Skip to main content

Sobat KH, pernahkah kamu kebingungan untuk mencari supplier dengan harga murah, produk yang beragam, dan stok berlimpah? Jika iya, maka inilah saatnya kamu mengenal supplier tangan pertama.

Supplier tangan pertama merupakan produsen yang menjadi sumber pertama dalam produksi barang atau produk dalam jumlah besar. Umumnya, supplier ini akan menyuplai produk kepada dropshipper atau reseller, yang kemudian akan menjualnya kembali kepada konsumen.

Namun, mencari supplier tangan pertama tidak semudah itu, lho. Selain persoalan harga, Sobat KH juga perlu memastikan produk yang didapat berkualitas. Untuk itu, yuk, kita pelajari cara mencari supplier tangan pertama yang tepat bagi bisnismu dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Supplier dan Bedanya dengan Distributor

Sebelum membahas lebih jauh untuk mencarinya, Sobat KH perlu terlebih dahulu memahami apa itu supplier.

Supplier adalah seseorang atau suatu badan yang menyediakan dan menjual bahan yang akan diolah oleh bisnis lain untuk menjadi produk siap jual. Barang yang dijual supplier biasanya dalam bentuk bahan baku atau bahan mentah, untuk kemudian dimanfaatkan untuk diproduksi.

Masih banyak orang yang mengira bahwa supplier dan distributor adalah hal yang sama. Padahal sebenarnya, alur produksi yang mereka lakukan berbeda.

BACA JUGA: Sering Terlihat Sama, Ini 5 Perbedaan Supplier dan Distributor!

Distributor adalah pihak yang membeli produk siap jual secara langsung dari produsen. Jadi, mereka adalah orang yang membeli produk yang sudah diolah kemudian menjual produk tersebut ke perantara selanjutnya.

Tips Mencari Supplier untuk Bisnis

Mencari supplier tangan pertama bisa menjadi solusi untuk menawarkan produk berkualitas dengan harga tetap terjangkau, tapi dengan margin keuntungan yang masih masuk akal.

Ya, pendapatan bisnis yang memuaskan adalah saat Sobat KH berhasil menjual produk murah dari supplier tangan pertama tersebut dengan menawarkan harga terbaik bagi konsumen.

Lalu, bagaimana cara mencari supplier yang tepat untuk bisnis?

Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mencari supplier tangan pertama adalah menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan. Apakah kamu akan fokus pada penjualan pakaian, teknologi, atau mungkin produk kecantikan?

Dengan begitu, kamu dapat membuat daftar supplier potensial yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Cari Supplier di Marketplace dan Media Sosial

Setelah menentukan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier di marketplace dan media sosial. Ini juga umum dilakukan oleh para seller pemula.

Alasan utamanya adalah karena produk yang sangat murah dan sudah banyak pula produsen yang terjun langsung menjual produknya di marketplace dan sosial media. Sehingga bisa dibeli eceran, dapat gratis ongkir, pilihan produknya beragam, dan terpercaya jika berada dibawah naungan marketplace terpercaya.

Hadiri Pameran Dagang

Dengan menghadiri berbagai pameran atau bazar, kamu dapat berpeluang lebih besar untuk bertemu dengan supplier yang sesuai dengan kebutuhan. Ya, pameran seringkali menjadi sarana yang digunakan oleh para supplier untuk mempromosikan produk mereka.

Terlebih, supplier yang berpartisipasi dalam pameran biasanya telah melalui seleksi oleh penyelenggara, sehingga identitas dan kredibilitas produk yang ditawarkan lebih terjamin.

Gabung ke Komunitas Bisnis

Cara lain yang bisa Sobat KH lakukan adalah dengan bergabung ke suatu komunitas bisnis. Dengan begitu, kamu akan bertemu dan melakukan sharing dengan pelaku usaha lainnya.

Umumnya, komunitas bisnis ini dapat ditemukan di berbagai platform media sosial atau forum online lainnya. Kamu bisa bergabung dan mengajukan pertanyaan seputar supplier ke anggota komunitas.

Lakukan Riset di Pasar Grosir

Tips terakhir yang bisa kamu coba untuk mencari supplier tangan pertama adalah dengan melakukan riset di pasar grosir. Pasar grosir umumnya menyediakan barang dalam jumah besar atau grosiran dengan harga yang lebih terjangkau dibanding eceran.

Namun, tidak semua penjual di pasar grosir adalah supplier tangan pertama. Tapi yang jelas mereka menjual barang dengan harga lebih murah.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencari supplier tangan pertama. Semoga dapat membantu Sobat KH untuk menemukan supplier yang tepat dan terpercaya untuk bisnismu, ya!

Jangan Lupa Buat Perjanjian Supplier!

Penting untuk diingat bahwa keberhasilan bisnis seringkali bergantung pada kualitas produk dan ketersediaan produk dari supplier.

Di kegiatan inilah dibutuhkan surat perjanjian kerja sama yang dapat melindungi kedua belah pihak dari risiko kecurangan maupun kesalahpahaman di kemudian hari.

Adapun perjanjian ini berisi penjabaran mengenai syarat dan ketentuan dari hubungan kerja sama antara para pihak, tanggung jawab masing-masing pihak, serta larangan bagi para pihak selama kerja sama berlangsung.

Format dan isi dari perjanjian tidak diatur secara tegas dalam KUHPerdata, sehingga sesuai dengan Pasal 1338 KUHPerdata, para pihak diberikan kebebasan untuk menentukan hal-hal yang diatur dalam perjanjian, selama hal yang diperjanjikan tidak melanggar hukum yang berlaku.

Selain itu, perjanjian supplier juga memiliki beberapa tujuan dan manfaat lainnya, seperti:

  1. Menjamin berfungsinya keamanan dan mekanisme usaha yang efisien dan lancar bagi para pihak
  2. Sebagai alat untuk memantau dan mengontrol apakah para pihak sudah melakukan apa yang dijanjikan atau belum, ataukah malah melanggar hal-hal yang telah disepakati
  3. Mencegah timbulnya masalah di kemudian hari karena para pihak dapat mengetahui hak dan kewajibannya, serta mendukung kelancaran pelaksanaan usaha
  4. Sebagai alat bukti jika terjadi perselisihan

Kontak KH

Nah, itulah informasi mengenai tips mencari supplier yang tepat untuk bisnis. Semoga penjelasan di atas dapat membantumu memilih supplier terbaik serta melancarkan proses perjanjian dengan pihak supplier yang dipilih, ya!

BACA JUGA: Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menjadi Distributor!

Apabila sudah menemukan mitra supplier yang cocok untuk menjalankan bisnis, kamu tinggal lanjut ke langkah selanjutnya yaitu membuat kontrak perjanjian supplier.

Perjanjian ini harus melindungi kepentingan kedua pihak dan melanggengkan kerja sama secara baik, sehingga menghindari pihak pelaku usaha dan supplier dari konflik.

Untuk membuatnya, memang sebaiknya dibantu atau dibuatkan oleh pihak yang berwenang atau yang mengerti tentang hukum, salah satunya adalah konsultan hukum seperti Kontrak Hukum.

Bersama ahli profesional, kami dapat membantumu untuk konsultasi gratis mengenai langkah apa dan bagaimana proses yang perlu dilakukan dalam memulai kerja sama dengan supplier.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat sekaligus membuat perjanjian supplier di Kontrak Hukum hanya dengan harga Rp900 ribuan!

Yuk, jalani kerja sama bisnis secara aman dan lancar dengan kunjungi laman Layanan KH – Perjanjian Supplier. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @Kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.