Skip to main content

Selain sebagai peringatan hari raya Idul Fitri bagi umat muslim, momen lebaran juga banyak dimanfaatkan orang mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan membuka ide usaha online.

Ya, ide usaha online dengan modal yang minim, termasuk untuk momen lebaran, kini semakin banyak dipilih oleh para pebisnis karena pengerjaannya yang mudah dan hasilnya juga menguntungkan, lho.

Usaha online saat momen lebaran juga tak mengharuskan Sobat KH pergi kemana-mana. Dengan kata lain, ada banyak usaha online yang bisa dilakukan di rumah dan di sela-sela kesibukan utama.

Percaya atau tidak, dengan modal yang minim untuk usaha online saat lebaran, Sobat KH bisa mendapatkan keuntungan hingga tiga kali lipat atau lebih!

Nah, apakah Sobat KH juga termasuk salah satu orang yang ingin memanfaatkan momen lebaran 2023 dengan membuka usaha online? Jika iya, maka Sobat KH berada di laman yang tepat karena pada artikel kali ini kami telah merangkum beberapa ide usaha online minim modal untuk lebaran 2023.

Penasaran kan, apa saja? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Apa Saja Ide Usaha Online Minim Modal Untuk Lebaran 2023?

Biasanya, lebaran atau hari raya Idul Fitri memang dirayakan dengan kegiatan berbelanja barang-barang baru dan berbagi kepada sahabat serta kerabat terdekat. Tak heran, ada banyak ide usaha lebaran yang bisa dijalankan.

Jika Sobat KH ingin mencoba memulai usaha untuk lebaran 2023 ini, kamu bisa mulai dari usaha online kecil-kecilan yang minim modal atau bahkan tanpa modal.

Berikut beberapa ide usaha online minim modal yang dapat Sobat KH coba untuk lebaran 2023:

Reseller atau Dropshipper Pakaian Muslim

Sudah tak asing lagi kalau momen lebaran identik dengan baju baru. Saat menjelang hari raya, hampir semua orang berburu pakaian muslim. Bahkan, para wanita tak ketinggalan membeli berbagai aksesorisnya seperti sepatu, tas, dan hijab.

Nah, hal ini bisa Sobat KH jadikan peluang sebagai ide usaha online, yakni dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dengan begitu, kamu tak perlu memikirkan konsep usaha, membuat produk, atau bahkan modal.

Sebagai reseller atau dropshipper, Sobat KH cukup memasarkan produk milik penjual utama dengan selisih tertentu dan membeli produk tersebut saat ada pesanan. Dijamin usaha ini tidak akan merugikan!

Jualan Perlengkapan Ibadah

Sama halnya pakaian muslim, banyak orang yang juga akan mempersiapkan dan membeli perlengkapan ibadah baru jelang momen lebaran, mulai dari sarung, mukena, peci, tasbih, sajadah, dan lain sebagainya.

Sobat KH bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual perlengkapan ibadah secara online. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga dapat menjual perlengkapan ibadah dengan sistem reseller atau dropshipper sehingga tak membutuhkan modal.

Keuntungan dari usaha online yang satu ini tak main-main, lho. Apalagi jika perlengkapan ibadah yang Sobat KH jual memiliki kualitas yang baik dan sedang tren di kalangan target pasarmu.

Jualan Perlengkapan Mudik

Selain belanja pakaian dan perlengkapan ibadah baru, momen lebaran juga identik dengan dengan kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman.

Momen ini bisa Sobat KH manfaatkan dengan menjual perlengkapan mudik yang murah-murah, namun menjadi syarat wajib bagi siapa saja yang ingin bepergian jauh. Mulai dari masker, sarung tangan, kacamata, tongtool, dan masih banyak lagi.

Pasti banyak yang memerlukan barang-barang tersebut dan dengan harga yang murah, Sobat KH tidak membutuhkan modal terlalu besar namun keuntungannya lumayan menjanjikan.

Jualan Kue Kering

“Lebaran tanpa kue kering rasanya hampa”. Inilah yang menggambarkan bagaimana kue kering menjadi primadona saat lebaran. Mulai dari menu legend seperti nastar, kastengel, lidah kucing, hingga kue kekinian variatif yang jadi idaman saat lebaran.

Jika Sobat KH hobi membuat kue, ide usaha online untuk lebaran ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa memilih menu kue yang sederhana sehingga tak membutuhkan modal banyak.

Nah, karena biasanya orang sudah mulai mencari kue kering beberapa hari sebelum lebaran, Sobat KH bisa mulai mempersiapkan jualannya mulai dari sekarang. Untuk meminimalisir kerugian, Sobat KH juga bisa menjual kue kering dengan sistem PO.

Jualan Kurma

Kurma adalah hidangan khas Ramadhan yang biasanya menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Tapi jangan salah, banyak orang yang juga menyediakan kurma saat lebaran, baik untuk hidangan tamu maupun konsumsi sendiri.

Maka dari itu, buah khas Timur Tengah ini dapat Sobat KH jadikan sebagai salah satu ide usaha online untuk lebaran 2023.

Selain mudah dicari dan sudah pasti laris manis, usaha jualan kurma tidak butuh modal besar kok. Yang penting, Sobat KH harus pintar mencari supplier kurma yang lengkap dan harganya terjangkau.

Jualan Ketupat

Selain kue kering dan kurma, makanan khas lainnya yang juga disajikan saat lebaran adalah ketupat. Setiap rumah pasti akan menyediakan dan menyajikan makanan ini saat lebaran.

Sobat KH dapat menjual ketupat yang siap makan atau ketupat yang sudah dirangkai dan tinggal diisi dengan beras. Namun jika Sobat KH belum bisa membuatnya, kamu dapat menjual daun kelapa muda yang bisa diambil di pohon kelapa.

Modal usaha satu ini sangat kecil dan murah, yakni mulai dari Rp1 ribu saja. Setelah itu, Sobat KH bisa menjualnya dengan harga dua kali lipat dari harga pasaran.

Jualan Bumbu Masak

Masih seputar makanan, jualan bumbu masakan bisa menjadi pilihan ide usaha online yang juga dapat Sobat KH jalankan untuk lebaran 2023. Hal ini mengingat, banyak orang yang akan lebih memilih untuk memasak makanan yang sederhana dan mudah disiapkan.

Nah, menjual bumbu masakan ini bisa membantu persiapan mereka menjadi lebih mudah. Sobat KH bisa menawarkan bumbu masakan untuk makanan-makanan khas lebaran seperti gulai, opor, atau sop.

Tambahkan rekomendasi takaran atau resep untuk memudahkan konsumen. Pastikan juga bumbu yang Sobat KH jual segar dan tahan lama untuk menghindari adanya keluhan.

Jualan Aksesoris dan Perhiasan

Ide usaha online untuk lebaran 2023 selanjutnya adalah jualan aksesoris dan perhiasan. Hal ini karena ada banyak orang yang berburu aksesoris dan perhiasan untuk mempercantik penampilan, terutama wanita.

Produk-produk seperti kalung, gelang, cincin, bros, hingga aksesoris hijab semakin laris manis menjelang lebaran. Untuk itu, Sobat KH bisa jadikan aksesoris dan perhiasan sebagai ide usaha online untuk lebaran 2023.

Modal untuk memulai usaha ini juga tidak besar kok. Mengingat harga aksesoris cukup terjangkau dan Sobat KH pun bisa menjual beberapa item saja dengan menyesuaikan budget modal yang kamu miliki.

Jualan Amplop THR

Butuh ide kreatif untuk usaha online jelang lebaran 2023? Sobat KH bisa coba jualan online amplop THR. Ide yang satu ini tentu modalnya lebih kecil dibandingkan produk lainnya.

Meskipun begitu, keuntungan jualan amplop THR jelang lebaran lumayan menjanjikan, lho! Sebab, produk ini memang selalu laris manis dan sangat dibutuhkan untuk memberikan bonus THR ke saudara maupun tetangga.

Nah, bagi Sobat KH yang memiliki kemampuan desain, bisa banget nih, berjualan amplop THR secara online dengan model atau gambar yang variatif supaya lebih menarik minat pembeli.

Jasa Kreasi Kartu Ucapan

Selain jualan amplop THR, jasa kreasi kartu ucapan lebaran juga menjadi salah satu ide usaha online untuk lebaran 2023 yang patut dicoba.

Sobat KH bisa membuat desain khas lebaran yang unik dan kreatif agar orang tertarik. Untuk pemasarannya, Sobat KH bisa gunakan media sosial agar dapat menjangkau lebih banyak orang. Agar lebih terpersonalisasi, kamu juga bisa menawarkan kartu ucapan custom.

Selain menjual kartu ucapan secara satuan, Sobat KH juga bisa bekerja sama dengan usaha-usaha online khas lebaran lainnya. Pasalnya, banyak juga usaha yang menawarkan tambahan kartu ucapan bagi pembeli mereka.

BACA JUGA: Mau Bikin Bisnis Hampers Lebaran? Pahami Dulu Izin Usahanya

Itu dia beberapa ide usaha online minim modal untuk lebaran 2023. Jadi, usaha online apa yang ingin Sobat KH jalankan?

Tips Menjalankan Ide Usaha Online Untuk Lebaran 2023

Zaman dan teknologi yang semakin berkembang membuat pelaku usaha online semakin banyak, terutama jelang momen lebaran. Bagaimana tidak, selain dengan diiringinya permintaan yang tinggi jelang lebaran, usaha online juga semakin diminati karena bisa dilakukan di mana saja, bermodal kecil, dan dijamin menguntungkan.

Bahkan, jika berhasil dan mendapat keuntungan yang berlipat, Sobat KH juga dapat menjadikan usaha online yang kamu geluti sebagai bisnis tahunan.

Namun di luar daripada itu, membuka usaha online perlu strategi bisnis yang pas. Hal ini dilakukan agar usaha online tersebut berjalan lancar, cepat meraih keuntungan, dan tentunya bisa memenangkan persaingan di tengah menjamurnya pelaku usaha online.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Sobat KH lakukan agar usaha online jelang lebaran 2023-mu dapat berjalan lancar dan laris manis:

Berikan Inovasi Produk

Setelah mengetahui ide usaha online apa yang akan Sobat KH jalankan, kamu juga harus berani melakukan inovasi produk. Tentunya, dengan tetap menjaga kualitas agar produk yang kamu jual tersebut laris di pasaran.

Selain dari segi produk, Sobat KH juga berinovasi dari segi cara pemasaran. Seperti membuat paket bundling dengan harga yang lebih murah, namun tetap menguntungkan bagimu.

Berikan Tampilan yang Menarik

Mengingat usaha ini dijalankan secara online, maka sangat penting bagi Sobat KH untuk memberikan tampilan yang menarik pada katalog produk jualanmu. Tampilan yang menarik pasti akan membuat calon pembeli ingin mencobanya.

Sobat KH bisa menggunakan kemasan yang berkualitas serta percantik dengan logo bisnis yang sudah di desain sebagus dan semenarik mungkin.

Tentukan Target Pasar

Hal yang tak kalah penting saat menjalankan usaha online adalah menentukan target pasar. Sobat KH harus menentukan apakah akan memasarkan produk di pasar ke menengah ke atas atau menengah ke bawah, atau bahkan keduanya.

Dengan mengetahui target pasar, Sobat KH bisa menentukan kisaran harga yang pas serta cara mempromosikannya.

Buat Strategi Promosi dan Pemasaran dengan Platform Digital

Menjalankan ide usaha online memang dapat menjangkau lebih banyak orang. Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan strategi pemasaran dan promosi melalui platform digital yang mumpuni.

Sobat KH bisa memanfaatkan website, e-commerce, hingga media sosial seperti Tiktok, Facebook, dan Instagram untuk menjangkau konsumen di luar daerah. Terlebih, proses pemesanan dan transaksi pun juga lebih mudah berkat platform digital yang beragam pada usaha online-mu.

Dari segi pemasaran, Sobat KH bisa melakukan giveaway melalui mention teman di kolom komentar atau Instagram Story media sosial bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa adakan diskon jelang lebaran yang menarik sehingga brand awareness akan semakin meningkat.

Penuhi Legalitas Usaha

Jangan salah, meskipun bisnis dijalankan secara online, Sobat KH juga tetap harus memenuhi legalitas usaha, lho. Adapun salah satu bentuk legalitas tersebut adalah dengan mendaftarkan merek dagang dan logo bisnis yang dimiliki ke DJKI Kemenkumham.

Dengan begitu, Sobat KH telah mencegah merek dagang dan logo bisnismu dari  plagiasi atau disalahgunakan oleh kompetitor.

Setelah itu, sekalian juga buat Nomor Induk Berusaha (NIB) agar bisnismu bisa naik level. Karena dengan memiliki NIB, Sobat KH sebagai pebisnis berarti terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan sehingga lebih mudah mendapatkan pendanaan modal usaha dari pemerintah.

Kontak KH

Bagaimana, ternyata cukup beragam bukan, ide usaha online minim modal yang bisa Sobat KH coba untuk lebaran 2023 ini?

Apalagi kini sobat KH juga sudah memahami mengenai tips untuk menjalankannya, termasuk legalitas usaha apa saja yang diperlukan agar usaha online semakin lancar.

Nah, untuk semakin mempermudah usaha online milikmu, termasuk dengan pengurusan legalitas usaha seperti pendaftaran merek dagang, pembuatan NIB, NPWP, hingga izin usaha untuk bisnis online, Sobat KH bisa hubungi Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai proses atau langkah yang harus dilakukan, termasuk dokumen legalitas bisnis apa saja yang diperlukan untuk usaha online. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan usaha dan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.