Skip to main content

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, keberhasilan usaha tidak terjadi secara kebetulan. Ada sejumlah faktor pendukung yang berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan sebuah usaha.

Baik itu usaha kecil, menengah, maupun besar, pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor ini dapat membantu pengusaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih efektif.

Satu hal yang perlu dipahami adalah bahwa faktor-faktor pendukung keberhasilan usaha dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha dan lingkungan operasional yang terdapat. Namun, ada beberapa faktor umum yang secara luas diakui sebagai faktor kunci yang mempengaruhi kesuksesan usaha.

Lantas, apa saja faktor-faktor pendukung keberhasilan usaha tersebut? Berikut penjelasannya, simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Keberhasilan Usaha?

Sebelum mengetahui tentang faktor-faktor pendukungnya, Sobat KH perlu terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan keberhasilan usaha itu sendiri.

Keberhasilan usaha adalah keadaan dimana usaha mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya. Ini juga merupakan tujuan utama dari sebuah usaha, dimana segala aktivitas yang ada didalamnya ditujukan untuk mencapai keberhasilan.

Umumnya, keberhasilan usaha menunjukkan keadaan yang lebih baik/unggul dari pada masa sebelumnya.

Menurut Moch. Kohar Mudzakar (1998), keberhasilan usaha adalah keadaan yang menggambarkan lebih daripada lainnya yang sederajat atau sekelasnya. Dimana, suatu usaha dikatakan berhasil ketika memiliki kelebihan dibandingkan dengan periode sebelumnya atau dengan usaha sekelasnya.

Keberhasilan usaha juga bisa diukur dari berbagai sisi, mulai dari keuntungan yang didapat hingga perkembangan usaha dalam jangka waktu tertentu.

Apa Saja Faktor Pendukung Keberhasilan Usaha?

Keberhasilan usaha dipengaruhi banyak faktor dalam kewirausahaan. Banyak pengusaha yang gagal bahkan bangkrut karena tidak memiliki karakter kewirausahaan.

Mereka berpikir karena dengan modal yang besar, usaha akan berjalan dengan sendirinya. Padahal, ada beberapa faktor risiko yang tak terduga seperti musibah hingga bencana alam.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang paling mendukung keberhasilan usaha:

Kemauan dan Tekad yang Kuat

Faktor pertama yang mendukung keberhasilan usaha adalah memiliki tekad dan kemauan yang kuat untuk maju. Tidak hanya dalam membangun usaha, melainkan kemauan untuk mengembangkan usaha ke posisi yang lebih baik.

Dengan kedua hal tersebut, Sobat KH tidak akan cepat merasa menyerah jika usaha yang dijalankan tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Sebaliknya, Sobat KH semakin merasa terdorong untuk mencari ide dan inovasi agar usaha yang dijalankan semakin berkembang.

Perencanaan dengan Matang

Dalam menjalankan usaha, segala sesuatu harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Perencanaan ini sebenarnya dimulai sejak Sobat KH merintis usaha. Dari situlah perencanaan usaha dapat menjadi pedoman serta pengingat Sobat KH ketika menjalankan usaha.

Terlebih saat menjalankan usaha, Sobat KH tidak akan luput dari tantangan dan rintangan. Nah, hal ini akan dapat diatasi dengan baik jika sebelumnya kamu sudah merencanakan usaha dengan matang dan menyeluruh. Dimana perencanaan ini bisa kembali mengingatkanmu mengenai tujuan awal membangun usaha tersebut.

Memanfaatkan Peluang dengan Baik

Selain dihadapkan dengan tantangan dan rintangan, Sobat KH juga akan dihadapkan dengan peluang-peluang. Peluang tersebut akan sia-sia bila tidak dimanfaatkan.

Meski begitu, Sobat KH tetap harus memperhatikan dengan matang supaya tidak menjadi boomerang bagi diri sendiri. Pastikan peluang tersebut memang selaras dengan usaha dan diri sendiri. Terutama potensi diri, situasi dan kondisi pasar, serta rencana lainnya.

Strategi Pemasaran yang Mumpuni

Agar usaha berjalan dengan lancar, Sobat KH membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Strategi inilah yang akan membantu dalam memperkenalkan usaha serta produkmu kepada target pasar.

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, terdapat beragam teknik pemasaran yang beragam misalnya dengan media sosial atau membagikan sampel produk ke beberapa teman lalu meminta mereka untuk membuat review  dan mengunggahnya ke media sosial.

Koneksi dan Jaringan yang Luas

Salah satu faktor pendukung keberhasilan usaha lainnya terletak pada luas tidaknya koneksi dan jaringan yang dimiliki. Untuk itu, Sobat KH perlu memperbanyak relasi dengan sesama pengusaha, investor, dan konsumen.

Hal ini dilakukan agar usaha yang dijalankan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan lebih berkembang. Jaringan dan koneksi yang luas tersebut berguna saat perkembangan usaha tengah mengalami kendala.

Adaptabilitas dan Inovatif

Dunia bisnis akan terus berubah, sehingga kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan berinovasi menjadi sangat penting. Inovasi pun dibutuhkan ketika Sobat KH ingin melakukan ekspansi usaha dengan lebih luas.

Wajar pula bila antar pengusaha membuat produk yang sejenis, namun Sobat KH bisa membuatnya lebih unggul dengan inovasi dan kreativitas yang dimiliki. Dengan begitu, kamu akan membuat konsumen tetap setia memilih produkmu karena kualitasnya menjadi lebih baik.

Manajemen Keuangan yang Matang

Keuangan adalah hal sensitif dalam menjalankan usaha. Pastikan Sobat KH mempunyai rencana keuangan yang matang. Memahami arus kas, mengelola utang piutang, serta melakukan perencanaan keuangan yang hati-hati adalah kunci untuk menjaga stabilitas keuangan dan mendukung pertumbuhan usaha.

Jangan lupa juga untuk rajin memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis, kemudian membuat laporan keuangan secara rutin yang memuat seluruh transaksi.

Memenuhi Dokumen Legalitas

Faktor pendukung terakhir yang tak kalah pentingnya terhadap keberhasilan suatu usaha adalah kepatuhan akan dokumen legalitas. Ya, legalitas usaha merupakan pondasi yang harus Sobat KH perhatikan sejak ingin memulai bisnis.

Pemenuhan legalitas membantu menghindari risiko sanksi, membangun reputasi yan baik bagi usahamu, mendukung pertumbuhan dan ekspansi usaha dengan kerja sama mitra bisnis atau pinjaman, serta menghindari usaha dari risiko pelanggaran hak kekayaan intelektual, hak cipta, merek dagang, dan paten.

Bentuk dokumen legalitas usaha ini bermacam-macam dan sesuai dengan bidang atau industri yang dijalankan. Apa saja?

  • Akta Pendirian Usaha: Ini merupakan salah satu dokumen yang dibuat oleh Notaris sebagai langkah awal untuk mendirian usaha, baik PT, CV, dan firma.
  • NPWP Badan Usaha: Sebuah usaha juga memiliki kewajiban untuk mengurus pajaknya. Ini juga menjadi dokumen wajib untuk mengurus legalitas lainnya seperti rekening perusahaan, NIB, pengajuan modal ke bank, dan -lain-lain.
  • Nomor Induk Berusaha (NIB): Terdiri dari 13 digita angka acak dan berlaku sebagai Angka Pengenal Impor (API), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Hak akses Kepabeanan.
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP): Selain NIB dan NPWP, pengusaha juga wajib mengurus SKDP sebagai surat keterangan yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki domisili di alamat yang tertera dalam SKDP.
  • Merek Dagang: Selain membedakan usahamu dengan usaha lain, merek mempermudah bisnis untuk diingat dan dikenal target pasar-mu. Nah, merek ini harus didaftarkan secara hukum ke DJKI Kemenkumham.

Itulah sederet faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan usaha. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat KH yang saat ini sedang mengembangkan dan memajukan usahanya, ya!

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang saat ini sedang atau ingin menjalankan usaha, hayoo cek-cek lagi apakah kamu sudah memenuhi dan/atau memiliki faktor-faktor pendukung di atas? Atau sudah berencana ingin membuat usaha tapi masih bingung tentang apa dan bagaimana langkah yang harus dilakukan?

BACA JUGA: Ada Di Mana-mana, Apa Rahasia Di Balik Suksesnya Franchise Mixue?

Saatnya bergerak cepat dan tepat kembangkan usaha bersama Kontrak Hukum! Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk memulai usaha karena kami menyediakan jasa konsultasi secara gratis dan pengurusan dokumen legalitas usaha seperti akta pendirian, NPWP, NIB, pendaftaran merek dagang, dan sebagainya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan yang sesuai dengan kebutuhan usahamu, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Atau jika ada pertanyaan seputar bisnis dan permasalahan hukum lainnya, Sobat KH bisa hubungi kami di Tanya KH serta melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis