Skip to main content

Sobat KH punya sisa dana THR lebaran dan ingin memanfaatkannya untuk modal buka usaha rumahan? Kenapa tidak. Daripada habis begitu saja, THR bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan tambahan yang bermanfaat, salah satunya untuk membuka usaha rumahan.

Terlebih, ada banyak ide usaha rumahan yang bisa Sobat KH jalankan dengan modal yang tak begitu besar. Namun jangan salah, dengan bermodal dana sisa-sisa THR, Sobat KH bisa meraih keuntungan yang tak kalah cuan, lho!

Nah, buat Sobat KH yang sedang merencanakan bisnis dengan memanfaatkan dana THR lebaran, berikut adalah beberapa macam ide usaha rumahan modal kecil yang bisa dipertimbangkan.

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil dari THR Lebaran

Salah satu hal yang paling sulit dalam membuka sebuah usaha adalah mencari ide atau inspirasi. Nah, untuk Sobat KH yang mencari ide usaha rumahan modal kecil dari dana THR lebaran, simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

Usaha Agen Pembayaran PPOB

Ide usaha rumahan modal kecil yang pertama bisa Sobat KH coba adalah menjadi agen pembayaran PPOB atau Payment Point Online Banking. Intinya, usaha ini menawarkan jasa dalam pembayaran tagihan bulanan, seperti listrik, PDAM, internet, dan TV berlangganan.

Untuk bisa usaha jasa pembayaran PPOB, Sobat KH perlu mendaftar dan deposit sejumlah uang agar bisa menjadi agen tersebut. Selain itu, modal lainnya yang diperlukan dalam usaha ini satu ini adalah smartphone dan jaringan internet.

Usaha Jualan Camilan

Usaha camilan atau snack bisa menjadi ide usaha rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa Sobat KH coba. Seperti yang diketahui, bahwa hampir setiap orang sangat menyukai makanan ringan sebagai camilan. Dengan kemudahan pemasaran di zaman sekarang, Sobat KH bisa membangun usaha ini dari rumah saja.

Modalnya pun sangat minim, tergantung pada jenis camilan yang akan Sobat KH jual. Kamu juga bisa mencari supplier atau bisa membuatnya sendiri dan memasarkannya melalui media sosial, marketplace, dan juga pesan instan.

Usaha Bakery Rumahan

Sobat KH memiliki hobi dan keahlian baking, maka kamu bisa menjadikannya sebagai sebuah usaha kuliner rumahan yang menguntungkan. Cukup dengan oven sederhana, resep, dan keahlian tersebut, Sobat KH bisa membangun usaha rumahan yang siap mendatangkan keuntungan.

Sobat KH juga dapat mengambil peluang untuk menerima pesanan kue seperti black forest, cheese cake, tiramisu, dan lainnya dengan kualitas yang sama dengan hotel namun lebih murah dengan adanya pertimbangan tidak membutuhkan modal sewa tempat usaha.

Usaha Toko Kelontong atau Warung

Meskipun saat ini sudah menjamur berbagai minimarket dan supermarket, namun membuka toko kelontong atau warung juga termasuk ide usaha rumahan modal minim yang cukup menjanjikan.

Hal ini karena masih banyak masyarakat yang lebih memilih belanja di warung karena harganya yang lebih murah dan lokasinya dekat dengan pemukiman warga. Untuk membuka usaha ini, pastikan Sobat KH berikan harga yang murah atau diskon menarik agar bisa mendapat pelanggan tetap.

Usaha Coffee Shop

Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Meski kini coffee shop telah menjamur dan menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota, ide usaha rumahan ini juga bisa Sobat KH pilih bermodalkan teras dan beberapa alat peracik kopi.

Namun, perlu diingat juga bahwa diperlukan latihan untuk mengolah kopi dengan baik. Jika usaha ini dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin usaha rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Usaha Skincare dan Produk Kecantikan

Jenis usaha skincare atau produk kecantikan juga bisa Sobat KH andalkan, pasalnya usaha satu ini hampir tak pernah sepi peminat. Usaha skincare juga cukup mudah untuk dikembangkan. Bermodal THR lebaran yang dimiliki, Sobat KH dapat menjual kembali berbagai jenis serta merek skincare yang sudah terkenal atau menjadi reseller.

Untuk memulainya, Sobat KH bisa menjual satu atau dua jenis terlebih dahulu, sambil terus perlahan-lahan memperbanyak jenis dan skincare yang akan kamu jual. Umumnya, kamu akan membutuhkan modal sekitar Rp1 jutaan untuk membeli stok barang dan tempat penyimpanan.

Usaha Jasa Pembuatan Buket Bunga atau Kado

Jasa pembuatan buket bunga atau kado juga menjadi salah satu ide usaha rumahan bermodal kecil yang bisa menguntungkan. Sobat KH bisa menjual buket bunga asli maupun artificial. Selanjutnya, Sobat KH hanya perlu membeli kardus dalam berbagai ukuran, pita, lem tembak, dan juga kertas warna-warni.

Untuk membantu pemasaran, Sobat KH bisa membuka toko pada berbagai platform online yang tersedia, seperti misalnya media sosial maupun marketplace sehingga jauh lebih praktis.

Usaha Jasa Laundry Kiloan

Ide usaha rumahan berikutnya yang tak ada matinya adalah usaha laundry kiloan. Mengapa tak ada matinya? Karena tentu setiap hari orang-orang akan memiliki pakaian yang harus dibersihkan.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini juga tidak sebesar yang Sobat KH bayangkan. Kamu bisa mulai dengan menggunakan mesin cuci yang ada di rumah. Kalau misalnya tidak ada, Sobat KH bisa membeli paket usaha laundry murah dengan kisaran harga Rp5-8 jutaan.

Usaha Rumahan Budidaya Ikan Hias

Bagi Sobat KH yang hobi memelihara ikan, kamu bisa mengubahnya menjadi mesin penghasil uang. Dari sisi penghasilan, usaha rumahan satu ini sangat berpotensi untuk kamu tekuni, mengingat satu ekor ikan hias dapat mencapai ratusan juta.

Hal tersebut tentu hanya berlaku untuk ikan hias jenis tertentu dan ikan dengan kualitas terbaik, Oleh karena itu, usaha rumahan ini mungkin kurang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan karena ada banyak hal yang harus Sobat KH lakukan untuk memastikan ikan hias yang kamu rawat selalu dalam kondisi terbaik.

Usaha Rumahan Budidaya Tanaman

Ide usaha rumahan terakhir yang bisa kamu coba bermodal THR lebaran adalah usaha budidaya tanaman. Caranya, pisahkan anak tanaman yang sudah siap dipisahkan dari tanaman induk. Tanaman tersebut bisa Sobat KH pindahkan ke pot baru dan kemudian bisa dijual secara online.

Untuk menjalankan bisnis ini, Sobat KH hanya perlu modal untuk membeli pot baru, tanah (media tanam), dan pupuk. Tidak begitu memberatkan, bukan?

Langkah-Langkah Membuka Usaha Rumahan dari THR Lebaran

Biasanya, dana THR lebaran digunakan untuk bersedekah, dikirimkan ke orangtua, dan membeli barang-barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Hal ini tentu tidak salah, tetapi jika pengelolaannya tidak tepat, THR lebaran bisa habis begitu saja.

Nah, oleh karena itulah, membuka usaha rumahan menjadi salah satu alokasi yang tepat, dimana Sobat KH bisa memanfaatkan dana THR lebaran untuk hal-hal produktif. Lantas, bagaimana tips membuka usaha rumahan dari THR lebaran?

Penuhi Kewajiban

Sebelum menggunakan THR lebaran untuk memulai usaha. Pastikan dulu segala kewajiban-mu sudah terpenuhi.

Tentukan skala prioritas terlebih dahulu mengenai kewajiban dan kebutuhan apa saja yang perlu Sobat KH lakukan dalam melakukan perhitungan THR, seperti bersedekah, melunasi utang, kebutuhan hari raya, dan sebagainya.

Sobat KH juga bisa mengalokasikan THR lebaran untuk dana darurat. Jangan sampai nantinya Sobat KH tidak bisa memenuhi kebutuhan karena terlanjur menggunakan seluruh THR untuk modal usaha tanpa adanya perhitungan.

Sisihkan Untuk Modal Usaha

Setelah seluruh kewajiban dan kebutuhan terlunasi, barulah gunakan alokasi THR untuk modal usaha. Bila sudah bertekad, Sobat KH bisa sisihkan 30 persen dana THR untuk membuka usaha rumahan.

Tujuannya adalah agar jika nanti usaha sudah untung, profit tersebut tidak sekadar digunakan untuk melunasi utang atau kebutuhan saja tetapi bisa diputar untuk mengembangkan usaha.

Agar tidak ‘lapar mata’ atau tergiur untuk menggunakan modal usaha untuk berbelanja, sebaiknya pisahkan alokasi THR lebaran untuk kebutuhan pribadi dan dana modal.

Pilih Jenis Usaha dan Tetapkan Target Pasar

Setelah mengalokasikan THR lebaran pada pos-pos pengeluaran yang tepat, langkah selanjutnya adalah memilih jenis usaha yang tepat. Dan pastinya dengan jumlah modal yang sudah ditetapkan, yakni 30 persen dari THR.

Sobat KH bisa memilih salah satu dari 10 ide usaha rumahan yang telah dijelaskan sebelumnya. Biarpun kecil-kecilan, buat rencana usaha yang matang. Tentukan target pasar, apakah usahamu ditujukan untuk segmen anak-anak, remaja, dewasa, atau tua. Kalangan bawah, menengah, atau atas, juga jenis kelamin.

Dengan begitu, Sobat KH dapat memilih ide usaha rumahan yang sesuai target pasarmu sehingga tepat sasaran. Kalau perlu, lakukan riset supaya Sobat KH bisa tahu betul apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, dan kamu dapat menjawab kebutuhan tersebut melalui produk yang kamu jual.

Manfaatkan Media Sosial dan Platform E-Commerce

Media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok saat ini menjadi senjata ampuh untuk berdagang. Penjualan dengan metode ini bisa langsung tepat sasaran guna menarik transaksi sebanyak-banyaknya.

Memanfaatkan media sosial sebagai lapak berjualan adalah pilihan tepat, karena tidak membutuhkan modal besar, namun dapat memperoleh hasil maksimal. Asal punya followers banyak, jualan jadi lebih gampang.

Sobat KH juga bisa bergabung menjadi mitra e-commerce. Buka toko online, beri promo menarik dan pelayanan ramah, maka lima bintang untuk usahamu.

Penuhi Legalitas Usaha

Terakhir, jangan lupa juga untuk alokasikan dana THR yang kamu miliki untuk mengurus legalitas usaha, baik itu pendaftaran merek dagang, pembuatan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), maupun NIB dan NPWP.

Dengan memiliki keempat legalitas tersebut, Sobat KH bisa mendapatkan akses yang lebih luas ke berbagai kesempatan untuk mengembangkan usaha dan memperluas jaringan, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

BACA JUGA: Modal Kecil Cuan Gede! Ini 8 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Pendaftaran merek dagang misalnya, merek dapat menjadi identitas bagi produk yang Sobat KH miliki sehingga konsumen dapat dengan mudah mencarinya di marketplace. Selain itu dengan memiliki izin usaha lainnya seperti NPWP, NIB, dan IUMK, Sobat KH bisa mendapatkan akses ke pemberdayaan atau dana bantuan dari pemerintah.

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang tertarik untuk memanfaatkan THR lebaran sebagai modal usaha rumahan namun masih bingung terkait langkah dan proses apa yang harus dilakukan, termasuk pengurusan dokumen legalitas, bisa segera hubungi Kontrak Hukum.

Bersama KH, kamu nggak perlu pusing untuk memulai usaha karena kamu dapat melakukan konsultasi terkait keuangan dan modal usaha, termasuk mengurus dokumen legalitas seperti NPWP, NIB, IUMK, juga pendaftaran merek ke DJKI.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis