persuasi, sebagai sarana promosi, dan juga presentasi.

Membuat Logo Bisnis yang Eye Catching dan Efektif

Seperti yang dijelaskan, setiap brand atau bisnis pasti memiliki logonya masing-masing. Karena logo merupakan salah satu bentuk identitas atas suatu entitas, dalam hal ini brand atau bisnis.

Namun, pernahkan kamu membayangkan bahwa jika semua brand atau bisnis sudah memiliki logonya masing-masing, lantas bagaimana caranya agar milik kita yang bisa mudah dikenali dan diingat oleh target konsumen?

Ya, salah satu strateginya adalah dengan membuat logo yang eye catching. Meskipun terlihat sederhana, faktanya memiliki logo yang eye catching dan unik bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, lho!

Balik lagi, karena logo yang eye catching dan beda dari yang lain akan sangat mudah diingat oleh calon konsumen dan pelanggan setia, sehingga ketika suatu saat mereka membutuhkan suatu produk atau jasa, mereka akan langsung untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.

Selain itu, berikut adalah beberapa alasan lainnya memiliki logo bisnis yang eye catching sangat penting:

Memberi Kesan Pertama yang Kuat

Logo seringkali menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen saat berinteraksi dengan bisnismu. Logo yang eye catching dapat memberikan kesan yang positif dan professional, membantu mendapatkan minat awal dan kepercayaan dari calon konsumen.

Komunikasi Nilai Merek

Logo bisa menjadi cara untuk menyampaikan nilai, misi, dan visi bisnismu dengan cepat. Sehingga penggunaan elemen desain, warna, dan simbol dapat membantu mengkomunikasikan esensi merek-mu kepada audiens.

Mempermudah dalam Pemasaran

Logo yang eye catching dapat membantu memperkuat kampanye pemasaran bisnismu. Hal ini juga dapat membantu membangun hubungan emosional dengan konsumen, dimana mereka cenderung merasa lebih dekat dengan brand yang memiliki identitas yang mudah dikenali.

Efek Viral dan Berbagi

Logo yang eye catching dan unik memiliki potensi untuk mendapatkan perhatian online, terutama dalam konteks promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Jika logo bisnismu cukup eye catching, orang-orang mungkin lebih cenderung untuk membagikannya dengan teman-teman mereka.

Hal yang Harus Dihindari dalam Membuat Logo

Kini kamu telah memahami apa itu logo dan manfaatnya bagi bisnis. Namun untuk membuat logo brand atau bisnis yang eye catching  memang bukan pekerjaan mudah. Salah dalam mendesain bisa mengakibatkan kesalahan persepsi konsumen.

Alih-alih mereka akan menggunakan produk atau jasa bisnismu, mereka justru akan meninggalkannya. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Agar terhindar dari kemungkinan buruk tersebut, sebaiknya kamu mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari dalam membuat logo bisnis:

Tidak Orisinal

Orisinalitas adalah hal paling penting dalam membuat desain logo. Sebagus apapun logo buatanmu, tapi jika terlalu mirip atau bahkan copy paste dari logo milik brand atau bisnis lain, tentu tidak dapat dibanggakan.

Ya, kesalahan dalam membuat logo yang satu ini memang masih sering terjadi. Pasalnya, dalam membuat logo kita perlu mencari inspirasi.

Namun terkadang, bukan inspirasi yang didapatkan, melainkan hasil desain logo yang terlalu mirip dengan logo dari brand atau bisnis lain. Oleh karena itu, seharusnya kamu menjauhi kesalahan yang satu ini dan tidak ingin disebut sebagai seorang plagiat, bukan?

Tidak Menjelaskan Identitas Brand atau Bisnis

Saat merancang sebuah logo, kamu sejatinya sedang membuat simbol yang mencerminkan sebuah brand atau merek. Oleh karena itu, logo harus mampu menjelaskan identitas merek dengan cepat dan jelas.

Di dalam logo juga mesti mengandung makna atau filosofi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya, jika ingin menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan adalah produk ramah lingkungan, kamu bisa mendesain logo dengan sentuhan alam seperti daun atau bunga.

Tidak Fleksibel

Ketidak fleksibelan disini merujuk pada ketidakmampuan logo bisnis untuk beradaptasi dengan berbagai situasi, media, atau format tanpa kehilangan kualitas atau identitas. Logo yang tidak fleksibel akan bermasalah saat diaplikasikan dalam berbagai ukuran, warna, latar belakang, atau media yang berbeda.

Misalnya, logo yang tidak fleksibel mungkin terlihat baik dalam ukuran besar, tetapi saat dikecilkan untuk digunakan pada kartu nama, stiker, atau media digital kecil lainnya, detailnya bisa menjadi tidak terlihat jelas atau bahkan samar.

Memiliki Desain yang Terlalu Rumit

Desain logo yang rumit tidak akan memudahkan orang untuk mengingatnya. Itulah mengapa, sebaiknya hindari membuat desain logo yang terlalu kompleks. Kesederhanaan bukan berarti jelek. Sebaliknya, logo yang sederhana akan dianggap lebih menarik dan mudah diingat oleh audiens.

Kesalahan dalam membuat logo satu ini masih sering dilakukan terutama oleh pebisnis pemula karena merasa logo yang rumit akan lebih baik. Padahal, suatu logo yang eye catching ialah yang sederhana, efektif, dan dapat menyajikan nilai dari brand atau bisnis.

Pemilihan Warna atau Font yang Buruk

Kesalahan lainnya dalam membuat logo adalah pemilihan warna dan font yang buruk. Hal ini penting diperhatikan pasalnya kedua elemen tersebut dapat mencerminkan nilai dari brand atau bisnis.

Terkait dengan hal ini, diperlukan proses pemilihan warna dan font yang cermat untuk sebuah logo. Looka juga menyebutkan bahwa warna dan font yang digunakan haruslah sesuai dengan karakter produk atau jasa yang ditawarkan. Jika tidak sesuai, citra brand atau bisnis tentunya akan sulit dikenal.

BACA JUGA: Apa Itu Logo Merek Bisnis? Ini Manfaat dan Tips Membuatnya

Misalnya, kamu akan membuat logo dari sebuah bisnis perusahaan berbasis teknologi. Tentunya warna dan font yang rumit dan kuno bukanlah pilihan yang tepat. Perusahaan berbasis teknologi pastinya akan lebih cocok menggunakan warna dan font yang modern atau bahkan futuristik.

KH X Sribu.com

Demikian penjelasan mengenai logo bisnis, manfaat, serta hal-hal yang harus dihindari dalam membuatnya.

Pada dasarnya membuat logo yang eye catching dan efektif perlu untuk mempertimbangkan karakteristik bisnismu, target pasar, dan pesan yang ingin disampaikan. Hindari kesalahan-kesalahan di atas dengan memilih kombinasi warna yang sesuai, bentuk yang unik, dan elemen yang relevan dengan bisnismu.

Nah, supaya terhindar dari kesalahan tersebut, kamu bisa percayakan pembuatan logo bisnis kepada Sribu.com yang telah melayani lebih dari 30 ribu UKM dan korporasi sejak 2011 termasuk dalam hal pembuatan logo dengan harga mulai dari Rp170 ribu.

Setelah logo selesai, kamu juga dapat mendaftarkan logo secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham bersama Kontrak Hukum.

Mengapa perlu didaftarkan? Karena logo merupakan investasi bisnis jangka panjang sehingga perlu mendaftarkan perlindungan hukum dari pihak-pihak yang ingin menggunakan logo serupa.

Yuk permudah pembuatan dan pendaftaran logo bisnismu bersama KH X Sribu.com! Untuk gratis konsultasi dan info pemesanan, kamu bisa hubungi melalui WhatsApp di link ini.

Bagi Sobat KH yang ingin melihat layanan lain dari Sribu.com, atau bisa juga cek ke halaman paket dengan klik di sini.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis