Skip to main content

Tak terasa kurang dari dua minggu lagi, para umat Muslim akan merayakan momen Idul Fitri  1445 H atau hari raya lebaran 2024. 

Momen lebaran bukan hanya merupakan kesempatan untuk beribadah dan saling silaturahmi, namun juga menyimpan peluang untuk memulai sebuah bisnis.

Apalagi di momen ini, kebanyakan orang memiliki Tunjangan Hari Raya (THR) sehingga memiliki dana lebih. Ini bisa menjadi satu segmen pasar yang dapat digarap untuk mencari keuntungan.

Dengan modal yang kecil dan bekerja dari rumah, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis karena akan banyak ide yang bisa dilakukan. Apa saja, ya?

Nah, jika kamu belum punya ide bisnis atau masih ragu untuk berjualan saat lebaran, simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran 2024

Lebaran memang merupakan momen spesial yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Momen ini identik dengan berbagai tradisi, mulai dari mudik, silaturahmi, hingga menyantap hidangan khas Lebaran.

Di tengah suasana penuh sukacita, peluang bisnis pun mulai bermunculan. Bagi Sobat KH yang ingin meraup keuntungan jelang Lebaran 2024, berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa dicoba:

Bisnis Kue Kering Lebaran

Kue kering adalah salah satu hidangan wajib di momen lebaran. Beragam jenis kue kering klasik seperti nastar, kastengel, putri salju, dan lidah kucing selalu digemari. Jika Sobat KH hobi baking, bisnis yang satu ini bisa dipertimbangkan.

Bisnis ini biasanya akan mengalami lonjakan saat 1-2 minggu jelang lebaran. Untuk modal tergantung dengan banyaknya jenis dan bahan apa yang akan kamu gunakan nanti.

Jika Sobat KH tidak bisa baking, bisa juga bekerja sama dengan teman atau bahkan menjadi reseller, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal.

Bisnis Hampers Lebaran

Barang yang satu ini juga banyak diincar sebagai penghubung silaturahmi. Mulai dari individu hingga perusahaan, hampers menjadi incaran para konsumen di momen jelang lebaran seperti saat ini.

Sobat KH bisa berjualan hampers berisi berbagai makanan ringan atau kue kering. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengkreasikan hampers dengan berbagai isian lain seperti skincare, alat sholat, perabotan rumah, dan sebagainya.

BACA JUGA: Mau Bikin Bisnis Hampers Lebaran? Pahami Dulu Izin Usahanya

Bisnis Katering Lebaran

Lebaran identik dengan berbagai hidangan khas yang lezat, mulai dari ketupat, opor, gulai, dan sebagainya. Nah jika Sobat KH memiliki kemampuan memasak, bisa membuka bisnis katering Lebaran.

Bisnis satu ini sangat diminati oleh orang-orang yang tidak memiliki kemampuan dan waktu untuk memasak sendiri. Jangan lupa untuk tawarkan menu yang beragam dan menarik dan promosikan di media sosial atau grup-grup Whatsapp.

Bisnis Katering Makanan Sehat

Selain katering menu makanan lebaran itu sendiri, Sobat KH juga bisa membuka bisnis katering makanan sehat atau diet.

Ya, seperti yang diketahui, makanan yang biasa disajikan saat bulan puasa dan lebaran cenderung berlemak dan manis. Akibatnya, tak sedikit dari kita yang mengalami peningkatan berat badan.

Ide bisnis satu ini sangat cocok bagi orang yang ingin menjalani program diet setelah lebaran.

Jual Amplop Lebaran

Memberi angpao menjadi tradisi unik yang selalu ada di momen lebaran. Memberikan angpao dengan bentuk yang lucu tentu jadi kesenangan tersendiri. Karenanya, ide bisnis satu ini bisa jadi peluang cuan yang lumayan untuk dicoba.

Kamu bisa mencari inspirasi dari berbagai contoh desain amplop lebaran di internet atau membuat desain dan kreasi sendiri. Jangan lupa untuk menggunakan bahan yang berkualitas dan ramah lingkungan, serta menjual amplop lebaran di toko-toko online dan e-commerce.

Bisnis Reseller atau Dropshipper Pakaian Muslim

Sudah tak asing lagi kalau momen lebaran identik dengan baju baru. Bahkan, para wanita tak ketinggalan membeli berbagai aksesorisnya seperti sepatu, tas, dan hijab.

Nah, hal ini bisa Sobat KH jadikan peluang sebagai ide bisnis online, yakni dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dengan begitu, kamu tak perlu memikirkan konsep usaha, membuat produk, atau bahkan modal. Dijamin usaha ini tidak akan merugikan!

Jualan Perlengkapan Ibadah

Sama halnya pakaian muslim, banyak orang yang juga akan mempersiapkan dan membeli perlengkapan ibadah baru jelang momen lebaran, mulai dari sarung, mukena, peci, tasbih, sajadah, dan lain sebagainya.

Sobat KH bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual perlengkapan ibadah.  Keuntungan dari bisnis yang satu ini tak main-main, lho. Apalagi jika perlengkapan ibadah yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sedang tren di kalangan target pasarmu.

Bisnis Jasa Rental Kendaraan

Bagi para pendatang, mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi. Nah, jika Sobat KH tidak mudik, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan menyewakan kendaraan.

Ya, jika mobil di rumah tidak terpakai, kamu bisa menyewakannya ke orang-orang terdekat dan terpercaya. Hal ini dijamin menguntungkan karena harga sewa mobil jauh melambung saat lebaran seperti ini, dibanding dengan hari biasa.

Bisnis Jasa Bersih-Bersih Rumah

Menyediakan jasa bersih-bersih rumah juga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jelang lebaran. Hal ini karena banyak orang yang merasa malas untuk membersihkan rumah mereka sendiri, terutama ketika berpuasa.

Manfaatkan kesempatan ini untuk memberikan layanan pembersihan rumah dan dapatkan penghasilan tambahan menjelang lebaran.

Bisnis Produk Elektronik

Berdasarkan data dari laporan Google pada Ramadhan tahun lalu, banyak orang yang menunda pembelian barang-barang dengan harga yang cukup tinggi hingga setelah Ramadhan. Hal ini karena mereka memastikan kebutuhan dasar terpenuhi terlebih dahulu.

Setelah lebaran, baru konsumen menggunakan uang lebihnya untuk berbelanja gadget. Jika saat ini modal yang dimiliki masih minim, kamu bisa memulai dengan menjual aksesori gadget terlebih dahulu.

Jika memiliki modal lebih, kamu bisa menjual barang elektronik seperti smartphone, laptop, kamera, dan sebagainya.

Itu dia beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba jelang lebaran 2024. Jadi, bisnis apa yang ingin Sobat KH jalankan?

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jelang Lebaran 2024

Setelah menentukan ide bisnis apa yang akan dicoba jelang momen lebaran 2024 ini, kini saatnya kamu menyiapkan sejumlah strategi agar bisnis yang dijalankan bisa efektif dan menguntungkan.

Pasalnya, momen puasa dan lebaran terbilang singkat, jadi pastikan untuk memulai perencanaan dan persiapan dengan cukup waktu. Jangan sampai niatnya mencari untung, malah jadi ‘buntung’ karena kurang mempersiapkan strategi bisnis dengan baik.

Adapun strategi bisnis ini mencakup target pasar yang ingin dijangkau, apakah kamu ingin fokus pada makanan, aksesoris, atau semua sekaligus, dan kemudian ciptakan tampilan yang menarik untuk toko fisik atau media sosial bisnismu.

Oh ya, jangan lupa untuk segera membuat merek dagang untuk bisnismu. Keberadaan merek akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Ketika mereka melihat merek yang menarik dan sudah dikenal, konsumen akan cenderung mempercayainya dan memilih produk atau jasa daripada bisnis yang tidak memiliki merek.

BACA JUGA: 10 Ide Usaha Online Minim Modal Untuk Lebaran 2023

Terlebih jika kamu ingin meneruskan bisnis ini untuk jangka panjang, merek dagang yang kuat dapat menjadi aset berharga yang dapat mempengaruhi nilai jualnya.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang ingin membuka ide bisnis, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena konsultasi di Kontrak Hukum gratis serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan pemenuhan legalitas usaha yang harus dipenuhi ketika membangun sebuah bisnis, semuanya lengkap satu tempat hanya di Kontrak Hukum.

Yuk, mulai bisnis secara mudah dan aman dengan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika masih memiliki pertanyaan, kamu bisa hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @Kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.