Skip to main content

Es buah menjadi salah satu menu favorit berbuka puasa di bulan Ramadhan. Tak heran, es buah memiliki peluang menjanjikan sehingga banyak orang yang banting setir dengan membuka bisnis es buah.

Dikutip dari IDX Channel, salah satu pebisnis es buah, Sitianingsih Naning mengaku bahwa dirinya hanya berjualan es buah saat bulan Ramadhan. Hal ini ia lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama bulan puasa.

Sudah 3 tahun berturut-turut Naning membuka bisnis es buah di bulan Ramadhan. Ia menjelaskan, dirinya menjual es buah dikarenakan minuman ini sangat diminati masyarakat. Selain itu, untuk membuat es buah sangatlah mudah dengan modal yang tidak begitu besar.

Lantas, bagaimana peluang bisnis es buah di bulan Ramadhan? Bagaimana tips untuk memulainya? Simak di sini.

Peluang Bisnis Es Buah di Bulan Ramadhan

Peluang untuk bisnis es buah di bulan Ramadhan terbilang sangat bagus dan menjanjikan. Bisnis ini menjadi salah satu pilihan usaha minuman dari campuran berbagai jenis buah hingga banyak orang yang tertarik menekuninya.

Terlebih di bulan Ramadhan, bisnis es buah yang sejak dulu ada hingga sekarang masih berkembang pun tak pernah sepi akan konsumen.

Ya, karena seperti tradisi, es buah adalah minuman yang selalu dicari untuk takjil berbuka puasa. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, campuran buah didalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dilihat dari banyaknya peminat, maka bisnis es buah ini sangat cocok dijalankan baik di desa maupun di kota, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Untuk berjualannya pun terbilang cukup mudah karena Sobat KH dapat membuka bisnis es buah di depan rumah, di pinggir jalan raya, keramaian, atau lokasi lainnya yang strategis.

Peluang bisnis es buah di bulan Ramadhan juga tentunya bisa dilihat dari modalnya yang tidak terlalu besar, namun keuntungannya menggiurkan. Simak perhitungannya disini:

  • Jumlah cup yang terjual dalam satu bulan: 1.000 cup
  • Harga jual per cup: Rp20 ribu x 1.000 = Rp20 juta
  • Biaya produksi per cup: Rp7 ribu x 1.000 = Rp7 juta
  • Biaya tetap bulanan (sewa tempat, listrik, air, dll): Rp5 juta

Total Keuntungan Bulanan = Total Pendapatan Bulanan – Total Biaya Bulanan

Total Keuntungan Bulanan = Rp20 juta – (Rp7 juta + Rp5 juta)

Total Keuntungan Bulanan = Rp8 juta

Lumayan kan, hasil keuntungan bisnis es buah tersebut bisa digunakan untuk uang saku mudik nanti.

Tips Memulai Bisnis Es Buah di Bulan Ramadhan

Menjalankan bisnis es buah di bulan Ramadhan tidaklah sulit. Terdapat beberapa tips yang Sobat KH bisa lakukan agar jualan-mu makin laris di tengah banyaknya orang yang menjalankan bisnis serupa.

Penasaran, apa saja? Berikut tipsnya:

Survei Pedagang Buah Segar

Sebelum memulai bisnis es buah, Sobat KH perlu melakukan survei terhadap pedagang buah segar baik di pasar maupun di daerah terdekatmu. Carilah pedagang yang menjual buah-buahan segar dengan harga yang relatif murah.

Dari survei ini, Sobat KH bisa menentukan perkiraan harga dasar bahan baku dan modal yang diperlukan. Sehingga, Sobat KH bisa menghasilkan margin keuntungan yang menjanjikan.

Buatlah Rencana Anggaran

Buatlah rencana anggaran dari perkiraan harga buah di pasaran beserta segala macam yang dibutuhkan. Dimana untuk berjualan es buah ini, Sobat KH perlu mempersiapkan beberapa hal seperti bahan baku, booth, meja, kursi, mesin penyegel, cup, dan lain sebagainya.

Dengan membuat rencana anggaran, bisnismu akan lebih teratur dan mudah dilihat hasilnya sehingga tidak over budget.

Siapkan Modal Usaha

Setelah membuat perencanaan anggaran, Sobat KH dapat melihat kisaran modal untuk berjualan es buah. Modal ini bisa berupa barang maupun uang.

Dalam bentuk uang, siapkan kira Rp100 ribu – Rp500 ribu di luar keuntungan untuk membeli bahan baku. Jika respon pasar bagus, Sobat KH bisa menambah lebih banyak porsi es buah.

Carilah Lokasi Strategis

Tempat atau lokasi yang strategis adalah faktor penting yang mempengaruhi larisnya bisnis es buah-mu. Oleh karena itu, Sobat KH perlu mencari lokasi yang strategis untuk berjualan. Pilihlah lokasi yang mudah diakses dan berada di lingkungan yang padat.

Lokasi yang dilalui banyak kendaraan bisa menjadi salah satu lokasi yang strategis untuk berjualan. Tak hanya itu, Sobat KH bisa juga mencari lokasi yang banyak orang berjualan sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

Lakukan Promosi

Lakukan promosi bisnis es buah-mu dengan masif. Sobat KH bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya baik melalui Facebook, Whatsapp, hingga Instagram. Atau Sobat KH bisa memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut.

Sobat KH juga bisa melakukan branding dan menawarkan produkmu langsung ke tempat tertentu yang potensial untuk menjadi pelanggan es buah-mu. Tidak menutup kemungkinan, es buah-mu banjir pesanan paket buka bersama yang diadakan di perkantoran maupun majelis ta’lim tertentu.

Itulah penjelasan mengenai peluang bisnis es buah di bulan Ramadhan dan tips untuk memulainya. Jika tips-tips diatas sudah berhasil dikuasai dan Sobat KH ingin membangun bisnis tersebut untuk jangka panjang, maka jangan lupa untuk memenuhi dokumen legalitas dengan baik agar bisnis tetap berjalan.

Adapun dokumen legalitas bisnis yang dimaksud seperti pendaftaran merek dagang ke DJKI. Dengan memiliki merek dagang, bisnis es buah-mu pun akan memiliki identitasnya tersendiri dan semakin menarik konsumen untuk membelinya.

BACA JUGA: Ini 5 Ide Bisnis Franchise Minuman Kekinian, Dijamin Laris!

Terlebih, dengan memiliki NPWP, NIB, dan Izin usaha, tidak menutup kemungkinan bisnis es buah-mu akan mendapat bantuan dana dari pemerintah. Selamat mencoba!

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang juga ingin membuka bisnis es buah di bulan Ramadhan, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan, termasuk mengurus dokumen legalitas, jangan ragu untuk konsultasikan bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai bisnis dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. .

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis