Skip to main content

Bisnis parcel dan kue kering merupakan pilihan jenis bisnis yang cukup menjanjikan jelang momen lebaran. Kedua bisnis ini memiliki potensi besar, mengingat permintaan konsumen yang cukup tinggi terhadap produk yang kerap dianggap sebagai hantaran dan santapan wajib saat lebaran.

Ya, jelang lebaran, permintaan akan parcel dan kue kering begitu besar dan meningkat sehingga pastinya omzet juga akan meningkat pula. Dengan begitu, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini dengan membuka bisnis parcel dan kue kering.

Hal ini tentu terdapat beberapa faktor yang membuat pelaku usaha yakin untuk menjalan bisnis tersebut, diantaranya selain karena peluang bisnis ini sendiri, terdapat pula beberapa tips atau cara mudah untuk menjalankan bisnis parcel dan kue kering.

Penasaran kan, bagaimana peluang dari bisnis parcel dan kue kering jelang lebaran? Apa saja tips atau cara mudah yang bisa dilakukan agar bisnis ini semakin laris dan menguntungkan banyak keuntungan? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini, ya!

Peluang Bisnis Parcel dan Kue Kering Jelang Lebaran

Kebiasaan masyarakat yang bertukar hantaran parcel dan menghidangkan kue kering saat lebaran membuat permintaan akan produk ini meningkat tajam, bahkan hingga 200 persen dari permintaan pasar ada hari-hari biasa.

Dengan tingginya permintaan akan produk ini, pebisnis tidak perlu susah-susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan parcel dan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuatnya.

Di samping konsumen rumahan, permintaan akan parcel dan kue kering juga bisa datang dari kantor yang menggunakannya sebagai bonus atau hadiah bagi para karyawan.

Walaupun permintaan pasar sangatlah tinggi, namun sebagai pebisnis tetap harus memperhatikan kualitas produk parcel dan kue kering yang diproduksi. Selain itu, pebisnis juga harus memikirkan kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat konsumen terhadap parcel dan kue kering yang diproduksi.

Parcel bisa dihias secantik mungkin sesuai dengan tema hari raya Idul Fitri. Selain diisi dengan kue kering, buah, dan biskuit, parcel juga bisa dicustom dengan aneka produk lainnya seperti mug, piring, dan dekorasi rumah lainnya.

Dengan beragam pilihan menarik yang ditawarkan, bisnis kreatif satu ini faktanya memang cukup potensial. Bahkan, dilaporkan bahwa omzet bisnis parcel naik sebanyak 60 persen di tahun 2022 lalu, lho. Itulah mengapa parcel merupakan ide bisnis menjanjikan dan paling laris jelang lebaran yang bisa kamu coba.

Sama halnya dengan kue kering, bisnis ini bisa menawarkan banyak jenis dan bentuk, serta rasa yang bervariasi menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat sehingga banyak disukai dan dibeli.

Selain itu, membuat kue kering juga cukup mudah dan memiliki masa kadaluarsa yang relatif lebih lama dibandingkan dengan kue basah. Apalagi, saat ini juga sudah banyak resep kue kering yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan selera pasar.

Dengan harga kue kering yang umumnya dipatok di angka Rp75 – Rp100 ribu per toplesnya, pebisnis mampu mendapatkan omzet Rp25 – Rp30 juta, naik sekitar 70 persen dibandingkan bulan-bulan biasanya.

Cara Mudah Bisnis Parcel dan Kue Kering Jelang Lebaran

Kini Sobat KH sudah mengetahui peluang bisnis parcel dan kue kering jelang lebaran. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Atau masih bingung mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis ini?

Sebagai referensi bagi Sobat KH, berikut telah kami rangkumkan untukmu sederet tips mudah menjalankan bisnis parcel dan kue kering jelang lebaran:

Pilih Jenis Parcel dan Kue Kering yang Akan Dijual

Cara pertama yang dapat Sobat KH lakukan adalah memastikan isian parsel dan jenis kue kering yang akan dijual nantinya. Sobat KH dapat memilih isian dan jenis parcel serta kue kering khas lebaran yang banyak ditunggu dan disukai orang.

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan Sobat KH sendiri dalam membuat dan mengolah produk ini agar usaha parcel dan kering Sobat KH tetap terjaga kualitas dan rasanya.

Selain menyesuaikan dengan kemampuan, Sobat KH juga perlu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Pastikan juga untuk melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu harga setiap parcel dan kue kering di pasaran.

Jangan Takut Melakukan Inovasi

Beberapa paket parcel atau resep kue kering juga dapat Sobat KH modifikasi untuk membuatnya jadi lebih unik, sehingga menarik perhatian calon pembeli. Selain memodifikasi isian dan resep kue kering, Sobat KH juga bisa mengemasnya dengan dekorasi yang menarik. Hal ini membuat parcel dan kue kering-mu menjadi lebih eksklusif sebagai bingkisan saat Hari Raya nati.

Intinya, jangan ragu jika Sobat KH memiliki ide-ide lainnya untuk memberikan sentuhan inovasi pada parcel dan kue kering ini. Apalagi, jika punya peluang bagus dalam meningkatkan pesanan untuk bisnis parcel dan kue kering-mu.

Bidik Pasar yang Tepat

Jika Sobat KH masih pemula dalam membuat parcel dan kue kering, maka sebaiknya bidiklah pasar yang berada di sekitarmu terlebih dahulu, bisa tetangga, teman, ataupun lingkaran kecil di sekelilingmu.

Sobat KH bisa mulai menawarkan produkmu ke mereka atau memberikan sedikit sampel untuk dicicipi saat pengajian, reuni, atau acara buka bersama. Jika mereka menyukainya, tentu akan membelinya kembali dan akan mempromosikan produk ke orang lain secara gratis.

Aktif Memasarkan Melalui Toko Online

Cara selanjutnya yang bisa Sobat KH lakukan dalam menjalankan bisnis parcel dan kue kering adalah dengan memasarkannya di toko online. Seperti diketahui, toko online ataupun media sosial kini jadi tren baru di era digital.

Dengan membuat toko online dan media sosial, Sobat KH bisa berjualan dan mempromosikan produk parcel dan kue kering kemana saja dan bisa mempercepat orang untuk mengetahui produk-produk yang kamu jual.

Hal ini sangat membantu, terutama jika Sobat KH memulai bisnis dengan modal yang pas-pasan atau terbatas, karena meminimalisir biaya pemasaran, memperluas jangkauan, dan mempercepat proses pemesanan.

Jujur dalam Berbisnis

Hal terakhir yang Sobat KH harus ingat dan tanamkan adalah selalu jujur dalam menjalankan berbagai bisnis. Terkadang, demi omzet yang lebih besar, banyak oknum pebisnis yang memangkas pengeluaran dari bahan baku dan bahan lain secara kurang baik.

Misalnya memakai bahan berkualitas buruk atau menggunakan bahan pengawet agar masa kadaluarsa lebih lama. Cara-cara tersebut tentunya tidak baik, merugikan, dan bisa menghilangkan kepercayaan konsumen.

Demikian penjelasan mengenai peluang bisnis parcel dan kue kering jelang lebaran, serta cara mudah untuk menjalankannya. Apakah kini Sobat KH sudah yakin untuk mencoba bisnis tersebut? Tak masalah juga jika Sobat KH ingin memulai dari salah satunya, misal parcel saja atau kue kering saja.

Jika Sobat KH ingin membangun bisnis tersebut untuk jangka panjang, maka jangan lupa untuk memenuhi dokumen legalitas dengan baik agar bisnis tetap berjalan.

Adapun dokumen legalitas bisnis yang dimaksud seperti pendaftaran merek dagang ke DJKI. Dengan memiliki merek dagang, bisnis es buah-mu pun akan memiliki identitasnya tersendiri dan semakin menarik konsumen untuk membelinya.

BACA JUGA: Mau Bikin Bisnis Hampers Lebaran? Pahami Dulu Izin Usahanya

Terlebih, dengan memiliki NPWP, NIB, dan Izin usaha, tidak menutup kemungkinan bisnis es buah-mu akan mendapat bantuan dana dari pemerintah. Selamat mencoba!

Kontak KH

Nah, bagi Sobat KH yang juga ingin membuka bisnis parcel dan kue kering jelang lebaran, namun masih belum tahu apa dan bagaimana proses yang harus dilakukan, termasuk mengurus dokumen legalitas, jangan ragu untuk konsultasikan bersama Kontrak Hukum.

Tak perlu khawatir, karena Sobat KH dapat melakukan konsultasi gratis mengenai bisnis dan seluruh data serta informasi-mu terjamin aman dan terlindungi. Untuk informasi selengkapnya mengenai konsultasi gratis di Kontrak Hukum, silakan kunjungi laman Layanan KH – Memulai Usaha.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kebutuhan bisnis lainnya, Sobat KH juga bisa hubungi kami di Tanya KH, ataupun mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial Instagram Kontrak Hukum @kontrakhukum.

Mariska

Resident legal marketer and blog writer, passionate about helping SME to grow and contribute to the greater economy.

Konsul Gratis