Skip to main content

Tahukah Sobat KH, branding adalah salah satu konsep penting dalam dunia bisnis dan pemasaran. Branding sendiri merupakan sebuah metode pencitraan dan pembentukan persepsi publik agar bisnis memiliki daya tarik lebih di mata konsumen.

Nah, untuk mendapatkan branding bisnis yang kuat, diperlukan strategi branding. Melalui strategi yang tepat, branding bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapi kompetitor dalam persaingan bisnis. Dengan kata lain, branding juga bisa membuat bisnismu lebih mampu bersaing di pasaran.

Lantas apa itu branding dan bagaimana melakukan strategi branding yang tepat dan efektif? Apa penting dan manfaat lainnya bagi bisnis? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Branding?

Sebelum mengetahui strategi branding, Sobat KH perlu terlebih dahulu mengetahui apa itu branding.

Branding sendiri berasal dari kata brand yang merupakan identitas dari sebuah produk yang membedakannya dengan produk lain. Sedangkan branding adalah aktivitas dalam membuat identitas suatu produk yang tujuannya adalah membedakan produk satu dengan produk lainnya.

Dalam bisnis, branding sangat diperlukan untuk menciptakan citra dari sebuah produk. Branding inilah yang akan membuat produk A dan produk B berbeda, walaupun mungkin jenisnya sama.

Selain itu, branding juga dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen. Sehingga ketika sebuah produk sudah memiliki branding yang kuat, maka kepercayaan pun akan meningkat. Produk bisa lebih mudah dikenal secara luas bahkan dijual dengan harga yang tinggi.

Apa Itu Strategi Branding?

Nah, untuk mendapatkan branding yang kuat, diperlukan strategi branding yang efektif. Strategi branding sendiri adalah sebuah metode yang dapat membantumu dalam memahami seperti apa brand produk kemudian mengkomunikasikannya kepada konsumen.

Strategi branding dapat membangun dan mewujudkan tujuan jangka panjang sebuah bisnis. Bahkan, keberlangsungan bisnis tersebut juga tergantung dari strategi branding yang digunakan. Strategi ini membantu sebuah brand atau bisnis untuk berbeda dari para kompetitor lainnya.

Bagaimana Strategi Branding yang Tepat dan Efektif?

Terdapat beberapa bagian penting dalam menentukan strategi branding bagi produk dan bisnismu, antara lain nama atau merek dagang, desain, logo, pesan, deskripsi, dan kemasan.

Semua bagian ini menjadi satu kesatuan untuk mempengaruhi perasaan dan perilaku konsumen.

Selain itu, Sobat KH juga dapat melakukan strategi branding dengan mudah baik secara offline maupun online.

Berikut beberapa strategi branding yang bisa Sobat KH coba agar bisnis dikenal luas dan bisa menghadapi kompetitor:

Mengenal Target Konsumen dan Kompetitor Bisnis

Langkah pertama yang harus Sobat KH lakukan dalam melakukan strategi branding adalah mengenal target konsumen yang tepat dan mencari tahu lebih dalam mengenai kompetitor sejenis.

Sobat KH bisa memperhatikan kebutuhan dan minat target konsumen untuk membantumu menentukan saluran yang tepat untuk menjangkau mereka. Penerapan strategi ini bisa Sobat KH lakukan untuk memahami kesesuaian brand  dengan kebutuhan dan minat target konsumen.

Ini juga dapat membantu Sobat KH mengenalkan bisnis dan produk secara lebih luas serta meningkatkan penjualan.

Selain itu, Sobat KH juga bisa meningkatkan strategi branding dengan mencari tahu kompetitor sejenis dan menganalisis siapa saja yang menggunakan produk mereka berdasarkan informasi dan perilaku konsumen.

Buat Nama Brand dan Logo yang Menarik dan Mudah Diingat

Strategi branding yang selanjutnya adalah dengan membuat nama brand atau merek dan desain logo yang mewakili bisnis dan produk. Kedua elemen ini harus unik, memberikan kesan mendalam, dan mudah diingat oleh konsumen.

Dalam menciptakan nama brand atau merek, ada beberapa hal yang perlu Sobat KH lakukan. Pertama, merek yang dibuat harus unik, menyesuaikan ciri khas bisnis, dan mudah dilafalkan. Selain itu, merek yang telah Sobat KH buat juga harus didaftarkan secara resmi ke DJKI Kemenkumham untuk menghindari plagiasi.

Sementara untuk logo, Sobat KH bisa membuat desain yang mewakili citra bisnis tanpa terlalu banyak atribut mencolok. Logo dengan desain yang menarik tapi effortless akan lebih memorable bagi konsumen. Nantinya, logo tersebut juga harus didaftarkan ke DJKI Kemenkumham, ya!

Membuat Pesan Brand yang Kuat dengan Tagline

Branding juga harus berisi pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah bisnis atau produk. Sobat KH bisa membuat pesan yang singkat, tapi ampuh untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari brand agar strategi branding lebih efektif.

Untuk mempermudah, kamu juga bisa menggunakan tagline. Artinya, ketika orang membacanya ia bisa langsung mengetahui bahwa tagline tersebut adalah kalimat yang menjelaskan brand-mu.

Sebagai contoh, coba Sobat KH lihat pada produk Susu Bendera milik Frisian Flag yang memiliki tagline “Susu Saya Susu Bendera”. Tagline Tersebut memiliki makna bahwa Susu Bendera ingin mendorong persepsi konsumen agar percaya bahwa susu yang paling enak dan wajib dikonsumsi hanyalah produk Susu Bendera,.

Campaign di Media Sosial

Brand, merek, logo, dan tagline yang telah Sobat KH buat perlu dikampanyekan, salah satunya melalui media sosial yang terbukti efektif dalam menjangkau pasar sehingga bisnis semakin dikenal luas.

Media sosial juga dapat diakses secara gratis, mudah, kapan saja, dan dimana saja sehingga memudahkan Sobat KH dalam melakukan campaign.

Caranya, buatlah konten yang berisi informasi mengenai produk yang Sobat KH tawarkan. Biarkan konsumen melihat dan mengenali image dari produk yang kamu sampaikan.

Manfaatkan Website

Selain media sosial, website merupakan salah satu platform terbaik untuk melakukan branding dan promosi. Melalui website, bisnis akan memiliki visibilitas yang tinggi dengan target yang spesifik.

Cara memaksimalkan website untuk branding salah satunya yakni dengan menerapkan SEO (pengoptimalan untuk mesin pencari) pada website tersebut. Dengan kata kunci yang relevan, website bisnis akan berpotensi dijangkau oleh konsumen yang luas dan tertarget.

Apalagi, saat ini orang juga lebih banyak mencari produk melalui pencarian website, ketimbang membelinya di toko offline. Jadi, jika ingin efektif, pastikan bisnismu telah memiliki website yang dikelola secara profesional.

Konsisten

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya dalam melakukan strategi branding adalah konsisten agar berhasil. Jalankan kelima strategi di atas secara konsisten dan terus menerus supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Konsumen dapat mengenal produk dan bisnismu dengan baik melalui image yang diciptakan dari branding tersebut. Selain itu, konsistensi juga dapat membantu konsumen untuk tetap fokus dan tidak kebingungan saat berusaha memahami suatu produk.

Apa Pentingnya Strategi Branding Bagi Bisnis?

Kini, Sobat KH sudah memahami apa itu branding dan bagaimana cara melakukan strategi branding yang tepat dan efektif. Lantas, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa sebuah bisnis perlu melakukan strategi branding di atas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini:

Membangun Identitas Bisnis

Seperti yang telah disampaikan, branding berfungsi untuk menjalankan identitas dari sebuah bisnis. Identitas inilah yang nantinya akan membedakan produk dari suatu brand dengan kompetitornya.

Salah satu bentuk identitas brand yang paling dasar adalah merek dan logo. Kedua hal ini menjadi gambaran awal yang akan dilihat konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Melalui merek dan logo, konsumen bisa saja menilai kualitas produk yang ditawarkan oleh sebuah brand hanya dari tampilan awalnya saja. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki merek dan logo yang menarik dan mendaftarkannya secara resmi ke DJKI Kemenkumham.

