Skip to main content

Menjadi pebisnis sukses tentu merupakan impian banyak orang. Namun pada kenyataannya, menjalankan bisnis tak semudah mengedipkan mata. Ada banyak hal yang harus dipelajari, dipersiapkan, dan diprediksi untuk kedepannya. 

Mulai dari mencari peluang bisnis yang tepat, mengumpulkan modal usaha, membuat business plan, dan sebagainya.

Tak hanya itu, terdapat pula kebutuhan lainnya yang menentukan kesuksesan bisnis yaitu ketaatan terhadap administrasi perpajakan dan kemampuan mengatur keuangan bisnis yang baik.

Ya, tak kalah pentingnya dengan rencana bisnis, aspek perpajakan dan keuangan adalah hal yang wajib dipenuhi karena menjadi salah satu faktor penting yang dapat memperlancar urusan bisnis, bahkan menjadi modal utama bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh.

Oleh karena itu, bagi Sobat KH yang ingin terjun ke dunia bisnis, coba dicek-cek lagi apakah kamu sudah memenuhi segala kebutuhan bisnis tersebut? Atau ternyata masih bingung tentang perpajakan dan cara mengatur keuangan bisnis? Temukan solusinya di sini!

Pentingnya Ketaatan Pajak dan Manajemen Keuangan Bisnis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai solusinya, Sobat KH mungkin bertanya tanya, memangnya apa sih, pentingnya memenuhi ketaatan perpajakan dan mengatur keuangan bisnis?

Ya, tentunya selain berkontribusi secara langsung bagi perekonomian negara lewat kepatuhan pajak, hal tersebut juga membantu bisnis berjalan lebih optimal, berkembang, dan kredibel di mata pelanggan. Apa hubungannya? Berikut penjelasan selengkapnya:

Menunjukkan Kredibilitas Bisnis

Dengan membayar pajak secara rutin dan tepat waktu serta memiliki keuangan yang sehat, bisnis akan dinilai sebagai perusahaan dengan kredibilitas yang baik.

Sebaliknya, apabila bisnis sering terlambat bahkan tidak membayar pajak dan menumpuk hutang dimana mana, kredibilitasnya akan menurun karena dianggap tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebagai wajib pajak badan, Sobat KH harus segera membayar dan melaporkan pajak sebelum batas lapor habis.

Memastikan Sehatnya Keuangan Bisnis

Dalam suatu bisnis, biasanya dilakukan audit atau pemeriksaan keuangan untuk memastikan bahwa keuangan di sebuah bisnis sudah dikelola dengan baik dan berjalan tanpa ada penyalahgunaan dana.

Manajemen keuangan yang dijalankan dengan baik tentunya dapat membantu untuk memeriksa kondisi keuangan bisnis yang dijalankan, sehingga meminimalisir adanya penyimpangan dalam keuangan.

Bisnis Terlihat Profesional

Syarat dalam membayar dan melapor pajak adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Adanya NPWP, bisnis akan terlihat lebih profesional terlebih apabila perusahaan taat dalam membayar pajak secara tepat waktu.

Begitupun juga dengan adanya laporan keuangan yang berfungsi sebagai wadah informasi tentang keuangan suatu bisnis secara bertahap dan rutin, mulai dari laporan keuangan kuartal, semester, hingga tahunan sehingga terlihat lebih profesional di mata investor dan mitra bisnis.

Lebih Mudah Memperoleh Pinjaman dan Investor

Membayar pajak secara tepat waktu dan memiliki laporan keuangan yang tersusun rapi bermanfaat juga untuk mendapatkan pinjaman bank dan mendatangkan investor dengan lebih mudah.

Hal ini dikarenakan, bisnis dianggap memiliki keuangan yang sehat dan transparan. Sehingga investor tidak akan ragu untuk memberikan dana, karena dengan membayar pajak secara tepat waktu dan memiliki laporan keuangan membuktikan bahwa perusahaan Anda profesional dan bertanggung jawab.

Memperlancar Proses Bisnis

Ketika Sobat KH memiliki bisnis, maka kepemilikan NPWP merupakan persyaratan dari banyak transaksi bisnis. Memiliki NPWP juga menjadi satu syarat wajib pajak dalam melakukan proses pembayaran hingga pelaporan pajak.

BACA JUGA: Awas! Ini Cara Mengatasi Kecurangan Laporan Keuangan Perusahaan

Jika segala urusan pembayaran dan pelaporan pajak telah dilunasi dan tidak ada keterlambatan, maka akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnisnya dan terhindar dari denda pajak. Sehingga, bisnis yang dijalankan akan berjalan lebih optimal dan aman tentunya.

Atur perpajakan & Keuangan Bisnis Bersama Kontrak Hukum!

Kini, kamu telah mengetahui bahwa memastikan ketaatan pajak dan kemampuan manajemen keuangan bisnis yang kuat merupakan sebuah keharusan. Perlu disadari bahwa kewajiban pajak dan cara mengelola keuangan setiap bisnis itu akan berbeda.

Semakin berkembang bisnis yang dijalankan, maka semakin rumit pula kebutuhan ajak dan cara mengelola keuangan usaha tersebut.

Bagi Sobat KH yang saat ini tengah menjalankan bisnis dan merasa kesulitan dalam melakukan pelaporan pajak dan mengelola keuangannya, jangan segan untuk meminta bantuan dari ahli mentor atau pakar bisnis, salah satunya Kontrak Hukum.

Ya, dalam rangka menghadirkan kemudahan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya, kami mempersembahkan layanan berlangganan pertama di Indonesia bernama Digital Business Assistant (DiBA) untuk semua keperluan bisnismu!

Adapun layanan DiBA mencakup pencatatan invoice/faktur, pencatatan pengeluaran, rekonsiliasi bank, laporan keuangan bulanan, hingga laporan pajak bulanan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengurus kebutuhan kontrak, pendaftaran hak cipta, OSS, dan unlimited konsultasi dan unlimited revisi sekaligus, hanya di satu tempat dengan DiBA Kontrak Hukum.

Dijamin terpercaya dan terjangkau jika dibanding menggunakan law/accounting firm, law/accounting team, dan accounting software sehingga sangat cocok bagi para pelaku usaha termasuk UMKM.

BACA JUGA: Menelisik Pentingnya dan Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan

Tunggu apalagi? Permudah kebutuhan perpajakan dan pengelolaan keuangan bisnismu dengan kunjungi laman Layanan KH – DiBA.

Jika masih ragu atau memiliki pertanyaan, kamu juga bisa konsultasi gratis di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum. Dengan KH, #semuajadiberes!

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.