Skip to main content

Perkembangan teknologi yang semakin masif turut mengambil peran dalam pertumbuhan bisnis, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya istilah UMKM Go Digital yang semakin marak didengar belakangan ini.

Apa itu UMKM Go Digital? Istilah ini diartikan sebagai kegiatan UMKM yang memaksimalkan aktivitas digitalnya untuk membuka lebih banyak peluang, termasuk meningkatkan keuntungan. Seluruh bidang UMKM baik kuliner, fashion, hingga agribisnis dapat meningkatkan aktivitas digitalnya berkat kehadiran teknologi dan internet.

Lalu, bagaimana cara yang bisa kita lakukan sebagai pemilik bisnis agar UMKM sukses go digital? Simak ulasannya berikut ini.

5 Tips Jitu Agar UMKM Sukses Go Digital

Perlu Sobat KH ketahui, go digital merupakan suatu keharusan agar UMKM milikmu mampu bersaing dengan kompetitor. Tidak hanya itu, proses digitalisasi ini juga bertujuan untuk membantu UMKM meningkatkan efisien bisnis serta meningkatkan akses pasar.

Untuk bisa melakukan go digital secara efektif, maka Sobat KH sebagai pemilik UMKM sebaiknya menerapkan sejumlah tips dibawah ini:

Buat Website atau Toko Online

Tips pertama yang bisa Sobat KH lakukan agar UMKM sukses go digital adalah dengan membuat website atau toko online untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Pilih platform yang sesuai untuk website atau toko online-mu, seperti WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pastikan untuk mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Sobat KH juga bisa membeli nama domain dan hosting. Dimana nama domain adalah alamat website seperti www.toko-online-umkm.com, sedangkan hosting adalah tempat dimana website kamu disimpan dan diakses oleh pengunjung.

Gunakan Media Sosial

Agar sukses go digital, Sobat KH bisa promosikan produk atau layanan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok. Pilihlah platform media sosial yang sesuai dengan target pasar dan jenis produk atau jasa yang kamu tawarkan, lalu pastikan untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat.

Pastikan juga untuk terlibat dan responsif terhadap pertanyaan serta komentar yang diberikan audiens. Ini akan membantumu membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen.

Gunakan Platform E-Commerce

Tips selanjutnya agar UMKM-mu sukses go digital adalah dengan membuka toko online di e-commerce. E-commerce bukan hanya sebatas marketplace untuk menjual produk atau jasa secara daring saja. Platform ini juga mampu memperluas jangkauan pemasaran dan memudahkan pembelian.

Mulailah berjualan di e-commerce yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memajukan bisnismu, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya. Dengan begitu, akan mendatangkan konsumen lebih banyak lagi.

Manfaatkan Sistem Pembayaran Digital

Poin ini pastinya wajib karena digitalisasi bisnis tidak akan bisa berlangsung apabila bisnis belum menyediakan metode pembayaran digital. Kini, banyak layanan pembayaran digital yang ditawarkan untuk membantu para pelaku UMKM go digital, seperti Gopay, Ovo, Dana, dan lainnya.

Integrasikan aplikasi pembayaran tersebut ke bisnismu. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk membayar produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Pahami Perilaku Konsumen

Sebagai pemilik UMKM yang ingin sukses go digital, maka Sobat KH sebaiknya paham betul seputar keinginan dan perilaku konsumen. Terlebih ketika berbelanja online, mereka akan lebih waspada agar tidak mudah tertipu atau rugi.

Sediakan fitur obrolan atau chat di laman pembelianmu. Dengan begitu, Sobat KH bisa menjangkau konsumen dengan mudah dan mengetahui apa keinginan, kebutuhan, dan preferensi yang mereka cari. Selain itu, kamu pun bisa menyediakan kolom testimoni.

Manfaat Bagi UMKM yang Sukses Go Digital

Saat ini, banyak pelaku UMKM yang berlomba-lomba melakukan digitalisasi bisnis. Hal itu bertujuan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Tidak hanya itu, nyatanya, digitalisasi ini dinilai memiliki banyak manfaat.

Lalu, apa saja manfaat bagi UMKM yang sukses go digital?

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Digitalisasi membuka peluang UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kehadiran media sosial, e-commerce, dan situs web dapat meminimalisir kendala pemasaran bagi bisnis kecil.

Dimana pelaku UMKM dapat melakukan promosi dengan mudah, murah, dan menjangkau konsumen lebih luas hingga pasar internasional. Pastinya, semakin luas jangkauan pemasaran suatu bisnis, maka penghasilan pun akan meningkat.

UMKM Lebih Profesional

Meski bisnis yang dijalankan terlihat kecil, banyak pelaku UMKM yang beromzet tinggi setelah go digital. Hal ini karena banyaknya pesanan yang masuk dari platform online. Biasanya, UMKM yang sukses go digital juga memiliki laman web dan media sosial yang dikelola dengan apik.

Hal tersebut tentu dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan terlihat lebih profesional. Terlebih bagi UMKM sudah memiliki sistem keuangan yang lebih terperinci dan canggih, pasti akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatannya dan keuangan bisnis menjadi lebih sehat.

Menekan Biaya Operasional dan Pemasaran

Manfaat terakhir dari go digital adalah pelaku UMKM bisa menekan biaya operasional dan penasaran. Bagi pelaku UMKM, sewa toko dan gaji karyawan umumnya menjadi variabel biaya operasional yang cukup tinggi. Digitalisasi dinilai dapat menjadi solusi karena tidak lagi perlu membuka toko fisik.

Tidak hanya itu, aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media sosial juga relatif mudah ketimbang metode pemasaran konvensional. Pelaku UMKM juga dapat mengirim email blast mengenai produk baru ke banyak orang sekaligus.

BACA JUGA: UMKM-Mu Mau Naik Kelas Jadi PT? Ini Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Nah, itu tadi ulasan mengenai lima tips jitu agar UMKM-mu sukses go digital. Semoga bisa membantu Sobat KH sebagai pelaku UMKM untuk bisa membuat bisnis semakin maju dan go digital, ya!

Kontak KH

Nah, khusus bagi Sobat KH yang ingin UMKM nya sukses go digital, maka jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan bisnis seperti legalitas, pemasaran, dan keuangan, ya! Hal ini penting dibutuhkan untuk pengembangan bisnis dan meningkatkan kepercayaan pembeli.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis tersebut, Sobat KH tidak perlu repot-repot hire tim karena kamu dapat melakukannya bersama Kontrak Hukum.

Dengan layanan Digital Business Assistant (DiBA),  kamu bisa mendapatkan layanan bisnis terlengkap mulai dari layanan legal, akuntansi, pajak, dan keuangan hanya di satu tempat dengan DiBA Kontrak Hukum.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman ini.

Atau masih ingin berkonsultasi dan memiliki pertanyaan seputar UMKM lainnya? Kamu juga bisa hubungi kami melalui link berikut Tanya KH serta melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.