Menyampaikan Nilai Produk

Pada saat membangun sebuah brand, Sobat KH harus bisa menyampaikan pesan dan nilai yang terkandung pada produk yang kamu tawarkan. Nilai tersebut akan menjadi magnet tersendiri bagi para konsumen agar mau mengenal produk brand-mu.

Hal ini juga merupakan bagian dari strategi promosi, dimana Sobat KH perlu menekankan kepada konsumen bahwa produk dari brand-mu memiliki keunggulan dan nilai jual yang berbeda.

Melalui penyampaian asumsi dan nilai-nilai tersebut, akan terbentuk persepsi di mata konsumen dan mereka akan tertarik untuk membeli produkmu.

Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Dengan melakukan strategi branding, Sobat KH telah membuka komunikasi dengan para konsumen dan calon pelanggan.

Hal ini mengingat branding akan menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat, seperti nilai, keunggulan produk, serta berbagai hal menarik lain yang terdapat dalam suatu brand.

Selain itu, branding juga dapat berupa ulasan atau testimoni pelanggan yang telah mencoba produk brand tersebut, sehingga sangat bermanfaat sebagai metode promosi produk agar konsumen baru tertarik untuk membelinya.

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan Konsumen

Setelah para konsumen mencoba produk dari brand-mu, maka kredibilitas bisnis akan terbangun dengan sendirinya. Hal ini dapat membentuk kepercayaan konsumen yang akan berdampak dalam jangka panjang. Melalui kepercayaan konsumen inilah, bisnismu tentu akan semakin berkembang.

Namun, ada hal yang harus Sobat KH hindari dalam melakukan strategi branding, terutama dari segi penyampaian keunggulan produk. Yakni jangan sampai Sobat KH melakukan unsur tipu menipu dalam menampilkan keunggulan produk dari brand bisnismu.

Menjadi Pembeda Produk dengan Kompetitor

Manfaat penting terakhir dari strategi branding yakni untuk menjadi pembeda produk brand-mu dengan kompetitor. Lewat strategi branding yang efektif, bisnismu akan lebih dikenal luas oleh para konsumen.

Branding juga dapat membangun sebuah penilaian sehingga konsumen berpotensi untuk kembali melakukan pembelian produkmu (repurchase). Sebab, konsumen cenderung tidak memiliki hubungan dengan produk, tetapi lebih berkomitmen terhadap brand atau merek.

Contohnya, jika tidak ada branding pada produk air mineral, tentu konsumen akan membeli merek air mineral apa saja secara bebas karena produknya sama. Namun, karena adanya branding, konsumen bisa menilai dan memilih satu identitas yang terlihat lebih menarik, enak, dan berbeda dari produk kompetitor lainnya.

Itulah penjelasan mengenai branding, strategi branding yang efektif, serta pentingnya bagi bisnis. Meskipun terlihat sederhana, branding yang sukses dapat menjangkau pasar dengan lebih luas serta meningkatkan kepercayaan terhadap produkmu.

BACA JUGA: Mengenal Brand Ambassador, Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?

Lantas, bagaimana dengan strategi branding bisnis Sobat KH? Apakah sudah maksimal, atau ternyata masih bingung terkait apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk strategi branding?

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang ingin atau saat ini sedang menjalankan bisnis, namun masih merasa strategi branding kurang efektif, bisa konsultasikan saja dengan Kontrak Hukum.

Bersama dengan ahli profesional, kami dapat membantumu untuk memaksimalkan strategi branding secara tepat dan efektif agar bisnis bisa dikenal lebih luas.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan legalitas yang membantu tercapainya strategi branding secara maksimal, seperti pendaftaran merek dagang dan logo, serta jenis kekayaan intelektual lainnya yang menjadi identitas dan aset berharga bisnismu.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman Layanan KH – Merek. Jika ada pertanyaan seputar strategi bisnis dan permasalahan hukum lainnya, Sobat KH bisa hubungi kami Tanya KH ataupun melalui direct message (DM) ke Instagram @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis