Skip to main content

Mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) merupakan langkah penting dan strategis bagi para pebisnis yang ingin membawa usaha mereka ke tingkat yang lebih formal dan terstruktur.

Ini tidak hanya memberikan keamanan dan legalitas bagi perusahaan, tetapi juga membuka pintu menuju lebih banyak peluang dan akses ke sumber daya.

Akan tetapi, proses pendirian PT tidak selalu mudah. Hal ini dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada berbagai faktor termasuk kompleksitas bisnis, ketentuan hukum yang berlaku, serta efisiensi dalam menangani dokumen dan persyaratan administratif.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membagikan deretan tips yang dapat membantu pebisnis mempercepat dan menjalani proses pendirian PT dengan lebih efisien. Penasaran, kan? Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Sekilas Tentang PT

Pasal 1 Undang-Undang No 40 Tahun 2007 mendefinisikan PT sebagai badan hukum yang dibentuk dengan adanya perjanjian serta persekutuan modal.

PT merupakan salah satu bentuk badan usaha yang punya banyak kelebihan sehingga menjadi pilihan bagi para pebisnis ketika ingin melegalkan usahanya. Adapun beragam kelebihan atau manfaat dari pendirian PT tersebut meliputi:

  • Adanya perlindungan terhadap kekayaan pribadi yang terpisah dari harta perusahaan, sehingga pemilik tidak perlu bertanggung jawab atas utang perusahaan dengan harta pribadi
  • Dengan status badan hukum PT, maka bisnis dianggap lebih terpercaya oleh konsumen dibandingkan bisnis lain
  • Status PT mempermudah pengajuan kredit ke bank dan lembaga keuangan lainnya, termasuk dalam mengikuti tender karena struktur kepemilikan yang jelas

Tips Mendirikan PT Secara Mudah dan Cepat

Untuk mendirikan sebuah PT, pebisnis perlu memahami sejumlah persyaratan sesuai yang tertera dalam UU No 40 Tahun 2007 dan UU Cipta Kerja. Nantinya, pendirian PT dibuat di notaris untuk kemudian mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), agar berstatus sebagai badan hukum.

BACA JUGA: Seperti Ini Cara dan Syarat-Syarat yang Dibutuhkan untuk Mendirikan PT

Nah, untuk mempermudah proses pendirian PT secara lebih cepat, efisien, dan aman, berikut adalah enam tips yang perlu dilakukan:

Rencanakan Bisnis Secara Matang

Sebelum memulai pendirian PT, buatlah rencana bisnis yang komprehensif. Identifikasi visi dan misi perusahaan, tetapkan target pasar, dan jelaskan produk atau layanan yang akan ditawarkan.

Selain itu, buatlah proyeksi keuangan yang realistis untuk memahami berapa banyak modal yang diperlukan dan perkiraan pendapatan yang dapat dihasilkan

Pilih Nama PT

Pemilihan nama PT yang tepat termasuk hal penting dalam rangkaian proses pendirian PT. Hal itu dikarenakan bahwa nama yang dipilih akan menjadi identitas bisnismu.

Sesuai dengan ketentuan yang dimuat dalam undang-undang, penamaan PT harus dilakukan dengan mengikuti persyaratan antara lain:

  • Tidak dibenarkan menggunakan nama yang bertentangan dengan fakta umum dan norma kesusilaan.
  • Tidak dibenarkan memakai nama yang secara legal sudah digunakan oleh pihak atau PT lainnya.
  • Tidak dibenarkan menggunakan nama yang mirip dengan lembaga internasional, lembaga pemerintahan, maupun lembaga hukum, kecuali sudah mendapatkan izin dari lembaga terkait.
  • Nama ditulis dengan memakai huruf latin dan harus sesuai dengan tujuan dan aktivitas bisnis yang akan dilakukan oleh PT tersebut.

Tentukan Struktur dan Saham PT

Setelah menentukan nama PT, pebisnis perlu menentukan struktur dan jumlah saham perusahaan.

Adapun organ atau struktur PT terdiri dari Direksi, Dewan Komisaris, dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Masing-masing organ tersebut memiliki kapasitas dan kewajiban tersendiri dalam menjalankan kegiatan perusahaan.

Siapkan Dokumen Persyaratan

Dalam proses pendirian PT, pebisnis akan membutuhkan beberapa dokumen penting. Nah, poin inilah yang terkadang menghambat dan memperpanjang durasi karena pebisnis seringkali tidak melampirkan persyaratan tersebut secara lengkap.

Perlu diketahui bahwa dokumen persyaratan dalam pendirian PT mencakup:

  • KTP dan NPWP penanggung jawab perusahaan
  • Alamat PT (jika berdomisili di Jakarta, maka harus memenuhi syarat zonasi sesuai dengan Perda DKI Jakarta No 1 Tahun 2015 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi)
  • Surat pernyataan pendirian sesuai dengan format yang ada pada lampiran PP No 8 Tahun 2021, yang berisi nama dan tempat kedudukan, jangka waktu, maksud dan tujuan, jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor, serta data diri pendiri PT

Urus Perizinan PT

Setelah dokumen persyaratan sudah lengkap, maka pelaku usaha dapat membuat akta notaris atas pendirian PT tersebut. Nantinya setelah mendapatkan persetujuan Menkumham, PT akan mendapatkan status badan hukum.

Namun yang perlu diingat adalah, pebisnis juga perlu mengurus dokumen perizinan lainnya untuk kemudian dapat beroperasi. Untuk mempersingkat waktu, pebisnis bisa mengutusnya secara online via Online Single Submission (OSS).

Adapun administrasi dan dokumen perizinan tersebut mencakup anggaran dasar, NIB, SIUP, dan sertifikat standar lainnya. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa PT yang didirikan beroperasi secara legal dan sah.

Gunakan Layanan Jasa Pendirian PT

Tips terakhir dalam mendirikan PT secara cepat dan efisien adalah dengan menggunakan layanan jasa pendirian PT. tak dapat dipungkiri mendirikan PT bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu, terutama jika pebisnis belum berpengalaman dalam hal ini.

Oleh karena itu, untuk mempermudah proses pendiriannya, tak ada salahnya untuk menggunakan layanan jasa pembuatan PT yang disediakan oleh perusahaan konsultan atau ahli hukum.

BACA JUGA: Jangan Asal! Begini Syarat & Prosedur Untuk Pembubaran PT

Layanan ini akan membantumu dalam mengurus semua persyaratan pendirian PT, termasuk pengurusan dokumen, proses perizinan, dan konsultasi hukum yang dibutuhkan.

Kontak KH

Jika ingin menggunakan layanan jasa pendirian PT, Sobat KH bisa hubungi Kontrak Hukum. Kenapa harus kami?

  • Semua layanannya dikerjakan dengan standar tinggi oleh para legal dan notaris resmi dan berpengalaman
  • Terpercaya oleh lebih dari 5.000 UMKM dan perusahaan di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bisnis
  • Data serta informasi terjamin aman dan terlindungi
  • Hanya dengan biaya mulai dari Rp2 Jutaan, pendirian PT sudah termasuk dokumen legalitas seperti aktam SK, NIB, OSS, NPWP, hingga alamat bisnis
  • Akses langsung ke layanan konsultasi gratis bersama ahli profesional yang ada

Yuk, lakukan pendirian PT secara cepat, efisien, dan aman dengan kunjungi laman Layanan KH – Pendirian PT. Jika ada pertanyaan seputar badan usaha lainnya, kamu juga bisa hubungi kami  di Tanya KH ataupun mengirimkan direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.