Skip to main content

Sobat KH, sebentar lagi perayaan Halloween bakal digelar nih, tepatnya di akhir bulan Oktober. Jika dimanfaatkan dengan benar, momen ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, lho!

Ya, perayaan yang berasal dari budaya Celtic kuno di Irlandia dan Skotlandia ini pada awalnya ditujukan untuk menghormati orang-orang yang telah meninggal. Namun seiring berjalannya waktu, Halloween menjadi perayaan yang lebih bersifat komersial dan hiburan.

Pada hari Halloween, orang-orang biasanya akan mengenakan kostum bertema horor. Mereka juga sering mengadakan pesta Halloween, menonton film horor, atau mengunjungi rumah hantu.

Nah, bagi kamu yang ingin berniat membuka bisnis, ini momen yang tepat! Membuka ide bisnis bertema Halloween bisa mendatangkan cuan yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

Bagaimana, tertarik untuk menjajal bisnis di momen satu ini? Lantas, kira-kira ide bisnis apa ya, yang bisa dilakukan jelang momen Halloween? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ide Bisnis Potensial Saat Halloween

Momen Halloween biasanya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk berbisnis berbagai produk dan jasa bertema Halloween.

Produk dan jasa tersebut antara lain kostum dan aksesoris Halloween, makanan dan minuman bertema Halloween, dekorasi Halloween, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa ide bisnis bertema Halloween yang tentunya akan berpotensi menguntungkan yang bisa kamu coba:

Membuat dan Menjual/Menyewakan Kostum Tema Halloween

Perayaan Halloween biasanya diwarnai dengan pesta kostum beraneka ragam, mulai dari figur terkenal, superhero, tokoh kartun, hingga sesuatu yang menyeramkan.

Kamu bisa memulai untuk membuat desain-desain kostum unik yang banyak diminati. Kamu juga bisa bekerja sama dengan beberapa konveksi dalam proses pembuatan kostum tersebut.

Membuat Labu Ukir untuk Halloween

Selain kostum, perayaan Halloween juga identik dengan labu sebagai media untuk diukir. Bagi kamu para pengrajin, coba memulai bisnis untuk membuat labu ukir.

Tak usah khawatir, labu yang sehat mampu bertahan dalam rentang waktu tiga bulan hingga satu tahun penuh apabila disimpan dengan benar.

Menjual Dekorasi Bertema Halloween

Dekorasi juga merupakan bagian penting dalam perayaan Halloween nih, Sobat KH. kamu bisa menjual hiasan-hiasan khusus bertemakan Halloween seperti lilin berbentuk labu, kalung tengkorak, patung-patung zombie, dan masih banyak lagi.

Menjual Makanan Bertema Halloween

Ini juga merupakan ide bisnis yang cukup populer. Kalau kamu memiliki keahlian dalam memasak atau membuat kue, Sobat KH juga bisa berjualan makanan dengan tema Halloween.

Ini termasuk kue-kue labu, donat, cake pops, hingga makanan dan minuman lain dengan dekorasi menyeramkan lainnya.

Menjual Permen Khusus Halloween

Saat perayaan Halloween, biasanya orang-orang senang bermain trick or treats. Dalam bermain, mereka akan diberikan bingkisan yang bisa berisi hadiah atau hanya tipuan.

Sementara itu, bingkisan tersebut pada zaman dulu berisi biskuit, potongan kue, kacang, koin, maupun mainan, sekarang bingkisan tersebut berisi permen. Karenanya ini merupakan peluang bisnis yang bisa kamu coba.

Jasa Makeup Artist (MUA)

Halloween merupakan momen yang tepat untuk menjalankan bisnis MUA, mengingat banyak orang akan mencari jasa untuk membantu mereka menciptakan tampilan yang menarik sesuai dengan tema kostumnya.

Pastikan untuk mempromosikan bisnis MUA ini beberapa minggu sebelum Halloween dan jangan lupa untuk pastikan stok produk dan peralatan yang memadai untuk menciptakan tampilan yang memukau.

Bisnis Rumah Hantu Sementara

Ide bisnis satu ini dapat sangat menjanjikan, lho. Pasalnya, Halloween adalah momen dimana banyak orang mencari hiburan yang sesuai tema. Banyak orang mencari pengalaman seru dan menakutkan, dan rumah hantu adalah opsi utama.

Kamu dapat menjalankan bisnis rumah hantu hanya selama beberapa minggu menjelang Halloween. Jika sukses, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan bisnis ini di tahun-tahun mendatang untuk menjadikannya bisnis yang lebih besar dengan fasilitas permanen.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Halloween

Setelah menentukan ide bisnis apa yang akan dicoba jelang momen Halloween ini, kini saatnya Sobat KH menyiapkan sejumlah strategi agar bisnis yang dijalankan bisa efektif dan menguntungkan.

Pasalnya, momen Halloween biasanya singkat, jadi pastikan untuk memulai perencanaan dan persiapan dengan cukup waktu. Jangan sampai niatnya mencari untung, malah jadi ‘buntung’ karena kurang mempersiapkan strategi bisnis dengan baik.

Adapun strategi bisnis ini mencakup target pasar yang ingin dijangkau, apakah kamu ingin fokus pada kostum, dekorasi, makanan, atau semua sekaligus, dan kemudian ciptakan tampilan yang menarik untuk toko fisik atau media sosial bisnismu.

Oh ya, jangan lupa untuk segera membuat merek dagang untuk bisnismu. Keberadaan merek akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Ketika mereka melihat merek yang menarik dan sudah dikenal, konsumen akan cenderung mempercayainya dan memilih produk atau jasa daripada bisnis yang tidak memiliki merek.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Terlebih jika kamu ingin meneruskan bisnis ini untuk jangka panjang, merek dagang yang kuat dapat menjadi aset berharga yang dapat mempengaruhi nilai jualnya.

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang ingin membuka ide bisnis, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena konsultasi di Kontrak Hukum gratis serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan pemenuhan legalitas usaha yang harus dipenuhi ketika membangun sebuah bisnis, semuanya lengkap satu tempat hanya di Kontrak Hukum.

Yuk, mulai bisnis secara mudah dan aman dengan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika masih memiliki pertanyaan, kamu bisa hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @Kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis