Skip to main content

Sobat KH, menjelang berakhirnya tahun 2003, pasti banyak yang mulai menyusun rencana dan target yang akan dicapai di 2024, bukan?

Sebagian dari kita yang telah memiliki bisnis, umumnya memiliki target di tahun-tahun berikutnya berupa peningkatan omzet usaha atau meluaskan sayap bisnisnya. Sementara itu, sebagian lainnya ada yang baru ingin memulai bisnis atau bahkan menambah unit bisnis yang berbeda dari yang telah dijalani saat ini.

Nah, bagi Sobat KH yang masuk ke kelompok kedua, penting untuk melihat tren dan preferensi masyarakat di 2024. Pasalnya, ini bisa menjadi dasar bagimu untuk melihat bisnis apa yang memiliki peluang dan potensi besar.

Apalagi, 2024 merupakan tahun politik dimana menurut salah satu ekonom, Teguh Wicaksono, tingkat konsumsi masyarakat terus bertumbuh solid pada periode pemilu mendatang.

Lantas, peluang bisnis apa sih, yang diprediksi akan menguntungkan di tahun 2024? Yuk, temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

5 Bisnis yang Berpotensi Menguntungkan di 2024

Menjelang 2024, dunia bisnis terus bertransformasi dan beradaptasi dengan perubahan tren, teknologi, serta kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Bagi Sobat KH yang ingin merintis bisnis baru atau mengembangkan yang sudah ada, penting untuk memahami peluang bisnis yang dapat menguntungkan di tahun mendatang.

Berikut adalah beberapa contoh peluang bisnis yang dianggap potensial di tahun 2024:

Bisnis Fashion dan Aksesoris

Kabar baik baik peminat fashion dan aksesorisnya. Dimana bisnis satu ini masih menjadi salah satu bidang yang langgeng diminati pembeli bahkan menempati peringkat dua teratas dalam kategori produk paling laku di platform online.

Tak hanya itu, data menunjukkan nilai transaksi produk bisnis bidang ini mengalami kenaikan sebesar 25 persen dari tahun 2021 ke 2022. Angka ini pun diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Nah, untuk dapat bersaing dengan merek atau brand lainnya, Sobat KH perlu mengetahui prediksi tren di tahun 2024. Dimana mode fashion yang diperkirakan akan semakin ramai peminat di tahun depan adalah sustainable style.

Sustainable style artinya produk fashion yang memiliki nilai ramah lingkungan. Dimana strateginya adalah dengan menggunakan bahan dan proses produksi yang tidak merusak lingkungan. Adapun contohnya Sisa Benang, dimana brand tersebut memanfaatkan sisa kain pabrik tekstil yang tidak terpakai (deadstock material). Cocok untuk kawula muda yang ingin tampil beda!

Bisnis Kuliner

Sobat KH yang foodies alias pecinta kuliner tak ada salahnya untuk menuangkan kegemarannya dengan membuka bisnis makanan dan minuman. Prospek bisnis satu ini patut dipertimbangkan, lho! Hal ini karena makanan dan minuman termasuk kebutuhan yang akan selalu dicari.

Data dari Kementerian Perindustrian tahun 2021 lalu juga telah menunjukkan bahwa bisnis dalam bidang makanan dan minuman diprediksi akan meningkat setiap tahunnya.

Tak hanya dari segi prospek, dari segi modal pun menguntungkan. Dimana dibanding dengan bisnis di bidang retail dan lainnya, Sobat KH dapat memulai bisnis kuliner dengan modal yang relatif lebih terjangkau.

Tren di tahun 2024 diperkirakan akan menjadi ladang hijau untuk produk makanan sehat seiring dengan animo masyarakat terhadap makanan yang lebih bergizi namun tetap enak sejak pasca pandemi Covid-19.

Seperti yang telah dilakukan oleh Fitfut, salah satu restoran makanan sehat di Jakarta. Mereka menggunakan bahan organik pilihan seperti telur omega-3, garam himalaya, beras merah, hingga tepung ubi kayu.

Sobat KH juga bisa memperhatikan aspek lingkungan dengan menggunakan kemasan daur ulang untuk meningkatkan nilai tambah di mata konsumen.

Bisnis Percetakan

Seperti yang disebutkan, 2024 merupakan tahun kontestasi politik tanah air. Berbondong-bondong calon legislatif (caleg) dan calon pejabat politik lainnya melakukan kampanye masif dengan berbagai media, mulai dari poster, banner, spanduk, baliho, kaos, dan berbagai macam souvenir.

Tak hanya itu, percetakan kertas suara dalam jumlah banyak pun ikut berkontribusi terhadap pemasukan para pebisnis di bidang ini. Ketua Asosiasi UMKM pun mengatakan, bisnis percetakan akan mengalami kenaikan omzet dalam momen pemilu 2024 mendatang hingga mencapai 10 persen.

Momen ini tentu dapat Sobat KH manfaatkan sebagai kesempatan meraup cuan dengan mendirikan bisnis percetakan. Untuk memulainya, kamu perlu mempelajari secara mendalam dunia percetakan, mulai dari pemilihan jenis bahan dan/atau kertas hingga penggunaan alat serta proses percetakan berkualitas.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Memang, bisnis satu ini cukup merogoh kantong di tahap awal pendiriannya namun apabila ditekuni, akan menjadi amat menguntungkan, lho. Tak hanya momen pemilu, kedepannya jasa percetakan akan selalu dibutuhkan berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga profesional dan perusahaan berskala besar.

Bisnis Desain Grafis

Bagi Sobat KH yang memiliki keahlian desain, mendirikan bisnis jasa dalam bidang satu ini dapat menjadi pilihan terbaik! Potensinya di era media sosial menjadikannya amat menjanjikan. Dimana berbagai macam promosi, iklan, serta poster baik dalam bentuk cetak maupun digital tak lepas dari jasa desain grafis.

Data dari Kementerian Perindustrian pada 2023 menunjukkan, sektor ekonomi kreatif (termasuk desain) telah menyumbang sekitar 7,8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), membuktikan kontribusi signifikan sektor ini dalam perekonomian negara.

Lalu, apa saja aktivitas yang termasuk dalam bidang desain grafis? Dilansir dari Business Info Finder, ada beragam jenis yang dapat ditawarkan, yakni jasa edit video, desain, animasi film dan buku, desain situs web, hingga mendirikan program pelatihan desain grafis.

Bisnis Perlengkapan Ibu dan Bayi

Siapa sangka bahwa bisnis yang targetnya sangat spesifik yakni ibu dan bayi dapat menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan di tahun depan? Ya, Tokopedia merilis data bahwa sepanjang 2023, kategori perlengkapan ibu dan bayi merupakan salah satu kategori paling laris, lho!

Lebih detail, Tokopedia juga menyatakan bahwa konsumen paling banyak mencari produk dengan sub-kategori perawatan bayi, popok, makanan, dan susu bayi, mainan dan aktivitas bayi, serta perlengkapan makanan bayi.

Ditinjau dari segi persebaran wilayah, lima daerah dengan jumlah pembeli terbanyak pada kategori ini ialah Pariaman (Sumatera Barat), Tanah Datar (Sumatera Barat), Pelalawan (Riau), Gianyar (Bali), dan Badung (Bali).

Sedangkan jumlah penjual dengan peningkatan tertinggi berada di daerah Bandar Lampung (Lampung), Bandung Barat (Jawa Barat), Sukoharjo (Jawa Tengah), Denpasar (Bali), hingga Makassar (Sulawesi Selatan).

Dari data ini, artinya peluang Sobat KH untuk mendirikan bisnis perlengkapan ibu dan bayi dan menjangkau pasar yang lebih luas masih sangat besar.

Nah, Sobat KH, itulah beberapa peluang bisnis tahun 2024 yang potensial untuk mendatangkan keuntungan. Jadi, bisnis mana yang paling menarik untuk kamu coba? Pastikan untuk memilih bidang yang paling dikuasai serta fokus dan konsisten dalam menjalaninya, ya!

Kontak KH

Bagi Sobat KH yang tertarik untuk memulai bisnis di tahun 2024 namun masih bingung dengan langkah-langkah apa yang harus dilakukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Kontrak Hukum.

Bersama tim profesional, kami menyediakan layanan konsultasi gratis untuk membantu memandumu dari mulai aspek keuangan, perpajakan, hingga legalitas usaha yang diperlukan.

BACA JUGA: Mudah dan Minim Modal, 6 Ide Usaha Ternak Ini Wajib Dicoba!

Dengan bantuan kami, Sobat KH dapat memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan lancar dan memenuhi segala kebutuhan hukum yang diperlukan.

Yuk, permudah segala urusan bisnismu di 2024 dengan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan lainnya, silakan hubungi kami di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.