Skip to main content

Di era digital yang serba mudah seperti saat ini, untuk melakukan sebuah sesi curhat semakin mudah karena semua hal bisa dilakukan dengan online. Dari sinilah, peluang bisnis jasa curhat muncul.

Bukan hanya semata-mata mencari keuntungan, melainkan niatan baik untuk membantu sesama merasakan kelegaan untuk didengar dan diperhatikan. Dengan begitu, rasa semangat dapat tumbuh kembali di tengah kondisi terpuruk dalam hidup.

Bisnis ini dinilai punya sisi sosial yang tinggi, karena pebisnis yang melakoni harus mau meluangkan waktu dan membantu memberikan referensi solusi untuk keluar dari permasalah yang kliennya hadapi.

Nah, bagi Sobat KH yang mungkin suka mendengarkan curhatan dan ingin membantu orang lain untuk mencarikan solusi atas sebuah masalah, mungkin cocok dengan bisnis jasa curhat online ini.

Bahkan, modal yang dibutuhkan juga cukup sedikit, hanya perlu smartphone, kuota telepon, dan jaringan untuk bisa berkomunikasi dengan klien.

Lantas, bagaimana peluang dari bisnis jasa curhat online ini? Apa saja hal-hal atau tips yang perlu dilakukan jika menekuni bisnis ini? Dan bagaimana ketentuan legalitas usahanya? Simak penjelasan selengkapnya disini, ya!

Peluang Bisnis Jasa Curhat Online

Bisnis jasa curhat online bisa menjadi peluang yang menarik, terutama dengan pertumbuhan teknologi dan tren konseling online. Meningkatnya potensi bisnis satu ini juga seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesejahteraan mental.

Berikut adalah beberapa potensi keuntungan bisnis jasa curhat online:

Permintaan yang Tinggi

Kesejahteraan mental menjadi perhatian utama bagi banyak orang di era modern. Permintaan akan dukungan emosional dan konseling online terus meningkat seiring dengan peningkatan stress, tekanan, dan masalah mental.

Aksesibilitas

Jasa curhat online memungkinkan klien untuk mendapatkan dukungan tanpa perlu pergi ke tempat fisik. Ini sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kesulitan mobilitas, atau yang tinggal di daerah terpencil.

Ruang Aman dan Privasi

Banyak orang merasa lebih nyaman berbicara tentang masalah pribadi secara online daripada secara langsung. Jasa curhat online dapat memberikan lingkungan yang lebih aman dan terasa lebih anonim.

Biaya Operasional Rendah

Memulai bisnis jasa curhat online biasanya memerlukan biaya operasional yang lebih rendah daripada membuka klinik fisik ataupun jenis bisnis lainnya. Hal ini dapat menghindari kamu dari biaya sewa ruang, operasional, dan sebagainya.

Diversifikasi Layanan

Jika bisnis sudah semakin berkembang, kamu dapat menawarkan layanan tambahan seperti kelas kesejahteraan emosional, kelompok dukungan, atau sumber daya yang bermanfaat selain sesi curhat individu. Ini dapat meningkatkan pilihan bagi klien dan menciptakan lebih banyak sumber pendapatan.

Tak heran, bisnis jasa curhat online dipandang sebagai prospek bisnis yang menguntungkan dan telah dibuktikan sendiri oleh beberapa orang yang mencobanya, salah satunya komika asal Kota Pontianak, Tommy Utama.

Ia mengaku salah satu hal yang mendorongnya untuk membuat bisnis curhat online tersebut karena sering menjadi pendengar sekaligus teman bercerita oleh banyak kerabat dan teman dekatnya.

Melalui akun Instagram @panaskuping, Tommy menerima siapapun yang membutuhkan pendengar untuk sekadar berbagi cerita. Untuk satu kali sesi curhat dengan rentang waktu maksimal dua jam, ia mematok tarif mulai dari Rp50 ribu hingga Rp200 ribu. Ia menuturkan bahwa 10 persen hasilnya akan didonasikan kepada yang membutuhkan.

Tommy menyebutkan, kesuksesan bisnis jasa curhat online miliknya tidak terjadi begitu saja. Dimana ia perlu membangun kepercayaan, memberikan layanan berkualitas, dan terus mengembangkan keterampilan serta pengetahuan dalam bidang kesejahteraan mental.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jasa Curhat Online?

Berangkat dari kebermanfaatan curhat bagi kesehatan mental dan potensinya yang menguntungkan, tentu bisnis jasa curhat online ini punya nilai lebih.

Bagi Sobat KH yang tertarik untuk memulai bisnis unik satu ini bisa mengikuti sederet tips berikut:

Pelajari Etika dan Keterampilan Konseling

Meskipun Sobat KH mungkin tidak memiliki latar belakang formal dalam psikologi atau konseling, tak ada salahnya untuk memahami etika dan keterampilan dasar dalam memberikan dukungan emosional.

Hal ini mengingat bisnis jasa curhat online melibatkan tanggung jawab besar terhadap kesejahteraan mental individu. Jadi, meskipun masih kecil-kecilan, pastikan kamu selalu memprioritaskan integritas dan kualitas layanan dengan mengambil kursus online atau belajar dari sumber-sumber terpercaya.

Konsep Bisnis

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis jasa curhat online adalah membuat konsep. Meskipun bisnis ini terlihat sepele, namun Sobat KH perlu membuat perencanaan yang matang agar bisnis nantinya bisa berjalan lancar dan berkembang.

Sebagai contoh, kamu bisa memulai dengan menawarkan jasa kepada orang terdekat, membagikan kuesioner, melakukan perbaikan dari hasil kuesioner, hingga menyediakan layanan berbasis digital.

Tentukan Tujuan dan Sasaran Pasar

Selain konsep, memulai bisnis juga sangat perlu memiliki tujuan sedari awal sebagai visi-misi mengembangkan bisnis jasa curhat online. Tentukan tujuan bisnismu, apakah ingin fokus pada konseling individu, kelompok, atau kelas kesejahteraan emosional.

Selain itu, definisikan juga siapa target pasar-mu, apakah ingin bekerja dengan remaja, dewasa, pekerja kantoran, atau kelompok tertentu lainnya. Jangan anggap sepele arti curhat, karena ada banyak manfaat dari aktivitas tersebut, bahkan berdampak besar bagi kehidupan seseorang.

Pemasaran dan Promosi

Hal satu ini harus ada di bisnismu, jangan sampai dilupakan karena sistem pemasaran dan promosi akan meningkatkan branding dari jasa curhat online. Sobat KH dapat menggunakan media sosial, konten blog, dan strategi pemasaran online lainnya untuk mempromosikan bisnis jasa curhat online.

Tekankan kepada audiens meskipun curhat yang kamu tawarkan berbayar, namun feedback yang diterima sangat bermanfaat di kemudian hari. Dengan begitu, mereka akan tertarik dan percaya mengutarakan perasaan dan pemikiran yang dimiliki.

Bangun Jaringan

Bisnis network memiliki peranan besar dalam mengembangkan usaha, tak terkecuali bisnis jasa curhat online. Bayangkan saja jika Sobat KH membuka jasa atau layanan tanpa punya jaringan, tentu saja akan sedikit orang yang tahu bisnis unik ini.

Sobat KH bisa merangkul jaringan luas yang bisa dimulai dari keluarga, kerabat atau rekan kerja dengan menawarkan jasa atau layanan curhat online kepada mereka.

Ingatlah bahwa membangun bisnis jasa curhat online memerlukan waktu dan komitmen. Kamu perlu memberikan nilai kepada klien dan menjalankan bisnis dengan integritas, etika tinggi, menjaga kerahasiaan klien, dan menjauhi konflik kepentingan.

Lalu, Bagaimana dengan Perizinan Usaha Bisnis Jasa Curhat Online?

Bisnis curhat online dapat dipahami sebagai bentuk kegiatan usaha dalam bentuk jasa. Jasa itu sendiri merupakan setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang disediakan bagi masyarakat untuk dimanfaatkan merek sebagai konsumen.

Oleh karena itu, pengguna jasa curhat dapat dipahami sebagai konsumen penikmat jasa untuk kepentingan diri sendiri.

Berdasarkan hal tersebut, maka pengguna jasa curhat online yang dipandang sebagai konsumen memiliki beberapa hak yang patut untuk dipenuhi oleh penyedia jasa layanan curhat online.

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 199 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). hak-hak tersebut mencakup mengenai hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan, hingga hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai barang dan/atau jasa.

Kemudian, pelaku usaha harus menentukan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) pada sistem OSS-RBA. Setelah menentukan KBLI untuk jenis usahanya, nantinya akan ditetapkan tingkat risiko beserta peringkat skala kegiatan usahanya melalui deskripsi KBLI pada sistem OSS-RBA.

Dalam menyediakan jasa curhat, pelaku usaha dapat memilih kode KBLI 96990 sebagai aktivitas jasa perorangan lainnya. Ruang lingkup dari jasa perorangan lainnya meliputi jasa pendamping, layanan kencan dan jasa dari biro pernikahan dengan tingkat risiko rendah.

BACA JUGA: Intip Peluang Bisnis Thrifting Bagi UMKM dan Cara Memulainya

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis jasa curhat online juga wajib memiliki perizinan berusaha. Berdasarkan Pasal 4 Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 2011, sesuai dengan KBLI 06990 dan termasuk dalam kategori usaha risiko rendah, maka perizinan berusaha yang dibutuhkan adalah Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kontak KH

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba bisnis jasa curhat online? Jika iya, kamu bisa melihat peluangnya terlebih dahulu lalu kemudian mencoba kelima tips yang telah dijelaskan di atas.

Jangan lupa juga untuk memenuhi perizinan berusaha sesuai dengan KBLI yang telah ditetapkan dan mendaftarkan NIB. Legalitas ini menjadi penting terutama dalam konteks kesejahteraan mental dan privasi informasi.

Nah, untuk mempermudah pengurusan izin usaha bisnis jasa curhat online, kamu bisa hubungi Kontrak Hukum. Bersama dengan ahli profesional yang ada, kami dapat membantumu untuk konsultasi mengenai apa saja dan bagaimana proses yang harus dilakukan untuk memulai bisnis jasa curhat online, termasuk pembuatan NIB.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Layanan KH – Perizinan Usaha. Jika masih memiliki pertanyaan seputar kebutuhan bisnis lainnya, kamu juga bisa hubungi kami di Tanya KH serta melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis