Skip to main content

Seperti yang diketahui, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan besar dalam perekonomian Indonesia, salah satunya dalam memperluas kesempatan dan lapangan kerja. Selain itu, UMKM juga berperan dalam pencapaian agenda global yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Ya, keberadaan UMKM dapat dikatakan menjadi titik terang yang baik dalam pemenuhan tujuan SDGs. Dimana titik utama SDGs ini menitikberatkan pada pandangan pemberdayaan UMKM untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di tahun 2030 tersebut.

Memangnya, apa yang dimaksud dengan SDGs? Apa saja tujuan atau agenda yang tertuang dalam SDGs dan bagaimana UMKM dapat berperan dalam pencapaian agenda tersebut? Mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut.

Apa Itu SDGs?

Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan agenda global yang diadopsi oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2015. Tujuan utama SDGs adalah mencapai pembangunan yang berkelanjutan di seluruh dunia hingga tahun 2030.

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa SDGs mencakup 17 tujuan yang terdiri dari berbagai aspek keberlanjutan, mulai dari pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, hingga lingkungan. SDGs ini menjadi komitmen global dan nasional dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Dikutip dari laman Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, SDGs juga bertujuan untuk menjaga kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan dan menjaga kehidupan sosial masyarakat.

Selain itu, program ini bertujuan untuk menjaga kualitas lingkungan hidup dan melakukan pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang bisa menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Berikut adalah 17 agenda atau tujuan yang tertuang dalam SDGs dan harapannya bisa tercapai di tahun 2030:

  1. Tanpa Kemiskinan
  2. Mengakhiri Kelaparan
  3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  4. Pendidikan yang Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
  7. Energi Bersih dan Terjangkau
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur
  10. Mengurangi Ketimpangan
  11. Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
  13. Penanganan Perubahan Iklim
  14. Ekosistem Laut
  15. Ekosistem Darat
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat
  17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Mengapa UMKM Bisa Mendukung Tercapainya SDGs?

Dalam upaya mencapai tujuan SDGs, UMKM Indonesia memiliki peran penting. UMKM merupakan kontributor penting Produk Domestik Bruto (PDB) nasional). Dimana menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), UMKM menyumbang 61,07 persen pada 2022.

UMKM dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian. Usaha ini dinilai memiliki ketahanan yang kuat di tengah krisis yang melanda Indonesia. UMKM juga telah menunjukkan kiprahnya dalam pembangunan ekonomi nasional, seperti pada krisis tahun 1998 dan pandemi Covid-19, dimana UMKM dapat bangkit dari keterpurukan tersebut.

Meroketnya UMKM di Indonesia dapat dilihat apabila merujuk pada faktor-faktor berikut:

UMKM Go-Digital

Pesatnya perdagangan digital saat ini menjadi momentum meroketnya UMKM.

UMKM Indonesia akan semakin berkiprah secara digital pada tahun 2030. Tahun ini pun, berdasarkan survey, pengguna internet yang telah berbelanja online akan mencapai 88 persen dari total pengguna internet.

BACA JUGA: Kamu Pemilik Bisnis? Ini 5 Tips Agar UMKM-Mu Sukses Go Digital!

Dilansir dari laporan e-Conomy SEA 2020 Google menyatakan bahwa, di Indonesia sekitar 93 persen responden menyatakan penggunaan e-commerce sejak pandemi Covid-19. Ini menjadi peluang besar bagi UMKM apabila mampu memanfaatkan e-commerce dengan baik.

Kemudahan Peminjaman Modal Usaha

Kementerian Koperasi dan UKM telah bekerja sama dengan Kementerian Keuangan untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada UMKM agar bertahan dan bangkit di tengah pandemi, sebesar Rp1,2 juta.

Selain itu, pihak perbankan juga telah memudahkan akses baik kredit usaha maupun pembiayaan bagi UMKM.

Dengan adanya faktor tersebut, UMKM dapat semakin terlibat secara signifikan dalam perekonomian Indonesia dan menjadi kekuatan penggerak dalam mendukung tujuan SDGs.

UMKM dan Agenda SDGs

Seperti yang dijelaskan, UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Mereka menyumbang secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi ketimpangan sosial-ekonomi.

Dalam konteks SDGs, UMKM juga dapat menjadi agen perubahan yang kuat. Berikut adalah penjelasan bagaimana UMKM dapat berperan dalam mencapai SDGs:

Pengurangan Kemiskinan

UMKM dapat menjadi sumber penghidupan bagi kelompok masyarakat yang kurang beruntung atau terpinggirkan. Melalui memberikan peluang usaha dan lapangan kerja, UMKM dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan sosial-ekonomi.

Peningkatan Kesejahteraan

UMKM memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan keterampilan dan memperoleh penghasilan yang lebih baik. Hal ini dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Peningkatan Akses Terhadap Pendidikan dan Kesehatan

UMKM dapat berperan dalam memperluas akses terhadap pendidikan dan kesejahteraan yang berkualitas. Dengan memberikan pekerjaan dan sumber pendapatan, UMKM dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, termasuk pendidikan yang layak dan layanan kesehatan yang terjangkau.

Inklusi Sosial dan Kesetaraan Gender

UMKM dapat menjadi alat untuk mencapai inklusi sosial dan kesetaraan gender. Dengan memberdayakan perempuan dan kelompok masyarakat yang terpinggirkan, UMKM dapat memberikan kesempatan yang setara bagi semua orang dalam mendapatkan manfaat dari pertumbuhan ekonomi.

Inovasi dan Pengelolaan Lingkungan

UMKM sering menjadi tempat inovasi dan kreativitas yang tinggi. Mereka dapat mengembangkan solusi baru yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dalam mencapai tujuan perlindungan lingkungan dalam SDGs, UMKM dapat memainkan peran penting dengan mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Perlu dicatat bahwa peran UMKM dalam mencapai SDGs tidak terbatas pada aspek-aspek di atas. UMKM juga dapat berkontribusi para perlindungan lingkungan, keberlanjutan konsumsi dan produksi, dan tujuan SDGs lainnya melalui praktis bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, penggunaan energi terbarukan, dan inovasi teknologi hijau.

Kiat-Kiat Agar UMKM Bisa Mencapai SDGs

Kini, Sobat KH sudah memahami bagaimana kaitannya UMKM dengan agenda SDGs. Nah, bagi kamu yang juga saat ini tengah menjalankan UMKM, terdapat beberapa upaya atau kita yang bisa dilakukan untuk membantu pencapaian SDGs, antara lain:

Kesadaran Tentang SDGs

UMKM perlu memahami konsep dan tujuan SDGs serta pentingnya peran mereka dalam mencapainya. Dengan memiliki pemahaman yang baik, UMKM dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip berkelanjutan ke dalam strategi dan operasional bisnis mereka.

Adopsi Praktik Bisnis Berkelanjutan

UMKM perlu menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan, termasuk pengolahan limbah yang efisien, penggunaan energi terbarukan, dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Dengan cara ini, UMKM dapat membantu mencapai tujuan lingkungan dalam SDGs.

Kemitraan dan Kolaborasi

UMKM dapat membentuk kemitraan dengan organisasi non-pemerintah, lembaga riset, dan pemerintah untuk mendukung dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai SDGs. kolaborasi dengan pihak lain juga dapat meningkatkan akses pasar dan jaringan yang lebih luas.

Memenuhi Legalitas Bisnis

Salah satu aspek penting bagi UMKM agar berkontribusi terhadap pencapaian SDGs adalah memenuhi legalitas bisnis yang berlaku. Legalitas bisnis meliputi perizinan, registrasi usaha, serta pemenuhan persyaratan perpajakan dan peraturan terkait lainnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memenuhi legalitas bisnis penting bagi UMKM:

  • Memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan akses ke pembiayaan
  • Meningkatkan reputasi dan kepercayaan
  • Akses ke pasar yang lebih luas
  • Kesempatan kemitraan dan jaringan

Kontak KH

Demikian penjelasan mengenai SDGs dan baimana peran UMKM dalam mewujudkannya. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ternyata UMKM tidak hanya dapat berkontribusi pada perekonomian individu, namun juga nasional dan global.

BACA JUGA: Mudah dan Cepat! Begini Cara Mendirikan UMKM Bagi Pemula

Nah, untuk semakin mendukung kemajuan UMKM agar semakin naik kelas, ada baiknya Sobat KH untuk mencoba kiat-kiat diatas dan dapat melakukan konsultasi bisnis secara gratis kapanpun dimanapun bersama Kontrak Hukum.

Bersama dengan ahli profesi yang ada, Kontrak Hukum dapat membantumu untuk memenuhi segala kebutuhan UMKM termasuk dokumen legalitas yang diperlukan. Untuk melihat layanan yang dibutuhkan, Sobat KH dapat kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Atau jika ada pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk dikonsultasikan dengan kami di Tanya KH ataupun mengirimkan Direct Message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis