Skip to main content

Ada banyak momen penting yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun bisnis, salah satunya perayaan Hari Raya Natal dan tahun baru.

Meskipun bisnis natal dan tahun baru cenderung masuk ke dalam jenis usaha musiman, akan tetapi peluang keuntungannya cukup menjanjikan, lho.  Apalagi bisnis ini juga biasanya tidak harus memerlukan modal yang besar. Asalkan kamu mau memanfaatkan kesempatan, cuan akan datang.

Nah, apakah kamu tertarik? sudah tahu belum, apa ide bisnis jelang momen natal dan tahun baru yang akan dijalani? Biar nggak bingung, yuk, nitip penjelasannya pada artikel berikut!

Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru

Berbisnis jelang hari Raya Natal dan tahun baru bisa menambah pundi-pundi pendapatan. Siapa tahu bisa menambah isi kantong untuk bekal liburan akhir tahun.

Selain itu, bisnis ini juga bisa mengisi waktu libur sehingga lebih produktif dan tentunya akan sangat menguntungkan dan menyenangkan.

Bagi kamu yang ingin mencoba ya, bisa intip beberapa ide bisnis natal dan tahun baru di bawah ini:

Bisnis Hampers

Banyak orang yang ingin memberikan hadiah untuk orang-orang terkasih. Namun, tak sedikit orang yang tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan hadiah tersebut.

Alih-alih membeli dan membungkus kado, sebagian lebih memilih membeli hampers yang sudah jadi dan siap diberikan untuk orang tersayang. Melihat peluang ini, kamu bisa membuka usaha hampers natal dan tahun baru.

Cobalah hadirkan beberapa paket hampers yang berisi berbagai hadiah, mulai dari hampers pria, wanita, hingga anak-anak. Kamu juga bisa memberikan pilihan kustom kartu ucapan agar lebih menarik.

Bisnis Kue Kering

Ide bisnis natal dan tahun baru berikutnya ialah berjualan  kue kering. Biasanya, penjual kue kering akan banjir orderan selama momen penting seperti perayaan natal dan tahun baru.

Kue kering yang banyak diburu tentunya meliputi kue khas natal. Misalnya kue jahe, sugar icing cookies, butter cookies, kaastangel, speculaas, vanillekipferl, dan lainnya.

Kamu bisa coba menjual aneka jenis kue kering khas natal ini secara satuan. Bisa juga memberikan penawaran menarik melalui paket bundling. Selain itu, kamu dapat menggunakan kemasan yang unik untuk meningkatkan nilai jual.

Bisnis Aksesoris Natal dan Tahun Baru

Dekorasi yang meriah dan menarik menjadi suatu nilai plus untuk memanjakan mata tamu. Di sini bisa menjadi ladang and pundi-pundi dengan berjualan aksesoris natal Dan tahun baru.

Adapun berbagai pernak-pernik yang bisa kamu jual, seperti terompet, lampu hias, dekorasi natal, topi natal, hingga pohon natal.

Selain itu, kamu juga bisa menjual perlengkapan DIY untuk membuat kado seperti kertas kado, pita natal, dan sebagainya. Aksesoris ini akan banyak dicari sebagai pelengkap keceriaan natal dan tahun baru.

Bisnis Katering

Kamu yang membuka bisnis katering dijamin akan banjir pesanan selama momen perayaan natal dan tahun baru ini.

Bagi kamu yang baru memulai bisnis katering, mungkin bisa mulai mempromosikannya kepada orang-orang terdekat dahulu.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Manfaatkanlah juga media sosial untuk mempromosikan bisnis katering kamu. Bagikan semua foto maupun video makanan yang kamu jual untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Bisnis Kembang Api dan Terompet

Termasuk bisnis musiman, namun ide berjualan kembang api dan terompet ini sangat menarik untuk dicoba. Biasanya, terompet dan kembang api banyak dicari untuk membuat perayaan natal semakin meriah.

Kamu pun bisa coba menjualnya mulai dari rumah. Modalnya juga tidak terlalu besar, dan produk seperti ini masih bisa kamu tawarkan hingga perayaan pergantian tahun tiba. Jadi, dijamin akan sangat menguntungkan!

Namun, bisnis kembang api perlu mengantongi izin dari aparat kepolisian. Biar bagaimana pun, kembang api terbuat dari bahan kimia yang mudah terbakar dan memiliki potensi mencelakai orang lain.

Bisnis Sewa Villa dan Homestay

Daerah Puncak, Bogor, selalu menjadi tujuan utama bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya saat tahun baru tiba. Ada banyak villa dan akomodasi yang disewakan disana.

Jika kamu memiliki properti di kawasan wisata seperti daerah Puncak, mengapa tidak menyewakannya saat natal dan tahun baru nanti?

Permintaan sewa villa saat libur nataru selalu meningkat. Biasanya, penyewa villa ini datang dari rombongan keluarga besar atau acara kantor.

Bisnis Jasa Open Trip

Jika kamu tinggal di kawasan wisata atau memiliki wawasan yang luas terhadap suatu destinasi, mengapa tidak menawarkan jasa open trip wisata?

Sebagai contoh, kamu bisa membuka open trip di Bandung, Bogor, atau kota lain yang terkenal sebagai daerah tujuan wisata saat nataru. Dengan membuka open trip, kamu akan berperan sebagai tour leader yang mempersiapkan semua kebutuhan peserta.

Itu dia beberapa ide bisnis natal rumahan yang bisa kamu coba. Semoga bisa kamu jadikan inspirasi untuk menghasilkan keuntungan selama perayaan Hari Raya Natal dan tahun baru, ya!

Kontak KH

Kalau Sobat KH sudah mantap untuk menjalankan salah satu ide bisnis tersebut, jangan lupa untuk segera membuat merek dagangmu. Keberadaan merek akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual, dibandingkan dengan produk tanpa merek.

Selain dimiliki, merek juga harus didaftarkan secara resmi ke DJKI Kemenkumham. Pendaftaran merek ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan serta pencurian dan plagiarisme dari kompetitor. Untuk mengurusnya, kamu bisa serahkan pada Kontrak Hukum dengan mengunjungi laman ini.

Nah, kalau bisnismu sudah semakin berkembang, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendirian badan usaha PT. Dengan begitu, maka bisnismu akan lebih terlindungi sekaligus mendapatkan keuntungan dan kesempatan untuk semakin mengembangkan bisnismu.

Jika tidak, bisa saja akan dianggap ilegal karena tidak ada izin yang jelas terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Tenang saja, Sobat KH juga dapat serahkan urusan pendirian badan usaha kepada Kontrak Hukum.

BACA JUGA: Mudah dan Minim Modal, 6 Ide Usaha Ternak Ini Wajib Dicoba!

Kami menyediakan layanan pendirian PT tercepat dengan harga terjangkau, mencakup dokumen legalitas yang dibutuhkan untuk bisnis seperti NPWP dan NIB. Untuk informasi selengkapnya, segera kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar ide bisnis dan legalitas lainnya, Sobat KH juga bisa konsultasikan dengan kami via link berikut Tanya KH ataupun melalui Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.