Skip to main content

Salah satu faktor yang membantu kesuksesan bisnis adalah sumber daya manusia yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha melakukan proses perekrutan saat mencari karyawan untuk menjadi tim dalam bisnisnya.

Namun dalam memilih karyawan, pelaku usaha tidak boleh hanya mengandalkan insting. Pelaku usaha harus meluangkan waktu dan usaha untuk menemukan orang yang tepat, didasarkan pada faktor-faktor yang kuat dan objektif.

Lantas, bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat untuk bisnis? Berikut kami rangkumkan tipsnya untukmu.

Tips Merekrut Karyawan untuk Bisnis

Agar bisnis yang dijalankan berhasil, salah satu langkah yang tak bisa diabaikan adalah merekrut karyawan yang tepat.

Sebagai pelaku usaha, kamu harus mengambil langkah yang cermat untuk mencari karyawan yang sesuai dengan nilai serta tujuan perusahaan.

Nah, dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merekrut karyawan bisnis dengan tepat:

Pahami Nilai Budaya Perusahaan atau Bisnis

Untuk merekrut orang-orang terbaik, pelaku usaha perlu tahu apa yang dibutuhkan perusahaan atau bisnis itu sendiri. Apa misinya? Apa saja nilai-nilainya? Tipe individu seperti apa yang cocok? Pola pikir apa yang dicari?

Dengan memahami gambaran besar ini, akan membantumu lebih mudah menemukan kandidat potensial.

Buatlah Deskripsi Pekerjaan dengan Jelas

Pernahkah kamu menemui lowongan pekerjaan yang tak cukup gamblang dalam menjelaskan detail pekerjaan dan persyaratan yang diperlukan?

Sama halnya ketika merekrut karyawan untuk bisnismu, jika tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang seharusnya dilakukan karyawan, kamu akan kesulitan merekrut orang yang tepat.

Buatlah deskripsi pekerjaan untuk setiap posisi di perusahaan, yang mencerminkan tanggung jawab, tingkat keterampilan, dan pengalaman yang dibutuhkan. Pastikan juga mengomunikasikan persyaratan pekerjaan dengan jelas kepada kandidat selama wawancara.

Manfaatkan Media Sosial

Tak bisa dipungkiri, media sosial seperti Instagram dan Facebook memiliki peran besar untuk membuat sebuah bisnis dikenal secara luas.

Bukan sekadar media untuk mempromosikan produk bisnis, media sosial juga bisa menciptakan komunitas followers yang loyal terhadap brand-mu. Ini dapat menjadi kesempatan untuk menyebarkan informasi lowongan kerja yang ada di perusahaan-mu.

BACA JUGA: 7 Influencer Indonesia yang Sukses Berbisnis, Ini Tipsnya!

Cara ini terbilang efektif, karena ketika orang menyukai dan telah mempercayai sebuah brand, mereka cenderung ingin tahu cara kerja di ‘dapur’ perusahaan, bahkan ingin menjadi bagian dari brand-mu.

Referensi Karyawan

Melansir Hireology, sebuah penelitian terbaru menyebutkan, sumber perekrutan nomor satu adalah referensi karyawan. Karyawan yang ada di perusahaan atau bisnismu saat ini bisa jadi adalah sumber pelamar potensial yang siap untuk direkrut.

Biasanya, karyawan mengetahui informasi siapa saja teman atau koleganya yang sedang mencari peluang karier baru. Karena itu, beri tahu karyawan saat kamu membuka lowongan kerja baru untuk bisnismu.

Namun demikian, jelaskan juga bahwa kamu akan melakukan proses rekrutmen secara adil, sehingga diterima atau tidaknya pelamar dari referensi karyawan tersebut, tergantung pada kualitas pelamar.

Bangun Citra Bisnis yang Positif

Ingin mendapatkan calon karyawan yang berkualitas? Nah, salah satu hal yang juga perlu kamu lakukan adalah membangun reputasi atau citra perusahaan terlebih dahulu.

Alasannya jelas, kandidat dengan kinerja yang baik umumnya memilih perusahaan yang memiliki reputasi dan bisnis yang positif.

Lantas, bagaimana langkah-langkah membangun citra atau reputasi perusahaan? Kamu bisa memulainya dengan menciptakan lowongan pekerjaan yang mampu merefleksikan budaya positif yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan-mu.

Berikan Pelatihan

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat retensi karyawan baru dapat ditingkatkan sebanyak 40%, dengan program orientasi yang solid.

Selain orientasi pelatihan, kamu bisa memasangkan karyawan baru dengan staf yang lebih berpengalaman, yang dapat membimbing dan melatih karyawan baru selama masa-masa awal mereka di tempat kerja.

Terakhir, ingatlah dua prinsip sederhana, yaitu keterkaitan dengan pekerjaan dan konsistensi. Pastikan kamu sebagai pemilik usaha mendokumentasikan setiap langkah dari proses tersebut dan memiliki alasan yang kuat, objektif, serta berdasarkan bukti untuk memutuskan mempekerjakan seseorang atau tidak.

Sudah Berhasil Rekrut Karyawan, Jangan Lupa Buat Kontrak Ketenagakerjaan!

Setelah berhasil merekrut karyawan yang tepat untuk bisnismu, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyusun kontrak ketenagakerjaan.

Adapun kontrak ketenagakerjaan adalah perjanjian tertulis antara perusahaan dan karyawan yang menetapkan berbagai hal terkait pekerjaan, termasuk tetapi tidak terbatas pada gaji, jadwal kerja, tanggung jawab pekerjaan, durasi kerja, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Kontrak ini akan menjadi dasar hukum yang mengatur hubungan antara perusahaan dan karyawan, memberikan kedua belah pihak kejelasan dan keadilan dalam hubungan kerja.

Pembuatan kontrak ketenagakerjaan dapat memberi sejumlah manfaat, baik bagi perusahaan maupun karyawan, diantaranya:

  1. Mempertegas dan memperjelas hak serta kewajiban perusahaan dan karyawan
  2. Menciptakan hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat meminimalisir konflik atau perselisihan
  3. Menjaga kelancaran proses produksi sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja
  4. Menetapkan syarat-syarat bersama yang:
    • Belum diatur dalam peraturan perundang-undangan
    • Kuantitas dan kualitasnya dapat lebih baik dari peraturan perundang-undangan yang berlaku
    • Diluar normatif atau yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan

Kontak KH

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merekrut karyawan yang tepat bagi bisnismu. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, diharapkan Sobat KH dapat mencari sumber daya manusia terbaik sehingga tujuan dan kebutuhan perusahaan pun dapat terpenuhi dengan baik.

Dalam memperjelas aturan yang disepakati antara perusahaan dan karyawan, alangkah baiknya untuk selalu dituangkan dalam perjanjian tertulis berupa kontrak ketenagakerjaan. Untuk pembuatannya, Sobat KH bisa serahkan saja pada Kontrak Hukum.

BACA JUGA: Apakah Karyawan Kontrak Dikenakan Pajak? Ini Jawabannya!

Sebagai platform legal digital, kami dapat membantu Sobat KH untuk membuat kontrak ketenagakerjaan secara lebih mudah dan cepat, hanya dalam waktu 24 jam!

Jadi, tunggu apalagi? Untuk informasi pemesanan, segera kunjungi laman Layanan KH – Kontrak. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk konsultasikan dengan kami di Tanya KH dan Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Bersama KH, #semuajadiberes!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis