Skip to main content

Tahukah Sobat KH, mulai pertengahan Juli 2023 nanti, konten YouTube bisa dijadikan jaminan guna mengajukan pinjaman utang ke bank?

Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 24 Tahun 2022 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juli silam.

Ketentuan itu dipastikan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly yang menyatakan bahwa konten YouTube dengan banyak views bisa dijadikan jaminan para pelaku ekonomi kreatif untuk mengajukan utang di bank.

Sebelumnya, Yasonna juga menjelaskan bahwa kebijakan terkait konten YouTube berlaku sebagai jaminan utang bank adalah bentuk keberpihakan pemerintah yang berbasis Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Meski begitu, tidak semua konten YouTube bisa jadi jaminan utang. Pasalnya, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha kreatif atau content creator yang ingin menjadikan konten mereka sebagai jaminan bank.

Syarat Konten Agar Bisa Jadi Jaminan?

Dalam Weekly Press Briefing yang diselenggarakan pada 1 Agustus 2022 lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno memaparkan sejumlah syarat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk bisa menjadikan kontennya di YouTube sebagai jaminan bank.

Berikut syarat-syaratnya:

  1. Karya harus tercatat dan terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum
  2. Karya sudah dikelola baik secara mandiri atau dialihkan haknya kepada orang lain
  3. Mengisi proposal pembiayaan
  4. Memiliki perikatan terkait HAKI
  5. Karya dapat dibuktikan melalui surat pencatatan dan sertifikat HAKI

Guna mewujudkan kebijakan ini, Sandiaga selaku Menparekraf juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi ke lembaga-lembaga keuangan yang ada di Indonesia.

Nantinya, pihak lembaga keuangan bank akan melakukan beberapa tahapan verifikasi terhadap surat dan sertifikat HAKI milik pelaku ekonomi kreatif dan tim penilai yang akan menilai kekayaan intelektual berupa konten YouTube tersebut.

Surat dan sertifikat HAKI ini yang juga sekaligus akan menjadi objek jaminan utang dalam bentuk jaminan fidusia atas kekayaan intelektual dan hak tagih dalam kegiatan ekonomi kreatif. Dari surat dan sertifikat tersebut, pemberi pinjaman akan menentukan nilai kekayaan intelektual.

Semakin tinggi nilai dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek atau paten yang dimiliki tersebut, maka nilai pinjaman yang diberikan pun akan semakin besar.

Apa Saja Manfaat Lain dari Pendaftaran HAKI?

Dengan adanya kebijakan konten YouTube yang bisa dijadikan jaminan utang di bank, diharapkan nantinya bisa mendorong pelaku industri kreatif untuk terus berkarya dan bisa memanfaatkan kecanggihan digital untuk tumbuh menjadi talenta kreatif.

Namun yang perlu diingat, konten YouTube yang dapat dijadikan objek jaminan utang harus memenuhi dua syarat.

Syarat pertama, karya atau kekayaan intelektual tersebut harus tercatat atau terdaftar di DJKI Kemenkumham. Lalu syarat kedua, produk kekayaan intelektual tersebut sudah dikelola (komersialisasi) baik sendiri maupun oleh pihak lain.

Oleh karena itu, bagi Sobat KH yang saat ini merupakan seorang content creator dan ingin agar konten yang dihasilkan bisa menjadi jaminan di bank, jangan lupa untuk segera daftarkan kekayaan intelektualnya ke DJKI.

Adapun HAKI yang bisa didaftarkan antara lain berupa:

  • Hak cipta: musik, lagu, tari, koreografi, drama, seni rupa, seni batik, dan sebagainya;
  • Hak kekayaan industri: hak paten, hak merek, desain industri, dan sebagainya.

Selain bisa dijadikan jaminan utang di bank, pendaftaran HAKI juga sangat penting dilakukan karena HAKI memiliki manfaat dan peran penting dalam perlindungan ciptaan produk atau karya kreatif dari tiap individu atau kelompok secara umum.

BACA JUGA: Kekayaan Intelektual Bisa Dijadikan Jaminan Utang, Ini Aturannya!

Beberapa manfaat lain dari pendaftaran HAKI, antara lain:

  • Sebagai perlindungan hukum terhadap pencipta dan karya ciptanya
  • Sebagai bentuk antisipasi pelanggaran berupa penyalahgunaan dan plagiarisme
  • Meningkatkan kompetisi dan memperluas pangsa pasar
  • Memiliki hak ekonomis

Kontak KH

Untuk mempermudah pendaftaran HAKI, Sobat KH bisa serahkan saja pada Kontrak Hukum. Tak perlu khawatir, karena apapun jenis karya yang akan Sobat KH daftarkan sebagai HAKI, semuanya tersedia di Kontrak Hukum. Proses nya juga sangat mudah, cepat, dan efisien.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran HAKI di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman ini.

Atau jika masih memiliki pertanyaan seputar layanan legal lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan dengan kami di Tanya KH serta melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.